Kedai Nyah Tan Li, Cita Rasa Masakan Rumahan di Pinggir Sungai Bedok







Pertama kali mendengar nama Kedai Nyah Tan Li yang terbayang di pikiran saya adalah kedai ini menyajikan masakan chinese food. Rasa penasaran ini akhhirnya menuntun saya ikut dengan teman-teman komunitas blogger Jogja untuk berkunjung ke kedai Nyah Tan Li. Letak kedai Nyah Tan Li ini di samping Show Rroom Timboel Keramik, Kasongan, Bantul. Nama kedai Nyah Tan Li sendiri diambil bukan dari bahasa cina tetapi dari bahasa Jawa. Jadi Nyah Tan Li singkatan dari wetan kali yang artinya sebelah timur sungai. Letak kedai yang berdekatan dengan sungai Bedog jadi kita akan disuguhi pemandangan sungai yang bersih dan air yang jernih membuat kita akan merasakan kesejukan yang tidak didapatkan di kota. Suasana rumahan juga disuguhkan disini karena bentuk kedai ini dengan atapnya dari genteng jadi terasa lebih nyaman.





Kedai ini milik pematung terkenal yaitu pak Timboel Raharjo. Kedai ini juga dibuat berdasarkan insiprasi dari pak Timboel dan istri beliau yang menyukai masakan rumahan. Masakan rumahan yang disajikan disini ada berbagai macam, namun untuk masakan andalannya adalah nasi pedas kecombrang, nasi goreng kecombrang, bihun goreng kecombrang, nasi ayam rica-rica dan nasi capcay.

Kecombrang adalah tanaman rempah yang tumbuh tahunan, biasanya bunganya dimanfaatkan untuk bahan sayuran. Kecombrang lebih terkenal di Bali yang biasanya digunakan untuk bahan campuran membuat sambal mentah. Nah di kedai  Nyah Tan Li kecombrang diolah sebagai bahan campuran untuk membuat masakan khas yang hanya akan ditemukan di kedai Nyah Tan Li. Untuk harga masakan di kedai Nyah Tan Li ini sangat terjangkau.




Ketika memasuki bulan puasa kedai ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 11 malam. Untuk hari biasa kedai ini buka sampai pukul 23.30. Kedai ini menampung 20-30 orang saja tetapi kemungkinan untuk diperluas tentu ada menurut pak Timboel selaku pemilik kedai. Saat saya berkunjung ke kedai Nyah Tan Li sedang berpuasa dan saya memesan menu untuk berbuka puasa berupa jus jambu yang segar dengan tekstur kental. Selain itu ada mendoan hangat yang sangat menggugah selera karena digoreng on the spot menggunakan daun bawang membuat mendoan terlihat lebih menarik. Disini juga ada sambal bawang yang pedasnya nendang banget, sebagai pecinta masakan pedas, saya akui sambal bawang kedai Nyah Tan Li ini nendang.


Nasi pedas kecombrang Nyah Tan Li juga pedasnya juara banget dengan campuran oseng tempe khas masakan rumahan. Selain itu Nyah Tan Li juga menyediakan salad rujak sebagai pencuci mulut yang tentunya khas banget dari kedai ini. Untuk yang suka nongkrong sambil makan seperti saya bisa banget nih dicoba Kedai Nyah Tan Li karena nongkrong itu harus kenyang menurut pendapat saya pribadi aja sih. Untuk reservasi Kedai Nyah Tan Li bisa dihubungi pada no telepon 087734191000. Kita juga bisa liat kayak apa sih kedai ini di akun instagram @NyahTanLi atau fanspage Kedai Nyah Tan Li. Selain itu informasi lengkap mengenai kedai ini dapat kita temukan di website www.nyahtanli.com

Author

Niken Nawang Sari Niken Nawang Sari From history, we learn. Cause writing is healing.

Post a Comment

Keep in touch

Member of

Blogger Perempuan Kumpulan Emak-emak Blogger
Kompasianer Joga
Kompasianer Joga