Cara Bayar Tagihan PDAM Pakai LinkAja

18 komentar

 

Poster cara bayar PDAM pakai Linkaja
Edited by me using canva

Kehadiran dompet digital seperti LinkAja di masa pandemi memang patut diacungi jempol. Selain memberikan kemudahan dengan kelengkapan fitur-fiturnya, cashback yang diberikan juga terbilang lumayan. Bayar tagihan PDAM pakai LinkAja juga gampang banget, hemat waktu dan hemat biaya. Pokoknya efisien banget! 

Kesulitan Bayar PDAM 

Pernah mengalami kesulitan waktu mau bayar tagihan PDAM? Kalau aku sih pasti jawab pernah. Beberapa tahun yang lalu, aku masih mengalami bayar tagihan PDAM ke kantor pos. Kesulitannya adalah harus meluangkan waktu ke kantor pos dan harus punya uang cash (entah itu buat bayar tagihan dan bayar parkir). Padahal aku tuh kadang mager banget harus ambil uang cash ke ATM. 😅


Kemudahan yang Diberikan LinkAja

Cashback LinkAja untuk pembayaran PDAM
Dok : LinkAja

Beruntung banget sekarang sudah ada LinkAja yang memberikan berbagai kemudahan seperti bayar tagihan PDAM.  Jadi tidak perlu merasakan ribetnya bayar PDAM seperti yang aku rasakan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, kehadiran dompet digital itu sangat membantu.  LinkAja juga sering banget ngasih cashback loh. Kalau dihitung-hitung sih cashbacknya bisa nutup biaya admin PDAM, bahkan kadang lebih. 

Nah gimana cara bayar tagihan PDAM pakai LinkAja? Simak dibawah ini ya. 

Cara bayar PDAM pake LinkAja

1. Buka aplikasi LinkAja, jangan lupa dipastikan saldonya mencukupi ya. 

Apliaksi LinkAja
Dok : LinkAja


2. Klik menu PDAM

Screenshot halaman akun LinkAja
Tangkapan layar akun LinkAja


3. Pilih daerah pembayaran PDAM. Cek dulu apakah daerah tersebut pembayaran PDAMnya dijangkau oleh LinkAja atau tidak. Sejauh ini aku cek sudah lumayan banyak daerah PDAM yang bisa dibayar pakai LinkAja.

Screenshot pilihan daerah yang terjangkau PDAM di LinkAja
Dokpri


4. Ketik nomer id pelanggan PDAM.Screenshoot id pelanggan PDAM

5. Lanjutkan ke konfirmasi tagihan.

Konfirmasi pembayaran PDAM
Dok : youtube LinkAja

6. Masukkan PIN LinkAja dan tagihan akan terbayar. Kalau ada saldo bonus di akun LinkAja, akan otomatis memotong nominal tagihan. 

Masukkan PIN Linkaja


7. Kemudian tunggu sampai transaksi selesai.

 

Transaksi pembayaran tagihan PDAM selesai

8. Kalau masih penasaran bisa cek inbox atau cek riwayat transaksi.

Cara bayar tagihan PDAM pakai LinkAja juga bisa dilihat di video berikut ini. 


 

Transaksi PDAM pakai LinkAja Gagal? Tenang Ada Solusinya

Pembayaran PDAM pakai LinkAja Gagal
Dokpri

Awal bulan November aku punya pengalaman yang bikin senam jantung.  Aku bayar tagihan PDAM pakai LinkAja, tetapi statusnya gagal dan saldoku terpotong. Panik? Iya dong, soalnya itu urusannya sama duit duit duit yang buat bayar tagihan. 💸 

Terus aku melakukan 2 cara dibawah ini untuk memastikan tagihan PDAM sudah terbayar atau belum. 

1. Cek tagihan PDAM di tempat lain seperti Tokopedia, Shopee, Gojek dsb. Nah dari situ aku tau statusnya sudah terbayar. 

Cek tagihan PDAM di Shopee

Tapi aku belum puas karena aku ingin dapat jawaban dari LinkAja. 

2. Menghubungi LinkAja melalui email dan twitter. 

Nah untuk laporan transaksi gagal bayar PDAM pakai LinkAja itu tuh ada templatenya. Jadi harus disiapkan isi nomor LinkAja, nomor referensi, tanggal-waktu kejadian, detail kendala dan nama promo (jika terkait cashback) oleh Customer Service. 

Email dari LinkAja
Dokpri


Template itu juga berlaku untuk pengaduan lewat twitter, tapi jujur aja lebih cepat respon CS-nya melalui twitter. 😁

Komplain tagihan yang gagal lewat DM twitter

Jawaban dari CS yaitu aku disuruh menunggu hasilnya maksimal 3x24 jam.  Ya maksimal hasilnya akan keluar tanggal 3 November. Tetapi tanggal 2 November ternyata tagihanku sudah terbayar. Notifikasinya ada di inbox aplikasi LinkAja, bukan melalui email atau DM twitter. 

Notifikasi PDAM berhasil dibayar lewat inbox LinkAja

Jadi Hubunganku sama LinkAja Gimana?

Sampai saat ini aku masih setia pakai LinkAja untuk bayar tagihan PDAM, soalnya ada cashback dan penanganan komplainnya jelas.😂 Kapan-kapan aku ceritain lagi soal cashback belanja pakai LinkAja ya. ❤️


Niken Nawangsari
Ibu rumah tangga yang pernah mengenyam pendidikan tinggi di bidang ekonomi, tinggal di Yogyakarta, suka nulis tentang lifestyle, sejarah, beauty dan traveling. Kadang suka masak kalau lagi good mood. Suka didemo 2 ekor kucing, karena kucing adalah bagian dari kehidupan

Related Posts

18 komentar

  1. benar mbak, aku tiap bulan bayar tagihan pdam pake Link, tagihan listrik dan bpjs juga, praktis soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah bayar tagihannya gagal kayak aku nggak Mbak?

      Hapus
  2. Link Aja punya ku masih ke blokir nih mbak. Mau ngurus katanya suruh ke grapari. Padahal kantor graparinya jauh dan ini masih pandemi juga. Aku request dong artikel cara bukan blokiran akun Link aja. Hehehe malah ngelunjak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah boleh-boleh requestnya, soalnya aku juga udah pernah keblokir LinkAja-nya. 😁 Tapi kalau pakai nomer non Telkomsel kayaknya harus ke grapari buat buka blokirannya deh, soalnya waktu itu aku ke Grapari.

      Hapus
  3. Praktis banget memang pake link aja soalnya suamiku juga pake link aja ini buat segala macam payment rumah kami

    BalasHapus
  4. masa pandemi begini, kehadiran dompet digital jadi membantu banget ya mbak, gak perlu keluar rumah untuk bayar tagihan.

    BalasHapus
  5. Aku pun memanfaatkan dompet digital untuk bayar tagihan PDAM dan PLN, Mbak. Lebih praktis ya. Tapi belum pernah nyoba Link Aja nih. Nanti mau cek fitur-fiturnya ah.

    BalasHapus
  6. Ini sangat membantu sekali ya untuk yang setiap bulan harus membayar tagihan PDAM bisa langsung lewat LinkAja. Apalagi disaat pandemi sekarang ini jadi memudahkan gak perlu keluar rumah.

    BalasHapus
  7. It is getting easier and easier to pay bills and any other necessities on the online platform nowadays

    BalasHapus
  8. aku belum pernah gagal bayar di link aja. enak, praktis ga perlu jalan ke depan komplek buat bayar tagihan bulanan. tinggal klik pake link aja udah beres :)

    BalasHapus
  9. Wah aku 8nfo ke pak suami deh nih klo bayar PDAM bs pakai link aja.
    Harus gini sih jadi beneran bermanfaat pake link aja krn bs buay bayar2 segala keperluan bulanan yg biasanya agak ribet.
    Ngebantu bgt

    BalasHapus
  10. Selama ini pakai LinkAja untuk beli tiket kereta sama isi pulsa, mayan banget potongannya untuk isi pulsa juga paket data. Ini bisa saya rekomin ke Mama untuk bayar PDAM, jadi nggak repot lagi ya mesti ke loket.

    BalasHapus
  11. Sejak ada Link Aja, lebih mudah deh membayar aneka tagihan dan beli paket data.. ga harus antri dan keluar rumah, tinggal klik aja beres!

    BalasHapus
  12. Gampang ya sekarang pake LinkAja bisa melakukan beberapa transaksi & lebih hemat waktu. Kalau aku, berhubung nggak pakai PDAM, kugunakan linkAja buat isi pulsa smartphone. Seneng pake LinkAja karena harga paket pulsa sering promo jadi lebih hemat.

    BalasHapus
  13. LinkAja ini memang menarik banget. Terutama untuk urusan cashback-cashbacknya, hehe. Aku beberapa kali pakai buat bayar makanan di luar. Ya tetep lumayan cashback-nya, bikin ketagihan. Cuma kadang lupa isi saldo. Isi di dompet digital A, eh, yang B yang promonya lagi oke. Nasib nasib.

    BalasHapus
  14. Wow ternyata bisa multifungsi juga. Satu kartu bisa utk beragam kegiatan

    BalasHapus
  15. Suamiku yang punya aplikasi ini banyakan dipakai bayar di kasir, beli bensin dan bayar beberapa tagihan. Memang mudah dan banyak cashbacknya. Lagi pula praktis ga perlu uang tunai apalagi hari gini saat pandemi lebih baik pilih cashless seperti LinkAja ini

    BalasHapus
  16. Sekarang apa2 mudah dengan linkaja ya, biasanya aku pakai linkaja untuk beli paket data telkomsel. Skrg bisa buat bayar PAM ya, asiikkk

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email