Grand Opening Mi Shop Jogja : Banyak Promo Menggiurkan, Tapi Pelayanan Ala Kadarnya

49 komentar

 

Ilustrasi belanja di Mi Shop
Edit by me using canva

Belanja itu kadang menjadi hal krusial buat sebagian orang. Kadang kita memilih berbelanja di suatu tempat bukan karena harganya aja, tapi pelayanannya juga jadi pertimbangan tersendiri. 

Mi Shop Jogja hadir di pertengahan Desember dengan banyak promo yang menggiurkan. Tetapi di balik promo tersebut, ada beberapa hal yang kadang ada yang menjadi perhatian lebih dari seorang customer. 

Keputusan Untuk Belanja di Mi Shop Jogja

Pagi itu udara terasa lebih dingin, rasanya ingin tarik selimut lagi tetapi alarm jam sudah berdering tiada henti. Cuaca di luar rumah belum begitu menyenangkan, langit masih kelabu walau rintik hujan tidak terlihat. di saat menghadapi pagi seperti itu, sejujurnya aku merindukan matahari. Soalnya tanpa matahari rasanya lebih gloomy

Didorong rasa penasaran dengan berapa suhu udara, ku ambil handphone diatas meja. Satu pesan masuk, tapi aku masih enggan membalasnya. Jari jemariku malah meluncur ke Instagram. 

Detik selanjutnya aku tercengang melihat postingan akun Mi Shop Indonesia. Promo yang dinanti-nanti pun tiba karena ada Grand Opening Mi Shop di Jakal tanggal 19 Desember 2020. Tanpa basa basi lagi, aku langsung meluncur ke instagramnya Mi Shop Jogja. 


Memantau Produk Xiaomi

Sebenarnya sejak Agustus aku udah sering kepoin instagramnya Xiaomi. Waktu itu dikarenakan ibu ingin membelikan hp baru, jadi aku harus memantau harga Xiaomi. Alasan memilihkan Xiaomi untuk orang tua tentunya karena lebih mudah dipakai dan harganya terjangkau. Apalagi aku dan suami sudah pakai Xiaomi sejak bertahun-tahun lalu, jadi rasanya sudah familiar aja sama fitur-fitur handphone Xiaomi. 


Pengalaman Pahit Masa Lalu

Berbekal pengalaman pahit di masa lalu saat meminang Xiaomi Redmi 6A, aku sering menyarankan orang terdekat untuk membeli produk Xiaomi di toko resmi. Soalnya dulu harga Redmi 6A yang aku dapatkan lebih mahal 200 ribu daripada harga di toko resmi. Nyesel plus Nyesek jadi satu! apalagi waktu itu nggak ada bonus dari tokonya, kan jadi tambah nyesek aja.

Nah sekarang aku lebih cermat untuk meminang (lagi) produk-produknya Xiaomi. Tidak hanya memantau harga dan spesifikasi lewat medos Xiaomi, tapi berbagai review di akun  youtube Pricebook dan blog juga jadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk beli produk dari Xiaomi.


I feel blessed, pas fee ngevlog udah turun, pas ada promo grand opening Mi Shop. 


Letak Mi Shop Jogja Strategis

Banyak promo di grand opening Mi Shop Jogja
Credit : IG Mi Shop Jogja


Awalnya aku pikir Mi Shop Jogja letaknya di Super Dazzle, atau minimal mepet-mepet di sekitar bangunan itu karena grand opening Mi Shop sempat diposting di instagram Super Dazzle. Selain itu salahku juga nggak baca alamat Mi Shop, padahal udah jelas tertera di bio Instagram. Hasilnya kemarin aku kebablasan sampai ke arah Super Dazzle. 

Jadi letak Mi Shop ini strategis banget yaitu di jalan Kaliurang km.5 CT III / No.8 Catur Tunggal, Depok, Sleman , Yogyakarta. Lebih tepatnya sih di sebelah utara MM UGM. 

Mi Shop bisa dijangkau pakai kendaraan umum seperti Transjoga. Untuk jalur 5A dan 3B malah bisa turun di halte seberang Mi Shop. Kalau dari arah sebaliknya yaitu jalur 3A bisa turun di halte Gading Mas Swalayan kemudian jalan kaki sedikit ke utara. Nah kalau kendaraan pribadi juga mudah dijangkau, cuma parkirnya mungkin yang jadi PR tersendiri ya. Kalau pakai ojek online tinggal turun di depan Mi Shop aja. Yang jelas Jakal km.5 itu selalu padat meskipun sekarang ini masa pandemi.


Harga Produk Xiaomi di Mi Shop Jogja

Untuk membeli produk Xiaomi bisa dilakukan secara online dan offline. Nah karena ekspedisi overload di akhir tahun, jadi beli produk Xiaomi secara offline bisa jadi pilihan meskipun ada selisih harga. Selain itu aku masih khawatir dengan pengemasan produk saat beli produk Xiaomi secara online, soalnya kerusakan produk karena ekspedisi nggak ada yang menjamin. 

Saat aku cek harga Redmi Note 9 secara online lewat akun Xiaomi Official di Shopee Mall dan aplikasi Mi Store, ternyata harganya lebih murah 100ribu dari harga offline. Tapi dengan pertimbangan eskpedisi yang lama dan beresiko, akhirnya aku memutuskan untuk beli secara offline aja di Mi Shop Jogja.


Banyak Promo di Mi Shop Jogja

Sebelum memutuskan untuk membeli Redmi Note 9 aku menanyakan beberapa hal kepada admin Instagram Mi Shop Jogja, seperti syarat dan ketentuan untuk mendapatkan bonus. Nah untuk pembelian Redmi Note 9 dapat bonus berupa powerbank 20.000 mAh, gift box dan fish bowl game (sejenis lucky draw gitu). 

Karena aku merasa tingkat ke-HOKI-an ku nggak bagus-bagus amat, jadi harapanku fish bowl gamenya jangan sampai dapat kertas kosong aja. Beruntung banget dari fish bowl game aku dapat kepala charger yang udah support fast charging 18Watt. Kalau isi gift box berupa kaos dan tumbler bertuliskan Xiaomi.

Redmi Note 9, produk smartphone dari Xiaomi yang aku beli di Mi Shop Jogja
Hasil belanja Redmi Note 9. Dokpri

Powerbank 20.000 mAh dari Xiaomi sebagai bonus pembelian smartphone
Bonusnya Powerbank 20.000 mAh. Dokpri

Kepala charger yang udah support fast charging, hasil fishbowl game
Hasil dari Fishbowl game, kepala charger yang udah support fast charging. Dokpri

Isi gift box akhir tahun Xiaomi
Gift box isinya tumbler dan kaos. Dokpri


Nah untuk promo selama masa grand opening ini promonya mulai dari pembelian smartphone sampai smart TV juga. Banjir promo ini dimulai dari tanggal 19 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.

Oh iya untuk pembayaran di Mi Shop Jogja saat ini hanya menerima cash dan beberapa kartu debit yang masih sangat terbatas. Jadi sebelum membeli sesuatu di Mi Shop Jogja, sebaiknya tanyakan dulu metode pembayaran yang bisa diterima lewat medsosnya Mi Shop ya. 


Pelayanan Mi Shop Jogja 

Bagian dalam Mi Shop Jogja
Bagian dalam Mi Shop Jogja.
Dok : IG Mi Shop Jogja


Nah soal pelayanan secara online, admin medsos Mi Shop Jogja itu responnya lumayan cepat. Soalnya aku tanya-tanya dulu sebelum beli Redmi Note 9 tuh pasti dijawab. Terus aku upload IG story juga direpost. Jadi merasa dapat apresiasi tersendiri aja dari Mi Shop Jogja. Soalnya kadang apresiasi tuh nggak harus dalam bentuk uang atau barang, direpost aja udah seneng kok.

Beberapa jam sebelum ke Mi Shop Jogja, aku baca rating di google maps tentang toko resmi Xiaomi di Jogja seperti Mi Store Hartono Mall dan Amplaz. Tujuannya apa? ya biar tidak kaget aja sama pelayanan offline. Bahkan ada komentar yang bilang kalau nggak jadi beli karena pelayanannya tidak ramah. 😱

Nah kalau Mi Shop Jogja kan belum ada ratingnya, tapi gambaran di benakku soal pelayanannya sih udah ada. Ya kira-kira nggak jauh beda sama Mi Store.

Perkiraanku ternyata nggak meleset, waktu menginjakkan kaki di Mi Shop tuh tidak ada basa basi ucapan seperti ini, “selamat datang di Mi Shop, ada yang bisa dibantu?”. Aku sih masih positif thinking aja, mungkin semua karyawannya lagi pada sibuk.

Terus untuk menemukan dami (replika untuk sample) Redmi Note 9 aku sempat salah pegang Redmi Note 9 pro. Dari kejadian itu baru karyawannya menanyakan mau mencari smartphone jenis apa. Nah karena dami Redmi Note 9 warna hijau sementara aku ingin lihat warna grey, karyawan yang menemaniku kemudian mengeluarkan Redmi Note 9 miliknya yang berwarna grey. “bagus kok mbak yang grey”, komentarnya. 

Aku tuh bukan dukun yang bisa nebak isi hati orang lain. Tetapi yang aku rasakan saat membeli Redmi Note 9 sejujurnya seperti beli permen di warung, pilih-bayar-selesai. Padahal kadang ada konsumen yang seneng diajak ngobrol waktu unboxing hp sama karyawannya. Misalnya seperti ditanya gini deh, “ tau grand opening Mi Store darimana Kak?”. Lagian waktu itu konsumen juga tidak sampai bejubel dan luber ke luar toko, jadi aku pikir karyawannya nggak terlalu sibuk untuk menyempatkan diri small talk sebentar dengan pembeli. Tidak semua pembeli itu perlu dijelaskan soal knowledge produk kok, kadang disapa aja udah seneng.

Daripada aku badmood dengan pelayanan yang ala kadarnya, aku memilih sibuk dengan si kecil yang udah seneng banget sama balon di atas meja. Aku ambil balon buat si kecil juga udah ijin dulu ke karyawan Mi Shop. 

Nah waktu duduk sama si kecil ini aku lihat sebuah pemandangan yang bikin mengernyitkan dahi. Aku nggak peduli dengan jabatannya (yang pasti bukan owner Xiaomi 😜) tapi kalau makan siang di meja yang sebenarnya diperuntukkan buat customer itu rasanya nggak etis aja. Sampai ada customer lain yang unboxing smartphone sambil berdiri gara-gara nggak ada tempat duduk. 

Saat akan meninggalkan toko, tidak lupa aku ucapan terima kasih kepada semua karyawan. Soalnya nggak ada yang bilang gini sih, "terima kasih sudah berbelanja di Mi Shop ya, ditunggu kedatangannya kembali " 🀣🀣🀣 *ketawa miris plus tepok jidat. 


Kesan Berbelanja di Mi Shop

Belanja Redmi kantongnya Pocophone
Belanja Redmi Note 9, kantongnya Pocophone kan jadi pengen isinya Poco juga 🀣. 
Dokpri


Aku sih seneng-seneng aja belanja di Mi Shop Jogja, soalnya udah percaya sama produk-produknya Xiaomi, apalagi ditambah banyak promo dan admin medsosnya responsif. Tapi alangkah lebih baik jika Mi Shop meningkatkan keramahan pelayanan di toko karena sebagian customer (salah satunya aku 😌) ada yang terkesan dengan pelayanan, yang ujung-ujungnya jadi setia sama brand. *cari yang setia itu susah lho 🀣🀣🀣

Sebagai mantan pelayan toko hp, aku bisa ngerasain gimana capeknya melayani customer. Tapi ya itu resiko yang harus ditanggung karena bekerja menjadi ujung tombak penjualan. Beruntung sekarang udah ada media sosial yang sangat membantu penjualan. Namun jika tidak dibarengi dengan pelayanan offline yang ramah, customer bisa pindah kemanapun dia suka. 

Terus kalau mau makan siang mbokya jangan di meja yang diperuntukkan buat customer. Kan masih bisa ngumpet di kasir atau di lantai dua. 🀣 Kelihatannya remeh ya, tapi itu nggak enak dipandang mata. Serius! 

Niken Nawang Sari
Mom & Housewife, sementara ini tinggal di planet Cikarang. Suka baca buku berbau sejarah dan nulis random. Kadang suka masak kalau lagi moodnya bagus dan sering didemo para kucing orens.

Related Posts

49 komentar

  1. Walah walah kok pelayanannya gitu amat yak, padahal pelayanan adalah bagian paling penting juga dalam bisnis. Aku juga paling kezel mbak kalau kitanya udah happy2, eh pelayanan yg kita dapatkan jutek abis.

    Kira2 bisa ada perbaikan gak ya, atau kayak gitu terus. Haduduh, kudu dibaca pihak Xiaomi sih ini

    BalasHapus
  2. Walah walah kok pelayanannya gitu amat yak, padahal pelayanan adalah bagian paling penting juga dalam bisnis. Aku juga paling kezel mbak kalau kitanya udah happy2, eh pelayanan yg kita dapatkan jutek abis.

    Kira2 bisa ada perbaikan gak ya, atau kayak gitu terus. Haduduh, kudu dibaca pihak Xiaomi sih ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga aja diperbaiki pelayanannya ya Mbak. Kemarin sih aku sudah share link tulisan ini lewat DM IG nya Mi Shop Jogja, semoga aja dibaca. kalo misalnya kayak Mi Store kan nggak satu, misalnya ga disapa pun ga masalah ya. Nah ini Mi Shop kan satu pintu kayak Indomaret or Alfamart, kalo orang masuk keliatan dong, kalo ga disapa rasanya kurang. Ya gak sih?

      Hapus
  3. Aku juga paling KZL bin sebeelll kalo lihat customer service/SPG/dst makan dan ngakak sepuasnya di areal meja konsumen.
    Sangat tidak nyaman sama sekaliiiii

    Apalagi pernah tuh Mba, aku lagi facial, eh, mbak2 terapisnya gosiiippp kenceng dan heboh jumeboh banget sama sesama terapis, dgn topik hosip per-slengki-an. Dooohh, ilfeel asliik dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang kalo udah kzl tingkat dewa rasanya pengen ngomong ama mesin aja ga sih Mbak? 🀣 daripada ngomong ama pelayanannya bikin emosi jiwa.

      Hapus
  4. Service juga pengaruh banget buat saya. Sebagai pembeli, saya gak menuntut berlebihan. Tetapi, setidaknya servicenya ramah. Termasuk juga jangan makan di meja untuk customer itu. Menjaga kesetiaan pelanggan memang bisa dari hal-hal yang kelihatannya sepele kayak begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak tapi sayangnya itu belum jadi perhatian di Mi Shop Jogja. Semoga kedepannya lebih diperhatikan lagi cara memperlakukan customer.

      Sayang aja kan brand udah terkenal, banyak fans nya tapi pas ke Mi Shop pelayanan ala kadarnya.

      Hapus
  5. gak enak banget ya rasanya kalo dilayani gak banget. kebetulan yang di Jakarta, Depok, & Bekasi pelayanannya bagus. Btw anakku pengen banget Pocaphone itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak rasanya pengen komplain tapi udah males duluan, jadi pengen ngomong ama mesin aja deh drpd ma orang πŸ˜….

      Wah pas banget akhir tahun gini Pocophone lagi diskon loh mbak.

      Hapus
  6. Wah sayang banget ya kalau pelayanannya begitu, semoga next mereka memperbaiki kembali layanannya jadi customer gak kapok deh. Gemes banget baca yang makan di meja customer itu mba, huhuhu

    BalasHapus
  7. Memang service tuh bisa menimbulkan kesan tersendiri buat kita yah, kadang bisa bikin jadi males juga nih. Aku juga suka risih kalo lagi belanja trus pekerjanya malah asyik ngobrol sendiri atau ketawa2 heboh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak risih banget jadi berasa customer tuh ga diperhatikan aja ya kalau malah ditinggal heboh sendiri ama pelayannya. O

      Hapus
  8. Whenever I go somewhere and shop, I always pay a lot of attention to the service. If the service is not good, I’d rather buy things somewhere else

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maybe I will choose another offline store if Mi Shop doesn't give any promo.

      Hapus
  9. Kalau aku biasanya belanja selalu lihat dulu cara pelayanannya, kalau orangnya malesin pasti aku tinggal. Apalagi kalau tau ada yang makan tapi terlihat customer itu menurutku kurang sopan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget Mbak, aku juga gitu. Kemarin masih bertahan beli disana juga karena promi.hehe

      Hapus
  10. Wah, kok gitu ya pelayanannya. Harusnya kalau makan di luarlah ya heuheu. Btw, aku lumayan suka sama Xiaomi. Pernah pinjem lama punya ponakan, buat foto foto hasilnya ok juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalo ga diluar ya dibelakang meja kasir masih ada space buat lesehan. Ini malah di meja Customer kan rasanya ga etis aja mbak

      Hapus
  11. Kak Nikeeen...sama banget kaya aku niih..
    Aku juga kemarin jalan ke mall cuma buat megang barangnya (pengen skincare merk A). Padahal kalau beli online juga bisa.

    Tapi aku prefer pegang barangnya dan bisa cobain si inceranku itu.
    Eh, yang melayani juga gak ramah gitu...akhirnya aku gak jadi beli brand itu doonk...aku ganti ke merk lain yang sebenernya uda jadi langganan aku karena pelayanannya supeeerr ramah.

    Jadi kebayang selama ini bahwa ilmu komunikasi dan penyampaian bahasa (teknik selling) yang baik itu penting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Teh ilmu komunikasi itu penting banget ternyata. Mungkin kalau nggak promo aku pilih gerai Xiaomi yang lain.

      Hapus
  12. hore hp baru. Gpp mbak sekarang punya tas pocophone, semoga tahun depan bisa punya si Poco.

    Sepakat, pelayanan itu sekarang bisa membuat orang datang lagi, bisa juga membuat kapok untuk datang lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin amin semoga segera kebeli Poco-nya 😁😁

      Betul sekali mbak, pelayanan tuh penting banget buat customer soalnya.

      Hapus
  13. semoga kedepan pelayanan nya akan semakin baik ya mba. Biar makin banyak dan senang belanja juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ya Mbak, makannya aku tulis artikel ini biar pelayanannya makin baik. Sayang kan nama brand udah bagus tapi pelayanan ala kadarnya.

      Hapus
  14. Mungkin memang para pelayannya gak di training rentang bagaimana jadi front line yang harus melayani konsumen jadi menganggap kayak di warung aja πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bisa jadi mbak, soalnya kayak ga niat banget ngelayanin, mentang2 aku nih emak-emak bawa anak kecil.

      Hapus
  15. Asik nih dapat HP baru tentunya senang Langsung memilih kalau aku nama pelayanan yang kurang sip aku langsung ngomong deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tuh mau ngomong udah males mbak, keburu laper pengen pulang jadi aku tulis di artikel aja🀣

      Alhamdulillah seneng ada HP baru.

      Hapus
  16. wah sayang ya mbak klo pelayanannya kurang memuaskan
    tapi hadiahnya lumayan bagus lho, bisa dapat power bank gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho'oh mbak padahal barang dah OK tp pelayanan ya gitu deh

      Hapus
  17. Kalau saya belum berani beli barang elektronik secara online. Pernah ngalamin hal yang kurang menyenangkan soalnya.
    Asyik juga ya, beli barang bisa dapat bonus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga ga berani mbak, soalnya takut layarnya retak di ekspedisi. Untung punya suami di Cikarang kemarin ga kenapa-kenapa tuh pas beli Xiaomi online.

      Hapus
  18. wah pas banget dong ya mba, bisa belanja akhir tahun dan dapat promo menarik dari Mi Shop, kebayang deh kalau grand opening gini bakal banyak banget promo yang makin memanjakan pelanggan..

    Mba seru banget ya dapat banyak bonus, powerbank dan kaos serta tumbler...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak makannya aku cari gerai Xiaomi yg lagi grand opening biar dapat promo banyak. 😁

      Hapus
  19. Ini merek HP pilihan sodara yang demen banget main game kekinian, tapi budgetnya gak besar banget. tapiiii menurut dia paling nyaman ngegame sama Xiaomi, dia sempat jelasin kelebihannya, salah satunya kapasitas yang memu;puni dan tahan banting, batrai awet (penting buat gamer) tapi harga terjangkau

    Semoga keluahnnya dibaca dan menjadi masukan positif ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak Icoel, adekku juga habis beli Xiaomi buat ngegame🀣. Iya semoga keluhanku dibaca oleh pihak Mi Shop

      Hapus
  20. selamat hapeee baruuu
    masalah makan itu emang ga enak, tapi mungkin karena lagi sepi pandemi? jadi lebih santai *eh. cuma kalau dilihat dari segi pelayanan sih emang bagus kalau di dalam atau di kantin makannya ya
    penggemar mi ya mbak, aku kemaren mau beli xiaomi cuma ga jadi xD.. enak kalau ada tempat lengkap bisa milih-milih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kan tempatnya ini toko mbak, ada lantai 2 dan belakang kasir juga lega kalo buat duduk sambil makan mah. 😌

      Hapus
  21. Baca artikel ini jadi inget content yang lagi viral di tiktook soal pelayanan di salah satu toko hp deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dia kan masuk ke gerai yg di mall, biasanya pintunya ga cuma satu ya mbak. Kalo aku masuk di toko offline satu pintu, kalau dicuekin berasa banget 🀣😁

      Hapus
  22. Hihihi, pengalaman belanja yang menarik ya... Semoga pihak mi shop ada yang membaca artikel ini dan membuat perbaikan pelayanan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin semoga dibaca ya Mbak, kan sayang aja brand udah punya fanbase sendiri tapi pas ke toko offline kok pelayanannya ala kadarnya.

      Hapus
  23. Aku juga pemakai xiaomi, aku suka mlesetin jd siomay haha
    Sekarang pakai versi pocophone dan puas banget.
    Wah ternyata ada ya gerai khusus jualan produk xiaomi malah baru tahu.
    Semoga pelayanannya makin bagus jg ya mbak berkat saran dan kritik seperti ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku jadi pengen Poco juga nih mbak April. Iya ada beberapa gerai khusu untuk penjualan Xiaomi di Jogja, seperti Mi Store dan Mi Shop.

      Amin semoga pelayanannya semakin baik, sebelum dirating rendah ama netijen di Google Maps. Wkwk

      Hapus
  24. Berharap tulisan ini dibaca sama bosnya counter Mi Shop itu. Bagaimanapun juga mutu pelayanan dan etika ketika ada customer harus dijaga. Kenapa ya sebagian besar karyawan penjualan gitu enggak 'memanjakan' customer, cenderung cuek dan kayak 'klo mau ya silakan beli' gitu deh. Hanya satu dua aja yang bener-bener kerja dan tak lelah menyapa calon pembeli. Eh malah sekalian curhat ini. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak semoga aja dibaca ya. Soalnya sayang banget kan brand udah punya fans sendiri terus pas ke toko offline pelayanan ala kadarnya gini bisa bikin fansnya jadi lari ke online atau malah pindah brand lain. Setuju mbak saya juga bingung kenapa karyawan penjualan kok sebagian kayak gitu, padahal tanpa customer mereka juga pusing kejar target penjualan ya.

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email