4 Cara Menggunakan Panci Presto

Panci presto. Dok : bacaterus

Apa yang terlintas ketika mendengar nama panci presto? Kalau aku sih ingetnya bandeng presto, ikan bandeng yang dimasak pakai panci presto sampai tulangnya lunak.😁 Tapi aku juga pernah mendapatkan bandeng presto yang tulangnya nggak lunak, hmm mungkin cara menggunakan panci prestonya salah kali ya, jadi hasilnya nggak maksimal.

Sebelum ngomongin cara menggunakan panci presto, sebaiknya kita kenalan dulu sama cara kerja si panci ajaib ini. Tutup pada panci presto ini sangat rapat, sehingga uap air di dalam panci nggak akan bisa keluar. Nah tekanan uap air inilah yang bisa melunakkan makanan yang ada di dalam panci presto.

Ada juga yang mengatakan bahwa memasak menggunakan panci presto itu sama dengan memasak diatas titik didih, jadi mikroorganisme di dalam masakan akan mati. Kalau tekanan di dalam panci presto sudah melebihi batas, maka uap akan dikeluarkan lewat sebuah katup yang ada di atas tutup panci.

Terus gimana cara menggunakan panci presto? 

Pertama, panci presto harus bersih dan kondisinya baik. Sebelum dipakai, di cek dulu semua keadaan panci presto bagian dalam dan luarnya. Apakah ada sisa kotoran di tutup panci? Atau ada penyok di panci? Atau gesketnya kurang baik? Gesket ini ukurannya harus pas dengan tutup panci presto.

Kedua, sebaiknya makanan yang akan di presto jumlahnya tidak melebihi 2/3 dari kapasitas total panci presto itu sendiri. Ruang yang tersisa pada panci akan digunakan untuk tekanan uap air yang terperangkap. Apalagi kalau memasak kaldu, sebaiknya pengisian maksimal hanya 1/2 dari kapasitas total panci presto tersebut.

Ketiga, perhatikan waktu memasak di panci presto. Karena prinsip kerjanya adalah menggunakan tekanan tinggi, maka tidak perlu waktu lama ketika kita masak menggunakan panci presto. Jadi sebaiknya jangan ditinggal kemana-mana ya, kalau kelewat beberapa menit aja bisa-bisa masakan nanti jadi bubur. Nah kalau tekanan dalam panci udah tercapai, segera kecilkan api agar tekanannya tetap bertahan.

Keempat, lepaskan tutup panci presto dengan benar. Seperti pada panci presto berkatup, cara melepaskannya adalah buang uapnya dulu lewat katup pengaman sampai habis, baru diangkat tutup pancinya. Nggak boleh sembarangan asal buka tutup panci, karena mungkin saja di dalam panci sedang terjadi tekanan kuat. Buka tutup panci presto juga sebaiknya tidak dilakukan ya.

Oh iya sebaiknya gunakan panci presto dengan kualitas bagus agar masakan yang dipresto pun hasilnya bagus. Tidak usah tergiur dengan harga panci presto yang miring kalau kualitasnya masih dipertanyakan ya.

Cara menggunakan panci presto sebenarnya gampang kan? Jadi kapan kita masak bandeng presto bareng-bareng?



Author

Niken Nawang Sari Niken Nawang Sari From history, we learn. Cause writing is healing.

3 comments

Post a Comment

Keep in touch

Member of

Blogger Perempuan Kumpulan Emak-emak Blogger
Kompasianer Joga
Kompasianer Joga