Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Promo Belanja Online

Ilustrasi Belanja Online.
Dok : Mediakonsumen.com

Kalau udah memasuki bulan Ramadan, terus sebentar lagi dapet THR (Tunjangan Hari Raya)  atau malah gaji ke 13 (eh ya THR juga itu mahπŸ˜‚) pasti udah sering melirik promo belanja online nih. Apalagi sekarang ada banyak mitra belanja online yang menawarkan promo menarik selama Ramadan, jadi nggak repot mau beli apapun di mitra tersebut tanpa harus capek-capek keluar rumah. Ples iklan mitra belanja online di TV kan banyak tuh sampe ngadain konser segala. Belum promo belanja online yang smartphone di shake, flash sale dll wah banyak banget pokoknya. Iya kan?

Eh tapi nanti dulu, sebelum melakukan pembelanjaan sesuatu yang dibungkus dalam promo belanja online tuh kita harus memperhatikan beberapa hal berikut, supaya THR-nya nggak ludes.  😝
Dok: Samtigis.unej.ac.id


Pertama, butuh atau sekedar pengen sih sesuatu yang kita beli. Aku dan suami biasanya akan melakukan diskusi sebelum membeli sesuatu apalagi secara online. Nah biasanya suami menanyakan apakah barang itu diperlukan olehku atau cuma sekedar pengen beli doang karena ada promo walaupun sebenarnya nggak terlalu urgent. Diskusi seperti ini sering membuatku berpikir 2 kali untuk membeli sesuatu secara online tersebut, karena sebagai cewek aku tuh sering terkena shocking sale πŸ˜‚, beli karena itu diskonnya banyak.

Kedua, kalau emang barang yang dibeli secara online itu kita bener-bener butuh, yang harus dipertimbangkan lagi adalah jasa ekspedisinya. Pengalaman waktu aku jualan online dulu adalah di bulan Ramadan menuju lebaran jasa ekspedisinya itu penuh, jadi barang nggak bisa sampai tepat waktu. Saranku adalah beli barang secara onlinenya jangan mepet-mepet lebaran daripada nanti barangnya pending di ekspedisi.

Ketiga, perhatikan juga S & K barang belanjaan yang dibeli saat promo belanja online. Biar waktu barangnya sampai rumah tuh nggak kaget karena barangnya di luar ekspektasi misalnya.

Terakhir adalah metode pembayaran barang yang harus diperhatikan. Sebenernya tempat belanja online sekarang udah gampang banget mau bayar pake apa aja, cuma sebelum kita cek out belanjaan harus diperhatikan juga metode pembayarannya apa. Jangan sampai udah mau cek out ternyata pembayarannya bisanya pakai Credit Card padahal kita adanya debit Card. 😁 (Pengalaman pribadi banget nih) 

Author

Niken Nawang Sari Niken Nawang Sari From history, we learn. Cause writing is healing.

Post a Comment

Keep in touch

Member of

Blogger Perempuan Kumpulan Emak-emak Blogger
Kompasianer Joga
Kompasianer Joga