Persiapan Menyambut Lebaran di Keluarga Kecilku

Ucapan selamat lebaran. Dok : Tagar News

Tidak terasa Ramadan sudah terlewati, kini suara takbir berkumandang membelah kesunyian. Semua umat muslim berisap untuk menyambut datangnya hari raya Idulfitri. Keluarga kecil kami nggak mudik, cuma menyebrangi jalan ringroad menuju tempat orang tua. Jadi nggak banyak persiapan yang dilakukan untuk menyambut Idul Fitri bersama orang tua. Sebelum menyambut lebaran, kami melakukan berbagai hal di rumah, agar di hari lebaran nanti nggak kepikiran macem-macem di rumah.

1. Menyiapkan baju dan mukena untuk sholat Idulfitri

Setrikaan setumpuk, kegiatan menyetrika kadang menyebalkan. Tetapi ketika hati senang--karena idulfitri segera datang--membuat pekerjaan rumah bernama menyetrika baju terasa lebih menyenangkan. Kegiatan ini sekaligus memilih baju terbaik untuk sholat idul fitri esok hari. Selain itu, mempersiapkan mukena di tempat yang mudah dijangkau untuk sholat idul fitri esok hari adalah bagian akhir dari kegiatan menyetrika baju. Ya sesiang ini aku habiskan untuk menyetrika baju 😁.

2. Tidak lupa menyiram tanaman di depan rumah

Tanaman di depan rumah yang lupa disiram kadang membuat galau ketika menyambut idul fitri di rumah orang tua. Jadi, aku tidak lupa menyiram tananam sebelum ditinggal pergi ke rumah orang tua biar waktu sholat idul fitri nggak kepikiran tanaman. Kan kadang kita kepikiran sesuatu ketika sholat.

3. Memberi makan kucing liar yang mampir ke rumah

Para kucing liar yang mampir ke rumah juga tidak lupa diberi makan agar mereka tidak mengais sampah di saat idul fitri. Ngenes kan kalau lihat mereka ngubek-ubek sampah sementara kita merayakan hari kemenangan. Nggak ada salahnya untuk berbagi dengan mereka, walaupun hanya berupa sisa opor ayam.

4. Bersih-bersih rumah sebelum ditinggalkan ke tempat orang tua. 

Nah pantang pergi sebelum rumah bersih sepertinya merupakan prinsip sebagian emak-emak seperti aku. Jadi selain menyongsong hari yang fitri, rumah juga harus dibersihkan dulu. Kan kebersihan sebagian dari iman 😁. Selain itu kalau pulang silaturahmi setelah sholat idulfitri, terus mau istirahat di rumah dan rumahnya udah bersih kan tinggal ngagoler aja. Nggak usah nambah kerjaan dengan bebersih rumah lagi 😁.

Jadi apakah kita sudah siap merayakan lebaran tahun ini?

Author

Niken Nawang Sari Niken Nawang Sari From history, we learn. Cause writing is healing.

Post a Comment

Keep in touch

Member of

Blogger Perempuan Kumpulan Emak-emak Blogger
Kompasianer Joga
Kompasianer Joga