Pengalaman Booking Tiket Menggunakan Pegi Pegi

Dok : Pixabay


Yeaaay sebentar lagi Kanjeng Papi mau pulang ke Jogja untuk wisuda, sebuah kabar bahagia yang harus didukung oleh ketersediaan transportasi tentunya. Ya bisa dibayangkan kalau tidak dapat tiket untuk pulang ke Jogja kan sayang banget, soalnya udah bayar lunas buat ikut prosesi yang namanya wisuda.

Daaan peraturan kampusnya itu ikut wisuda atau tidak ikut wisuda bayarnya tetap sama, jadi akhirnya Kanjeng Papi memutuskan untuk wisuda dong.😪

Dibalik Kanjeng Papi yang ribet ngurusin mau wisuda, ada seorang istri yang gemar ngintip isi ATM. Iya dong kan aku harus tau posisi keuangan keluarga (kok istilah yang dipakai kayak jaman kuliah ekonomi ya 😝), sampai akhirnya harus menentukan pilihan transportasi untuk Kanjeng Papi pulang ke Jogja.

Berhubung Kanjeng Papi ada di planet Cikarang, untuk menentukan pilihan transportasinya juga harus memperhitungan waktu. Apalagi Kanjeng Papi kan sekarang kerja tetap (bikin pesawatnya Decepticon kali 🤣) bukan freelance lagi, jadi nggak bisa fleksibel kalau mau keluar kota dengan alat transportasi massal. Daerah industri seperti Cikarang tentunya memiliki jam-jam sibuk dengan kendaraan padat merayap sehingga waktu tempuh kendaraan akan meleset dari perkiraan awal.


Bulan lalu waktu pulang ke Jogja tuh Kanjeng Papi sudah mencoba bus AKAP (baik yang booking melalui Traveloka atau yang langsung lewat agen), nah sekarang saatnya berhemat  dengan pilihan moda transportasi lainnya. Berhematnya nggak cuma soal uang lho, tapi juga waktu tempuh soalnya kan ini keburu mau wisuda. 🙄

Akhirnya pilihan moda transportasi itu jatuh kepada kereta api dan pesawat yang dibooking melalui Pegi Pegi. Jadi Kanjeng Papi pulang ke Jogjanya naik kereta api, sedangkan kembali ke Cikarang setelah wisuda menggunakan pesawat.


Kemudahan yang Diberikan Pegi Pegi


Booking Tiket Kereta Api


Kereta api.
Dok : Pegi Pegi

Untuk mendapatkan tiket kereta api yang bersubsidi, aku harus rajin intip ke aplikasi Pegi pegi dan bookingnya dari jauh-jauh hari. Aku booking tiket kereta api Bengawan, dengan keberangkatan tanggal 27 Maret dari Pasar Senen (PSE) ke Lempuyangan (LPN) itu sejak akhir bulan Februari. Ya takutnya keburu abis kalau nggak cepet-cepet dibooking kan, apalagi harga tiketnya murah meriah dan waktu tempuhnya juga lebih cepat daripada bus.

Loh kenapa naiknya dari PSE?
Jawabannya karena kalau dari Bekasi itu tinggal kereta yang non subsisi, harganya lumayan menguras isi kantong dan jam keberangkatannya juga tidak pas dengan jadwal Kanjeng Papi. Makannya akhirnya aku memilihkan KA Bengawan kelas ekonomi dengan harga Rp 74.000 plus Convenience Fee Pegi Pegi sebesar 7500.


Pengisian Data Penumpang KA

Booking tiket kereta api di aplikasi Pegipegi itu hampir mirip seperti di KAI Access kok. Jadi setelah isi data penumpang, kita akan diarahkan untuk memilih seat. Setelah itu baru dilakukan pembayaran.

Booking Tiket Pesawat 

Maskapai Citilink.
Dok : Cermati.com

Tiket pesawat di bulan Maret ini memang agak miring, soalnya dunia penerbangan lagi agak sepi karena virus Corona. Kalau tidak karena HARUS wisuda, mungkin aku akan meminta Kanjeng Papi untuk menunda bepergian.


Aku berhasil mendapatkan tiket pesawat dari maskapai Citilink untuk tanggal 29 Maret sebesar 400-ribuan (sudah termasuk asuransi). Aku pilih jam keberangkatan yang agak sore supaya tidak terburu-buru. Padahal sebelumnya aku cek Citilink selalu menyediakan keberangkatan paling pagi yaitu pukul 06.00 dan aku tidak yakin Kanjeng Papi bisa bangun sepagi itu di hari libur. Jadi sebelum dapat tiket yang agak sorean ini,  aku sering cek aplikasi Pegi Pegi supaya dapat jam keberangkatan yang sesuai dengan harga terjangkau.

Beberapa hal aku pertimbangkan ketika memilih pesawat, salah satunya adalah maskapai Citilink masih memberikan bagasi gratis sebanyak 20kg. Selain itu Citilink masih beroperasi di bandara Adi Sutjipto (JOG), yang dekat dari rumah orang tua kami. Jadi tidak perlu spare time lebih banyak untuk perjalanan ke bandara.

Pembayaran Tiket Melalui Pegi Pegi


Oh iya kedua tiket tadi aku bayar menggunakan m-banking BRI. Cara bayarnya gampang banget kok karena instruksinya sangat jelas dari Pegi pegi. Metode yang digunakan adalah transfer, jadi kita akan diberi no.rekening BRI milik Pegi Pegi yang bisa dicopy kemudian paste ke dalam m-banking. Copy-paste ini buatku sangat membantu soalnya aku orangnya kurang teliti jika harus memasukkan nomer rekening satu persatu. Apalagi rekening BRI kan panjang tuh, kalau harus nulis ulang agak merepotkan. Iya kan? Pengguna BRI mana suaranya? 😁

Oh iya kita dikasih waktu sekitar satu jam untuk melakukan pembayaran tiket. Biar nggak lupa kalau ada pesanan yang belum dibayar, Pegi Pegi juga mengingatkan kita melalui email petunjuk pembayaran tiket.

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah tiga digit terakhir nominal pembayaran. Iya 3 digit terakhir harus sama dengan yang diberikan oleh Pegi pegi, supaya dari pihak Pegi pegi lebih mudah memproses pembayaran tiket kita.

Setelah pembayaran berhasil,  Pegi Pegi  memberikan email yang berisi e-ticket dan invoice. Nah untuk pesawat, selain tiket dan invoice tuh ada email yang berisi asuransi yang sudah dipilihkan untuk penumpang.




Kesimpulannya adalah Pegi Pegi sangat membantuku untuk mendapatkan tiket kereta api dan pesawat dengan harga terjangkau, plus pembayarannya juga gampang banget.

Kalau kamu punya cerita apa dengan Pegi Pegi nih gaes?

Update : Tiket yang dipesan dari Pegi Pegi akhirnya direfund semua karena wisudanya Kanjeng Papi ditunda. Penundaan ini berkaitan dengan keadaan pandemi virus covid-19. Untuk refund tiket KA harus melalui KAK Access, sedangkan tiket pesawat bisa melalui Pegi Pegi. Aku tidak memilih reschedule karena belum tau keadaan bulan depan seperti apa.

Note : Tulisan ini bukan sponsored post dari Pegi Pegi. Tulisan ini murni pengalamanku dan ditulis untuk sekedar berbagi pengalaman aja.

Related Posts

42 comments

  1. Aku belum pernah sih pesan tiket pakai pegipegi, tapi pernahnya hotel soalnya pas membandingkan harga ditambah promo jadi lebih murah hehe.

    Berarti bisa jadi potensi perbaikan nih buat pegipegi, siapa tau bisa mengakomodir proses refund tiket kereta juga di aplikasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya mbak siapa tau Pegipegi mau bantu proses refund tiket KA ya

      Delete
  2. Belum pernah pesan tiket lewat pegi pegi.
    Wah mbak itu bepergiannya 27 dan 29 maret ya. Semoga suasana sudah kondusif. Was-was aja mendadak acara wisuda di tunda, soalnya kan sedang banyak himbauan untuk tak mengadakan pertemuan/acara yang melibatkan banyak orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget mbak, mending refund semua aja deh sambil lihat perkembangan kedepannya kayak apa

      Delete
  3. Saya belum pernah nyobain Pegipegi, Mbak. Selalu Traveloka hehe. Btw, itu harga tiket kereta kok bikin aku pengin jalan2 yak? Duh, semoga Corona berlalu dan harga tiket kereta/pesawat tetap murce.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga dulu Traveloka, tapi peasaran sama Pegi Pegi jadi cobain aja deh hehe

      Delete
  4. wah nyesek yah ikut wisuda atau ga ikut tetap bayar yang sama dan pilihan tepat sih mendingan ikutan wisuda deh yah..untungnya bisa beli tiket online di pegi2 ya jadi bisa murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak nyesek bayar wisudanya hahaha. Tapi bener sih dimudahkan banget sama PegiPegi untuk pesen tiket onlennya

      Delete
  5. Bagi orang desa kaya aku, beli tiket online tuh sangat membantu kaya di Pegipegi ini. Btw, memang baiknya kita tunda dulu ya pergi2nya. Tunggu saat semua sudah kembali normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sangat membantu, soalnya ga perlu ribet keluar rumah. Aminn semoga keadaan segera membaik ya mbak

      Delete
  6. PegiPegi juga jadi andalanku kalo mau traveling, Mbaaa
    Semoga wabah corona ini segera hengkang, ya Mba

    ReplyDelete
  7. aku ga kebayang tuh kalau jaman now ga pake aplikasi macam macam, pasti pusing yaa kanjeng papi.

    bayangin kudu ke stasiun ini itu, telpon terminal A B C dan refund datang ke sana ngurus ngurus, pusiiiing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Habis waktu kita untuk urus-urus refund kalo ga ada aplikasi travel onlen kayak gini mbak.

      Delete
  8. Aku juga sering beli tiket pesawat di Pegipegi karena harganya kadang lebih murah apalagi tiket Citilink

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh mbak, apalagi kadang dapatnya tiket Citilink yang lebih murah dari harga di website resmi Citilink. Bahagia banget wkwk

      Delete
  9. Mantap nih mbak Niken, bukan sponsorship tapi tetap nulis merk yaa.
    Berbagi pengalaman memang perlu yaa, siapa tai ada yang membutuhkan dan terbantu dengan tulisan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mumpung selow mbak sekalian nulis untuk ceritain pengalaman aja. Lagian bebas sebut merk Travel onlen kalo bukan sponsored post wkwk

      Delete
  10. Alhamdulillah bisa direfund, ya. Memang ketar-ketir di masa sekarang. Semoga pandemi ini lekasi enyah. Saya juga pernah booking lewat Pegipegi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya bersyukur banget bisa refund tiket mbak. Soalnya kalau hangus rugi banyak dong. Iya semoga pandemi corona lekas enyah dari negara kita ya mbak.

      Delete
  11. Pegi Pegi salah satu online travel agent andalanku banget deh kalau lagi mepet mau pesan tiket pesawat atau kamar hotel. Ini kejadian waktu tahun lalu aku ke Jogja dan kita last minute banget pesan tiket pesawat untuk balik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ceritain dong mbak kalau last minutes booking itu dapat diskon apa nggak? 😁😁 Soalnya kalo di Traveloka kan kdg ada diskon untuk booking yang last minute gitu kan

      Delete
  12. Waw peraturan kampuznya tanoa disadari memaksa kita harus ikut wisuda ya mba hahaha 😂. Soalnya ikut ga ikut bayarnya tetap sama. Mendingan ikut klo gitu ya. Untung ini bisa pesen tiket gamoang dengan pegi-pegi ya. Jadi ketolong ya

    ReplyDelete
  13. Pernah juga pakai pegi pegi, aplikasinya sederhana, nggak ribet dan fitur-fiturnya langsung ke icon maksud dan tujuan yang dicari. Jadi simpel dan mudah digunakan.

    ReplyDelete
  14. Selamat untuk wisudanya menki tertunda, semoga ilmunya berkah dan bermanfaat dan jika nanti sudah tetap waktu wisuda bisa diadakan segera saat kondisi sudah membaik lagi. Aamiin

    ReplyDelete
  15. Wah, saya belum pernah nih coba booking tiket pakai pegipegi... Mudah dan hemat ya...

    ReplyDelete
  16. Sangat memudahkan banget ya adanya pegi pegi ini ya mbak ..soalnya kita bisa terbantu untuk beli tiket gitu kan..

    ReplyDelete
  17. Belum pernah pakai pegi-pegi.
    Kesayangannya masih Traveloka.
    Tapi boleh nih jadi referensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga dulu Traveloka tapi sekarang bebas aja mbak sesuai budget dan promo hahaha

      Delete
  18. ALhamdulillah prosers refundnya gampang ya mbak? Soalnya liat di bbrp grup traveling krn pandemi ini agak susah refund2. Mari doa bersama supaya wabah ini segera hilang dan bisa jalan2 lagi yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah gampang mbak soalnya ada chat live ke CS pegi pegi terus nanti langsung dikasih tau step refund tiketnya. Yang agak susah KAI Access karena harus pakai username orang yang tertulis di tiket. Nanti semoga saya bisa bikin ceritanya kalau dana refund udah turun ke rekening deh. 😁

      Delete
  19. Wah.. Ternyata proses refundnya lumayan gampang ya. Temen aku kemarin sempat refund jg tiket pas mudik lebaran. Pandemi corona gini sih. Heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kalo Pegi Pegi lumayan terbantu oleh chat live dan diingatkan juga via email. Kalo KAI Access yg agak susah soalnya harus pakai username orang yang ada di dalam tiket. Lha kayak saya kan harus masuk akun KAI Access suami 😝

      Delete
  20. Biasanya aku pakai pegipegi buat booking hotel sih. Blom pernah nyobain kalau buat tiket. Refund tiket kereta kliatannya agak ribet ya. Uangnya balik full nggak mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku refund tiket KAI itu sebelum tgl 23/3 mbak jadi baliknya cuma 75%. Iya sih agak ribet, lebih mudah refund tiket pesawat melalui Pegi Pegi.

      Delete
  21. Prosesnya ga ribetin yah, gampang. Belum pernah pakai pegipegi nih, ceki - ceki ah.

    ReplyDelete
  22. Aku belum pernah pesen tiket kek gini. Musti coba, nih. Lebih praktis dan gampang ternyata

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter