Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami

Gigi putih. Dok : republika

Katanya senyum itu ibadah, tapi kalau giginya kuning kan jadi nggak pede mau senyum yang kelihatan giginya.
Gigi kuning adalah salah satu permasalahan gigi yang kadang bikin nggak pede. Kadang udah pakai pasta gigi yang (katanya) bisa memutihkan gigi, tapi kok masih warna kuning nggak hilang juga. Jadi kesel kan?

Sebenarnya ada cara untuk memutihkan gigi dengan bantuan dokter gigi favoritmu, tapi biayanya pasti lumayan. Kalau kantong lagi penuh sih nggak masalah, tapi kalo kantong udah kering ya harus cari alternatif lain.

Nah alternatif lain yang bisa dilakukan untuk memutihkan gigi adalah menggunakan bahan-bahan alami. Bahan apa aja yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Arang (Charcoal)

Arang (Charcoal). Dok : hellosehat.com

Arang punya sifat alkali, yaitu mengikis bagian kuning pada gigi makannya banyak sikat dan pasta gigi yang mengandung arang saat ini. Nah kalau di rumah ada arang, boleh dicoba untuk memutihkan gigi dengan cara ditumbuk. Lalu tumbukan arang dikasih perasan jeruk lemon dan digosokkan ke gigi menggunakan sikat gigi.


Cuka Apel

Cuka Apel. Dok : shoppe.co.id

Di kulkas ada stok cuka apel? Kalau ada, ternyata cuka apel ini bisa buat memutihkan gigi. Caranya cuka apel dicampurkan dengan air, lalu dioleskan ke bagian gigi yang kuning.

Jahe

Jahe. Dok : hellosehat.com

Aku punya tanaman ajaib satu ini di depan rumah. Jahe emang punya sejuta manfaat, selain untuk bumbu masakan ternyata jahe bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Caranya jahe diparut, lalu diperas airnya, kemudian dipakai untuk kumur-kumur.

Daun sirih

Daun Sirih. Dok : doktersehat.com

Kalau di kampung halaman ibu, masih ada beberapa orang yang "nginang" alias mengunyah daun sirih dengan berbagai perlengkapannya dan ludahnya jadi merah. Eh jangan jijik dulu, karena mengunyah sirih ternyata bisa menguatkan gigi dan  membuat gigi putih asalkan tidak dengan perlengkapan "nginang"aja. Kalau nggak suka ngunyah sirih, sirih bisa direbus lalu airnya digunakan untuk kumur-kumur supaya gigi putih alami.

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa. Dok :doktersehat.com

Nah kalau mau memutihkan gigi pakai minyak kelapa, cukup dicampur dengan baking soda. Kalau campurannya udah berbentuk pasta, nah baru bisa digunakan untuk menyikat gigi supaya gigi tampak putih alami.


Daun Salam

Daun Salam. Dok : Hellosehat.com

Siapa sih yang menyangka bahwa daun salam yang biasanya digunakan untuk masakan ini bisa buat memutihkan gigi? Kandungan pada daun salam seperti minyak atsiri, kalsium, zat besi dan magnesium ternyata bisa memutihkan gigi loh. Caranya daun salam ditumbuk sampai jadi pasta terus dipakai untuk sikat gigi deh.

Kulit Pisang

Kulit pisang. Dok : idntimes.com

Kalau habis makan pisang, sebaiknya kulitnya jangan dibuang deh. Mendingan dibersihkan dulu terus buat digosok-gosokkan ke gigi agar gigi lebih putih. Gampang kan?

Jeruk Nipis

Jeruk Nipis. Dok : merdeka.com

Selain untuk diet dan bikin minuman yang seger-seger, si jeruk nipis bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Caranya jeruk nipis cukup diperas terus perasannya dicampur dengan air hangat  dan buat kumur-kumur. Mudah sekali bukan?

Jadi nggak perlu khawatir gigi kuning karena bahan-bahan alami di sekitar kita bisa membantu untuk memutihkannya kembali.

Author

Niken Nawang Sari Niken Nawang Sari From history, we learn. Cause writing is healing.

Post a Comment

Keep in touch

Member of

Blogger Perempuan Kumpulan Emak-emak Blogger
Kompasianer Joga
Kompasianer Joga