Cilok Dikuah Seblak? Yuk Coba Resepnya

Cilok bumbu kacang. Dok : pasberita.com

Kalau ada yang nanya jajanan apa yang lagi hits di Alun-alun Kidul Jogja pasti jawabannya cilok gajahan. Konon antrinya bahkan sampai mengular dan pas buka itu dalam sekejap ciloknya langsung ludes terjual. Aku sendiri belum pernah beli cilok gajahan sih, soalnya udah pusing duluan denger harus antri panjang. Bayangin aja udah haus--laper pas puasa, harus terus nahan emosi karena (misalnya) ada yang nyerobot antrian? Jujur aku tak sanggup, sungguh aku tak bisa—Pasto. Eh kok malah nyanyi. Bukannya aku nggak suka budaya antri lho ya, aku suka antri yang tertib tapi kalau aku capek-capek antri terus ada yang nyerobot biasanya aku berubah jadi HULK kecuali yang nyerobot itu dalam keadaan urgent.

Back to cilok yang bukan gajahan, kenal sama cilok itu saat aku masiih kecil dan tinggal di Bandung. Mamang cilok langganan adalah di depan SD Pasawahan X, yang sekarang SD nya udah nggak ada. Walaupun ibu sudah melarangku untuk membeli cilok dengan berbagai alasan, tapi rutinitas menyantap jajanan bernama cilok di depan sekolah tetap aku lakukan secara sembunyi-sembunyi.

Tahun berganti sampai akhirnya aku pindah sekolah ke ujung barat DIY, yang membuatku hampir melupakan cilok. Dan sampai pada akhirnya bebaslah aku dari dunia sekolah yang melelahkan. Kebebasan itu seiring dengan kemudahan googling resep cilok di internet. Ada kebiasaan untuk mencatat segala rupa jajanan dari Bandung di dalam otakku, jadi cilok-seblak-dkk itu pasti bikin penasaran cara buatnya. Finally, akupun praktek membuat cilok pertama kali setelah menikah, di waktu luang, sambil menunggu suami pulang kerja.

Cilok singkatan dari aci di colok, aci (bahasa sunda) itu adalah tepung tapioka dan di masa kecilku cilok itu ditusuk menggunakan tusuk dari bambu yang lebih besar dari tusuk sate. Cara makannya ya ditusuk terus dicelupin sambel kacang. Isi cilok biasanya berupa potongan daging ayam kecil banget yang bisa bikin selilitan di gigi. Makannya ketika di sini aku kaget kok banya yang jual cilok nggak ada isinya, hanya dibumbu saus -kecap-sambel cabe ya? Mungkin aku kurang update dari dunia jajan cilok dan mainnya kurang jauh.

Okedeh daripada kaget-kagetan, yuk dilihat resep cilok favoritku yaitu cilok kuah seblak (kok nggak pakai tusuk sate? Males bosque belinya, pake yang ada di rumah aja deh lagian aku mah kalo bikin sesuatu kan berpedoman  sesimple-simplenya)

Resep Cilok Kuah Seblak
Cilok kuah seblak. Dok : cookpad


Bahan :
Tepung tapioka 250 gram
Tepung terigu 125 gram
Daun bawang 1 buah, iris tipis
Daging ayam dipotong kecil-kecil buat isian cilok (boleh di skip)
Air panas secukupnya

Bumbu cilok :
Bawang putih 2 siung
Merica secukupnya
Sejumput Garam
Bumbu kuah seblak :
Bawang putih 2 butir
Kencur 2 butir
Cabai sesuai selera
Garam
Tambahkan penyedap jika suka

Cara membuat cilok kuah seblak :
Campurkan tepung tapioka dengan terigu yang perbandingan 2:1, kemudian masukkan daun bawang.
Bumbu cilok semuanya diulek sampai halus dan campurkan ke dalam adonan cilok, aduk rata.
Tambahkan air panas dsedikit demi sedikit, uleni sampai adonan kalis.
Bentuk bulat dan masukkan isian cilok
Rebus dalam air mendidih (yang sudah diberi sedikit minyak), tunggu sampai mengapung.
Tiriskan Cilok ke dalam wadah
Semua bumbu seblak dihaluskan, lalu tumis sampai harum.
Masukkan air ke dalam tumisan bumbu seblak dan masukkan cilok.
Tunggu sampai mendidih.
Cek rasa kuah, kalau masih kurang pas bisa ditambahkan penyedap, kalau sudah pas tinggal dimatikan kompornya dan cilok kuah seblak siap disajikan.

Nah sebenarnya nggak ribet kan bikin cilok sendiri di rumah? Cuma harus mneyediakan waktu luang aja biar lebih leluasa masaknya dan siap dengan resiko gagal juga loh. Tapi dari kegagalan memasak macam bikin cilok, kan kita bisa belajar biar kedepannya nggak gagal lagi (kayak soal asmara).

Author

Niken Nawang Sari Niken Nawang Sari From history, we learn. Cause writing is healing.

2 comments

  1. saya demen banget cilok sama cimol.. :) pingin kapan2 coba bikin

    ReplyDelete
  2. aku juga suak dg cilok nih tapi bukan yang kuah

    ReplyDelete

Post a Comment

Keep in touch

Member of

Blogger Perempuan Kumpulan Emak-emak Blogger
Kompasianer Joga
Kompasianer Joga