5 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bau Mulut


Bau mulut. Dok : starjogja.com


Bau mulut itu bikin nggak pede kalau mau ngomong sama lawan bicara. Apalagi di bulan Ramadan gini, jangan beralasan karena puasa terus bau mulut deh. Kan katanya kebersihan sebagian dari iman, betul? Jadi menjaga kebersihan mulut biar nggak sampai bau mulut juga hal penting. 😁

Waktu aku masih kecil, pernah tuh dapet info hoax bahwa puasa itu nggak boleh sikat gigi, jadi nggak apa-apa tuh bau mulut. Tapi makin dewasa, aku juga mikir secara logis ya. Sekali lagi dari slogan kebersihan sebagian dari iman, masa gigi kotor terus sampe bikin bau mulut kok nggak dibersihkan.

Menghilangkan bau mulut nggak susah kok, ada beberapa bahan alami yang bisa mencegah bau mulut.

Daun Sirih

Ya khasiat daun sirih emang udah nggak diragukan lagi. Bahkan nenek moyang kita udah menggunakan daun sirih untuk menguatkan gigi. Selain untuk menguatkan gigi ternyata daun sirih bisa menghilangkan bau mulut, caranya dengan direbus terus air rebusannya untuk kumur-kumur.

Cuka Apel dan Air

Nah selain untuk memutihkan gigi, 2sendok cuka apel yang dicampurkan dengan segelas air juga bisa untuk menghilangkan bau mulut. Kumur-kumur cuka apel selama 3-5 menit terus bilas dengan berkumur air biasa.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa itu nggak cuma enak buat masak, tapi ternyata juga bisa buat menghilangkan bau mulut. Caranya 1 sendok minyak kelapa terus gunakan untuk kumur-kumur. Setelah itu kumur lagi dengan air hangat untuk menghilangkan minyak kelapa yang tersisa di rongga mulut.

Jahe

Udah nggak diragukan lagi bahwa jahe banyak banget manfaatnya. Salah satunya untuk menghilangkan bau mulut. Caaranya jahe diparut terus diperas, nah air perasan jahe dicampurkan dengan air hangat lalu digunakan untuk kumur-kumur. Gampang banget kan?


Air Putih

Banyak minum air putih bisa menghilangkan bau mulut lho. Saat bangun tidur kan mulut rasanya kering tuh, ternyata bakteri anaerobik bisa berkembang saat mulut kering jadi bangun tidur itu kan bau mulutnya. Dengan minum air putih, pertumbuhan bakteri anaerobik terganggu jadi bau mulut pun berkurang.

Author

Niken Nawang Sari Niken Nawang Sari From history, we learn. Cause writing is healing.

Post a Comment

Keep in touch

Member of

Blogger Perempuan Kumpulan Emak-emak Blogger
Kompasianer Joga
Kompasianer Joga