Aktifitas Mengisi Waktu Luang di Bulan Ramadan

Dok:  Idntime.com


Nggak terasa bulan Ramadan udah mau berakhir, padahal sepertinya baru kemarin bulan Ramadan ini hadir di tengah-tengah umat muslim. Banyaknya berbagai pahala yang diberikan Allah kepada umat muslim di bulan Ramadan, membuat kita semua berlomba-lomba dalam kebaikan. Eits tapi harapannya sih setelah Ramadan juga ibadahnya tetep konsisten ya, nggak cuma di Ramadan aja.

Kalau dulu saat belum menikah, kegiatan mengisi waktu selama Ramadan ya tetep aja ngampus atau kerja partime, jadi tetap beraktifitas seperti biasanya dengan berbagai potongan waktu di bulan Ramadan. Nggak terasa tau-tau udah libur aja menjelang lebaran dan mudik. Tapi kalau pas kerja partime ya boro-boro mau mudik, dapet gaji menjelang lebaran aja udah alhamdulillah banget.

Berhubung sekarang aku udah stay di rumah bersama si kecil, biasanya aku mengisi waktu luang dengan beberapa hal berikut.

Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Pekerjaan rumah itu ternyata banyak dan nggak ada habisnya, jadi kalau kita nggak memutuskan untuk berhenti sendiri ya nggak habis-habis. Sehabis sahur biasanya aku mulai mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci piring dan menyapu lantai sambil menunggu adzan subuh. Kalau si kecil ikut bangun sahur ya sambil nyuapin dia. Nah setelah adzan subuh biasanya aku mencuci pakaian, kemudian menjemurnya terus tidur lagi. Sementara itu pekerjaan rumah yang lain seperti nyetrika dkk dikerjakan menjelang sore hari.

Membuat Kue Kering Untuk Lebaran

Tradisi membuat kue kering untuk lebaran sebenarnya warisan dari ibu. Semasa kecil ibu selalu mengajakku untuk membuat kue lebaran untuk berhemat. Iya bikin kue kering menjelang lebaran itu lebih hemat dan kita bisa atur sendiri tingkat manisnya segimana. Berhubung aku memiliki gigi yang sensitif terhadap rasa manis, tapi doyan nastar yang lembut, ya udah bermodalkan kuota akhirnya aku bikin nastar sendiri. Selain itu karena aku nggak mau kena zonk kalau beli kue kering sih. Kan ada tuh yang keliatannya tampilannya bagus, eh waktu digigit kerasnya kayak batu 😂. Menghindari misuh-misuh karena hal tersebut, ya udah aku bikin kue kering aja sendiri untuk mengisi waktu di bulan Ramadan. Lagian ada toko bahan kue deket rumah, kalau kurang bahan tinggal beli disitu.


Sholat Berjamaah di Masjid

Katanya pahala sholat berjamaah di masjid itu kan lebih banyak daripada sholat sendirian di rumah, nah kalau aku biasanya sholat berjamaah di mesjid saat bulan Ramadan itu sekalian buka bersama. Tapi aku nggak terlalu mikirin pahala sih, yang penting niatnya beribadah aja. Soal pahala kan pasti sudah dihitung Allah, bukan dihitung manusianya.

Memasak Untuk Keluarga

Walaupun kadang males masak itu melanda--sebenarnya males cuci piringnya-- tapi kadang aku masih memasak kok, kan ada si kecil. Kasian kalau nggak keurus makanannya karena kami berpuasa. Padahal si kecil masih perlu banyak asupan gizi yang diperoleh dari makanan demi pertumbuhannya.
Kalau lagi niat masak sih bisa seharian juga di dapur, apalagi bahan makanan udah mulai merangkak naik menjelang lebaran gini kan? Mending masak sendiri deh daripada beli masakan mateng.

Menghabiskan waktu luang di bulan Ramadan itu kadang nggak kerasa kalau kita beraktifitas seperti biasanya. Tapi kalau pake olahraga fisik macem bertanding sepak bola ya waktu luangnya di bulan Ramadan berasa berat sih 😁.




Author

Niken Nawang Sari Niken Nawang Sari From history, we learn. Cause writing is healing.

Post a Comment

Keep in touch

Member of

Blogger Perempuan Kumpulan Emak-emak Blogger
Kompasianer Joga
Kompasianer Joga