Mengenal Zakat, Infak dan Sedekah

sumber : riaumandiri.co


Tidak terasa sudah memasuki pertengahan bulan ramadan, padahal sepertinya baru kemarin awal Ramadan ditetapkan oleh pemrintah. Bulan ramadan selain bulan yang penuh ampunan juga kita diajak untuk belomba-lomba dalam kebaikan. Nah kebaikan di bulan ramadan ini bisa berupa memberikan zakat, infak dan sedekah. Tapi apakah kita sudah memahami pengertian zakat, infak dan sedekah? Kalau belum, yuk simak sedikit penjelasannya dibawah ini.

Zakat

Menjelang idul fitri, biasanya kita menyisihkan sebagian yang kita miliki (biasanya berupa uang atau beras) ke mesjid atau lembaga zakat lainnya dengan nama zakat fitrah. Menurut rumahzakat, pengertian zakat adalah kewajiban harta yang spesifik, memiliki syarat tertentu, alokasi tertentu, dan waktu tertentu. Nah zakat fitrah kan memiliki ketentuan tertentu seperti setiap orang diwajibkan berzakat2,5 kg beras. Terus waktunya pengumpulannya terbatas yaitu sebelum hari raya idul fitri dan alokasinya hanya kepada 8 golongan yang sudah ditetapkan di dalam QS At-Taubah ayat 60. 


“sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin,pengurus-pengurus zakat, para mualaf yang dibujuk hatinya, untuk memerdekakan budak,orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah dan Allah Maha Mengetahu lagi Maha Bijaksana” (terjemahan QS At-Taubah :60).


Menurut Puskafi, zakat memiliki 3 arti yaitu :
1.       An-Nama (berkembang) berarti bahwa sebuah harta yang sudah dikeluarkan zakat dari harta tersebut, tidak akan berkurang hanya karena untuk zakat. Justru harta akan terus tumbuh dan berkembang lebih banyak lagi.
2.       Ath Thaharah (suci) berarti bahwa harta yang sudah dikeluarkan zakatnya akan bersih dan membersihkan jiwa pemiliknya dari kotoran hasad, dengki dan baqil.
3.       Ash-Sholahu (baik) berarti harta yang dikeluarkan zakatnya tadi akan menjadi baik dan akan memperbaiki amal sang pemiliknya.

Jadi gimana nih, apakah udah mulai mempersiapkan zakat?

Infak 


Secara akar kata, Infak berasal dari kata Nafaqa yang artinya keluar. Nah secara sederhana infak diartikan sebagai mengeluarkan harta untuk sebuah kepentingan yang baik dan diridhoi Allah SWT.

Dalam Alquran dan Hadis, infak sering disebutkan untuk hal-hal berikut ini :
1.     Untuk menunjukkan harta yang wajib dikeluarkan dengan syarat-syarat tertentu seperti zakat fitrah dan zakat-zakat wajib lainnya.
2.      Untuk menunjukkan harta yang dikeluarkan selain zakat seperti memberi nafkah anak dan istri. Kata infak disini berubah menjadi nafkah.
3.      Untuk menunjukkan harta yang wajib dikeluarkan tetapi tidak sampai menjadi wajib, seperti menolong saudara kita yang terkena musibah.
Selain itu dana infak boleh diberikan kepada siapapun, tidak perlu dibatasi hanya 8 golongan seperti zakat.

Sedekah (Shodaqo)

Sementara itu sedekah lebih bermakna luas, mencakup zakat, infak dan sedekah non materi. Jadi kalau ada yang bilang senyum itu sama dengan sedekah, itu memang benar. Jadi di bulan Ramadan ini sebenarnya banyak banget hal yang bisa kita lakukan untuk bersedekah. Sedekah juga bisa diartikan mengeluarkan harta di jalan Allah. 

Kalau di Yogyakarta, masyarakat masih sering mengadakan sedekah setelah panen. Itu berarti masyarakat bersyukur kepada Allah atas hasil panen yang didapatkan, makannya masyarakat mengadakan acara sedekah. 

Bulan ramadan, sebagai bulan suci dan penuh berkah sebaiknya kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk mendekatkan diri kepada Allah dan menjaga lisan agar tidak menyakiti orang lain karena berkata-kata yang baik kan udah masuk sedekah.





Author

Niken Nawang Sari Niken Nawang Sari From history, we learn. Cause writing is healing.

2 comments

  1. zakat infaq dan shadaqah memang serupa tapi tidak sama.. jangan sampai salah dalam menjalankannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Kak, mirip-mirip sih ya kalo nggak memperhatikan dengan baik

      Delete

Post a Comment

Keep in touch

Member of

Blogger Perempuan Kumpulan Emak-emak Blogger
Kompasianer Joga
Kompasianer Joga