Menghilangkan Jerawat? Pakai 5 Bahan ini di Rumah

Dok : merdeka.com

Ih ngeselin deh kalo jerawatan, apalagi kalo jerawatnya gede-gede kayak biji jagung kan bikin nggak pede. 

Ungkapan kekesalan tentang jerawat di wajah emang nggak ada habisnya. Kebanyakan seorang perempuan pasti cari cara untuk menghilangkan jerawat secepat mungkin, termasuk aku tentunya. Ya gimana soalnya kalau pegang muka terus ada jerawatnya itu risih.

Sebelum cari cara untuk menghilangkan jerawat, sebaiknya kita tau dulu beberapa faktor yang menyebabkan jerawat nangkring di wajah kita. Kalau jerawatnya muncul waktu haid, ada kemungkinan itu adalah faktor hormon. Terus ada lagi faktor pubertas, jadi waktu masa puber (ada yang sejak SMP) gitu jerawatnya terus pada muncul. Selanjutnya adalah faktor penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan kulit wajah, biasanya yang muncul jerawat kecil-kecil dulu. Tapi kalau nggak segera dihentikan, jerawat yang gede-gede juga bisa aja muncul sih. Nah yang terakhir adalah faktor malas bersihin muka. Aku pernah males banget bersihin muka tuh, jadi jerawat pada nangkring di area T.  Sedih kan?😥

Terus gimana sih cara atasin jerawat? Banyak banget sebenernya cara buat mengatasi jerawat. Paling gampang masuk klinik kecantikan tapi kita harus ekstra keluar biaya dong. Itupun kalau cocok, nah kalau nggak cocok ya repot juga sih.

Kalau mau menghilangkan jerawat dengan hemat, pakai aja bahan-bahan yang mudah dicari di rumah. 

5 Bahan di Rumah yang Bisa Digunakan Untuk Menghilangkan Jerawat


Pasta Gigi

Pasta gigi. Dok : liputan6.com

Menyikat gigi adalah rutinitas harian kita, jadi nggak mungkin kan di dalam satu rumah nggak punya pasta gigi. Nah pasta gigi ini bisa buat menghilangkan jerawat dalam 1 malam. Caranya cukup oleskan pasta gigi pada jerawat yang meradang dan diamkan selama 10-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Kandungan hidrogan, flourin, dan triclosan pada pasta gigi bisa untuk mencegah timbulnya iritasi pada kulit yang berjerawat.

Putih Telur

Telur, yang dipakai untuk menghilangkan jerawat cuma putihnya aja. Dok : bukalapak

Di kulkas ada telur yang berjejer kan? Kalau nggak ada, beli sebentar deh ke supermarket karena harga telur udah stabil (eh emak-emak mode on ini udah update harga telur). Soalnya putih telur selain bisa buat bikin kue ternyata bisa juga untuk menghilangkan jerawat. Caranya pisahkan putih telur, terus jadiin masker dan diamkan selama 20 menit di wajah yang berjerawat terus dibilas deh. Tapi pakai masker putih telurnya nggak cuma sekali kalau buat menghilangkan jerawat, harus rutin lho ya.

Madu

Madu. Dok : honestdoc

Cairan kental ajaib berwarna kuning kecoklatan bernama madu ini emang banyak banget manfaatnya. Selain untuk melembabkan kulit kering ternyata bisa juga untuk menghilangkan jerawat. Caranya madu dipakai untuk maskeran di wajah.

Bawang Putih

Bawang putih.dok : detik health

Selain sebagai bumbu, ternyata bawang putih punya banyak manfaat lain seperti untuk menghilangkan jerawat yang nangkring di wajah karena mengandung zat sulfur. Caranya cukup iris bawang putih terus tempelin di jerawat yang meradang dan diamkan kira-kira 15 menitan aja. Kalau kelamaan diemin si bawang putih di kulit, nanti bisa gosong kulitnya.

Es Batu

Es Batu. Dok : dokter sehat

Kalau jerawat lagi merah-merahnya kayak mau meletus itu, mendingan dikompres es batu, jangan di pencet ya. Es batu bisa membantu mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat loh.


Nah itu tadi beberapa bahan yang ada di  rumah, yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Dengan adanya bahan-bahan tadi, secara nggak langsung kita udah menyiapkan amunisi buat memerangi si jerawat.

Author

Niken Nawang Sari Niken Nawang Sari From history, we learn. Cause writing is healing.

1 comment

  1. saya pernah coa pake odol sebagai spot treatment untuk jerawat... dalam sehari jerawat langsung mateng keluar putih2 gitu

    ReplyDelete

Post a Comment

Keep in touch

Member of

Blogger Perempuan Kumpulan Emak-emak Blogger
Kompasianer Joga
Kompasianer Joga