Buka Puasa, Ada Resep Simpel Bersama Skippy

Roti Goreng Simple buatanku. dokpri

Nggak terasa udah hari ketiga di bulan Ramadan nih. Sebagai seorang ibu, aku harus update resep berbuka puasa biar keluarga nggak bosen buka puasa di rumah.

Keluarga kecilku suka menyantap makanan pembuka sebelum berbuka puasa seperti roti goreng. Tapi roti goreng langganan itu tempatnya agak jauh dari rumah dan pasti antri kalau udah mau buka puasa, akhirnya aku memutuskan bikin roti goreng sendiri yang simple, sesimple-simplenya. Untuk topingnya aku coba pakai skippy peanut butter. 

Resep Roti Goreng Simple 

Bahan :

1. Tepung terigu 250 gram
2. Tepung maizena 5sdm
3. Gula pasir 2 sdm
4. Telur 1 butir
5. Ragi instan 1 sdt
6. Margarin 2sdm
7. Air hangat secukupnya
8. Sejumput garam

Cara membuat Roti Goreng

1. Rendam ragi dengan 1sdm gula menggunakan air hangat, tutup rapat lalu diamkan sekitar 5-7 menit
2. Campurkan tepung terigu, gula 1sdm dan tepung maizena dalam baskom
3. Kocok lepas telur dalam mangkok menggunakan wisk atau garpu
4. Masukkan telur ke dalam campuran tepung
5. Masukkan ragi yang sudah berbuih
5. Uleni sampai setengah kalis
6. Adonan dicampur dengan margarin, diuleni lagi sampai kalis
7. Setelah kalis tutup dengan serbet basah kira-kira 1 jam
8. Pipihkan adonan dan bentuk adonan sesuai selera (adonanku di bentuk bulat aja yang gampang)
9. Diamkan sambil ditutup serbet basah selama 30 menit
10. Goreng dengan minyak panas dan api kecil, setelah dingin baru dioles selai kacang skippy dan sajikan sebagai hidangan pembuka buka puasa.

Sambil nunggu adonan roti goreng mengembang dua kali lipat, kami memutuskan untuk ngabuburit dulu, sambil cari selai skippy. Di wilayah tempat tinggalku cukup sulit menemukan selai skippy, jadi aku sempat keluar masuk minimarket sampai akhirnya tiba di Indomaret. Beruntung sekali disana masih ada beberapa buah selai skippy yang berjajar rapi di rak selai.

Tadinya aku sempet ragu juga mau coba selai skippy, karena memadukan selai kacang dengan roti goreng itu belum pernah aku lakukan. Tapi setelah mencicipi roti goreng yang dioles selai skippy (udah buka puasa ceritanya) ternyata rasa selai yang gurih beradu dengan empuknya roti goreng itu bikin lidah bergoyang. 😁 Jadi deh habis beberapa buah roti goreng.


Terus resep makanan pembuka untuk buka puasa kedua adalah Nugget Pisang (yang juga sesimple-simplenya). Ceritanya kemarin dapet pisang raja 1 sisir dari simbah, kalau nggak segera diolah kan keburu busuk. Jadi akhirnya aku bikin nugget aja.

Nugget pisang buatanku dengan selai skippy sebagai topingnya. dokpri

Resep Nugget Pisang 

Bahan :

1. Pisang raja atau pisang kepok 4 buah (kalau pisang jenis lain aku belum pernah coba sih)
2. Gula 1sdm (kalau mau lebih manis boleh ditambahkan sesuai selera)
3. Vanili 1/2 sdt
4. Tepung terigu 4sdm
5. Susu bubuk 3sdm
6. Telur 2 butir
7. Tepung panir secukupnya
8. sedikit margarin untuk oles loyang

Cara Membuat Nugget Pisang :

1. Pisang dilumatkan dengan garpu, lalu masukkan susu bubuk, gula pasir dan vanili
2. Masukkan tepung terigu sebanyak 2sdm
3. Masukkan 1 butir telur dan aduk rata, lalu pindahkan ke loyang yang sudah dioles mentega (biar gampang nanti saat melepas adonan)
4. Kukus diatas panci kukus selama 20 menit
5. Diamkan sampai agak dingin lalu masukkan kulkas kira-kira selama 2 jam, setelah itu baru dilepas dari loyang dan diiris sesuai selera
6.Encerkan tepung terigu di mangkok dan kocok lepas 1 butir telur di mangkok lainnya
7. Nugget yang sudah diiris tadi digulingkan satu per satu ke dalam terigu lalu ke dalam telur dan yang terakhir ke dalam tepung panir.
8. Goreng dengan minyak panas dan api kecil
9. Sajikan dengan toping selai skippy, nugget pisang sudah siap di santap sebagai cemilan pembuka.

Nah kalau cerita nugget pisang yang aku olesin selai skippy ini lebih asik lagi. Perpaduan skippy peanut butter yang gurih dengan manisnya nugget membuatku nggak berhenti ngunyah. Hasilnya sebelum makan makanan berat, aku udah kenyang duluan.

Oh iya,resep ini aku bikin sendiri. Nah kalau mau referensi resep yang pakai skippy, bisa kunjungi instagramnya Skippy ya. Di sana banyak banget resep yang bisa dicoba di rumah.

Terima kasih Skippy, memberikan rasa luar biasa pada hidangan pembuka sebelum buka puasaku hari ini.


Author

Niken Nawang Sari Niken Nawang Sari From history, we learn. Cause writing is healing.

4 comments

  1. Wah, saya juga suka bikin simple yang sesimple-simplenya :)

    ReplyDelete
  2. Hmmm. Resep makanan berbuka puasaku lebih simpel lagi. Pertama, siapin duit. Kedua, berjalan menuju pasar tiban ramadan. Hahaha!

    ReplyDelete

Post a Comment

Keep in touch

Member of

Blogger Perempuan Kumpulan Emak-emak Blogger
Kompasianer Joga
Kompasianer Joga