Pengaruh Keberagaman di pulau Jawa dalam Sayur Asem

Sayur Asem dihidangkan bersama dengan tempe mendoan. dokpri


Keberagaman yang ada di pulau Jawa ternyata mempengaruhi sayur asem loh. Loh kenapa bisa bilang gitu? Jadi gini, aku dan suami kayak beda kutub kalau tentang sayur asem, walau sama-sama tinggal di pulau Jawa. Masa kecilku sempat aku habiskan di pulau Jawa sebelah barat, jadi aku lebih menyukai sayur asem Jakarta. Sementara suami yang sejak kecil tinggal di kota Gudeg, lebih menyukai sayur asem dengan dominasi rasa manis dari gula jawa. Nah kalau aku masak sayur asem, suami paling hanya mencicipi sedikit aja dengan ekspresi aneh πŸ˜†(bisa bayangin kan orang yang merasakan rasa asam?)

Sayur asem buatanku yang paling dominan tentunya rasa asam dari buah asam, bukan rasa gula jawa.  bahkan kalo buah asamnya kurang (di sini aku sering dapet asemnya cuma dikit dalam kemasan sayur asem plastikan itu), aku menambahkan perasan jeruk nipis. Apalagi ditambah pedasnya cabai merah dan gurihnya terasi jadi asem-asem pedes gurih seger gitu deh. Ibuku dijamin tidak mau makan sayur asem buatanku πŸ˜‚, karena beliau juga tidak menyukai masakan yang menggunakan terasi. Daripada ngiler bayangin sayur asem di waktu puasa, mending lihat resepnya yuk.

Resep Sayur Asem Jakarta Sederhana


bahan sayur asem. dokpri
Bahan :


  1.  Kacang panjang 2 helai
  2.  Labu siam/jipang satu iris 
  3.  Daun melinjo 3 lembar
  4.  Terong ungu/hijau seperempat buah
  5.  Kulit melinjo secukupnya
  6.  Nangka muda 2 iris

Bumbu :
bumbu sayur asem. dokpri



  1.   Asam jawa secukupnya
  2.  Bawang merah 3 butir
  3.  Bawang putih 1 butir besar (ngirit, bawang putih lagi mahal)
  4. Terasi secukupnya
  5.  Cabai merah 2 buah (aku pakai cabai yang pedes banget, seadanya di rumah. Sebaiknya cabai keriting biar sayur asemnya warnanya bagus)
  6.  Kemiri/ muncang 1 butir
  7. Garam secukupnya
  8. Kaldu jamur secukupnya (boleh diganti penyedap)
  9.  Daun salam 1 lembar

Cara Membuat :

  1.  Pertama potong sayuran sesuai selera kemudian cuci bersih
  2. Didihkan air dalam panci sayur 
  3. Kalau sudah mendidih masukkan sayuran yang agak keras dulu (nangka muda, labu siam, terong, kulit melinjo dan kacang panjang) 
  4. Uleg semua bumbu kecuali asam jawa dan daun salam  
  5. Masukkan asam jawa dan daun salam ke dalam panci 
  6. Masukkan semua bumbu yang sudah diulek 
  7. Terakhir masukkan daun melinjo 
  8. Jika sudah kelihatan matang, masukkan garam dan kaldu jamur lalu tes rasa dan sajikan.

  9. sayur asem buaanku untuk berbuka puasa. dokpri
Kalau mau bikin sayur asem, yang penting kuncinya adalah bumbu duo bawang dan asam jawa, sementara sayurannya masih bisa diubah sesuai selera. Sayur asem bisa dijadikan menu buka puasa bersanding dengan nasi hangat, tempe goreng atau ikan asin goreng dan sambel terasi. Menu sederhana yang sangat mengggah selera makan, bahkan kadang dirindukan ketika lebaran soalnya kalau lebaran kan kebanyakan daging-daging melulu ya.


Author

Niken Nawang Sari Niken Nawang Sari From history, we learn. Cause writing is healing.

Post a Comment

Keep in touch

Member of

Blogger Perempuan Kumpulan Emak-emak Blogger
Kompasianer Joga
Kompasianer Joga