Tips Hidup Sehat ala Niken


Copyright: habitatindonesia.org

Hidup sehat adalah dambaan setiap orang. Bahkan sejak kecil kata-kata "lebih baik mencegah daripada mengobati" sudah akrab di telinga sejak sekolah dasar. Gambaran mengenai hidup sehat sudah sering diperoleh terutama melalui iklan layanan masyarakat di televisi. Selain itu sosialisasi puskesmas kepada masyarakat melalui kader-kader posyandu juga sangat membantu dalam melaksanakan pola hidup sehat. Tetapi pada kenyataannya untuk melaksanakan pola hidup sehat pasti butuh perjuangan. Perjuangan lahir maupun batin, karena tanpa niat yang kekeuh maka lahirpun belum tentu mengikuti niat tersebut dengan baik. Apalagi kalau gampang kepincut obat diet sana sini yaaa 😂 

Ada beberapa tips sehat yang sering aku pakai agar badan tetap sehat, yaitu :
1. Minum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jika sudah merasakan haus, aku segera minum air putih untuk menjaga kerja ginjal agar tidak terlalu berat. Apalagi jika cuaca panas, sebaiknya sebelum tenggorokan terasa kering sekali segera minum air putih agar mencegah dehidrasi. Ada yang bilang bahwa menahan lapar itu masih mending daripada menahan haus. 

2. Makan dengan menu yang mengandung gizi seimbang. 
Sekarang ini kementrian kesehatan melalui germas sudah melakukan kampanye gizi seimbang. Konsumsi karbohidrat harus diimbangi dengan konsumsi sayur dan buah sesuai dengan piramida gizi seimbang. Ditambah dengan konsumsi gula garam harus dibatasi sesuai dengan piramida gizi seimbang agar tidak merusak kinerja butuh. 

3. Olahraga teratur. Beruntung sekali setiap minggu pagi ibu-ibu di lingkungan rumahku melakukan jalan santai selama minimal 30 menit. Rute yang ditempuh juga tidak jauh-jauh dari perumahan.  Jadi aku bisa ikut jalan santai secara teratur walaupun sambil mendorong kereta bayi, dan pulangnya bisa sekalian beli sayuran segar  untuk dimasak. 

4. Tidur minimal 8 jam per hari. Ya  jika aku tidur kurang dari 8 jam pasti akan merasakan sakit kepala. Oleh karena itu aku selalu berusaha tidur minimal 8 jam dalam sehari.

5. Positif thinking. Ini menurut suamiku sama pentingnya dengan poin-poin diatas. Kenapa? Karena sugesti positif di dalam pikiran, akan terbawa pada tingkah laku kita sehari-hari. 

Kalau 5 tips kesehatan dari mbak Leni kira-kira apa ya?

Author

Niken Nawang Sari Niken Nawang Sari From history, we learn. Cause writing is healing.

1 comment

Post a Comment

Keep in touch

Member of

Blogger Perempuan Kumpulan Emak-emak Blogger
Kompasianer Joga
Kompasianer Joga