Grand Opening Mi Shop Jogja : Banyak Promo Menggiurkan, Tapi Pelayanan Ala Kadarnya

Tidak ada komentar

 

Ilustrasi belanja di Mi Shop
Edit by me using canva

Belanja itu kadang menjadi hal krusial buat sebagian orang. Kadang kita memilih berbelanja di suatu tempat bukan karena harganya aja, tapi pelayanannya juga jadi pertimbangan tersendiri. 

Mi Shop Jogja hadir di pertengahan Desember dengan banyak promo yang menggiurkan. Tetapi di balik promo tersebut, ada beberapa hal yang kadang ada yang menjadi perhatian lebih dari seorang customer. 

Keputusan Untuk Belanja di Mi Shop Jogja

Pagi itu udara terasa lebih dingin, rasanya ingin tarik selimut lagi tetapi alarm jam sudah berdering tiada henti. Cuaca di luar rumah belum begitu menyenangkan, langit masih kelabu walau rintik hujan tidak terlihat. di saat menghadapi pagi seperti itu, sejujurnya aku merindukan matahari. Soalnya tanpa matahari rasanya lebih gloomy

Didorong rasa penasaran dengan berapa suhu udara, ku ambil handphone diatas meja. Satu pesan masuk, tapi aku masih enggan membalasnya. Jari jemariku malah meluncur ke Instagram. 

Detik selanjutnya aku tercengang melihat postingan akun Mi Shop Indonesia. Promo yang dinanti-nanti pun tiba karena ada Grand Opening Mi Shop di Jakal tanggal 19 Desember 2020. Tanpa basa basi lagi, aku langsung meluncur ke instagramnya Mi Shop Jogja. 


Memantau Produk Xiaomi

Sebenarnya sejak Agustus aku udah sering kepoin instagramnya Xiaomi. Waktu itu dikarenakan ibu ingin membelikan hp baru, jadi aku harus memantau harga Xiaomi. Alasan memilihkan Xiaomi untuk orang tua tentunya karena lebih mudah dipakai dan harganya terjangkau. Apalagi aku dan suami sudah pakai Xiaomi sejak bertahun-tahun lalu, jadi rasanya sudah familiar aja sama fitur-fitur handphone Xiaomi. 


Pengalaman Pahit Masa Lalu

Berbekal pengalaman pahit di masa lalu saat meminang Xiaomi Redmi 6A, aku sering menyarankan orang terdekat untuk membeli produk Xiaomi di toko resmi. Soalnya dulu harga Redmi 6A yang aku dapatkan lebih mahal 200 ribu daripada harga di toko resmi. Nyesel plus Nyesek jadi satu! apalagi waktu itu nggak ada bonus dari tokonya, kan jadi tambah nyesek aja.

Nah sekarang aku lebih cermat untuk meminang (lagi) produk-produknya Xiaomi. Tidak hanya memantau harga dan spesifikasi lewat medos Xiaomi, tapi berbagai review di akun  youtube Pricebook dan blog juga jadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk beli produk dari Xiaomi.


I feel blessed, pas fee ngevlog udah turun, pas ada promo grand opening Mi Shop. 


Letak Mi Shop Jogja Strategis

Banyak promo di grand opening Mi Shop Jogja
Credit : IG Mi Shop Jogja


Awalnya aku pikir Mi Shop Jogja letaknya di Super Dazzle, atau minimal mepet-mepet di sekitar bangunan itu karena grand opening Mi Shop sempat diposting di instagram Super Dazzle. Selain itu salahku juga nggak baca alamat Mi Shop, padahal udah jelas tertera di bio Instagram. Hasilnya kemarin aku kebablasan sampai ke arah Super Dazzle. 

Jadi letak Mi Shop ini strategis banget yaitu di jalan Kaliurang km.5 CT III / No.8 Catur Tunggal, Depok, Sleman , Yogyakarta. Lebih tepatnya sih di sebelah utara MM UGM. 

Mi Shop bisa dijangkau pakai kendaraan umum seperti Transjoga. Untuk jalur 5A dan 3B malah bisa turun di halte seberang Mi Shop. Kalau dari arah sebaliknya yaitu jalur 3A bisa turun di halte Gading Mas Swalayan kemudian jalan kaki sedikit ke utara. Nah kalau kendaraan pribadi juga mudah dijangkau, cuma parkirnya mungkin yang jadi PR tersendiri ya. Kalau pakai ojek online tinggal turun di depan Mi Shop aja. Yang jelas Jakal km.5 itu selalu padat meskipun sekarang ini masa pandemi.


Harga Produk Xiaomi di Mi Shop Jogja

Untuk membeli produk Xiaomi bisa dilakukan secara online dan offline. Nah karena ekspedisi overload di akhir tahun, jadi beli produk Xiaomi secara offline bisa jadi pilihan meskipun ada selisih harga. Selain itu aku masih khawatir dengan pengemasan produk saat beli produk Xiaomi secara online, soalnya kerusakan produk karena ekspedisi nggak ada yang menjamin. 

Saat aku cek harga Redmi Note 9 secara online lewat akun Xiaomi Official di Shopee Mall dan aplikasi Mi Store, ternyata harganya lebih murah 100ribu dari harga offline. Tapi dengan pertimbangan eskpedisi yang lama dan beresiko, akhirnya aku memutuskan untuk beli secara offline aja di Mi Shop Jogja.


Banyak Promo di Mi Shop Jogja

Sebelum memutuskan untuk membeli Redmi Note 9 aku menanyakan beberapa hal kepada admin Instagram Mi Shop Jogja, seperti syarat dan ketentuan untuk mendapatkan bonus. Nah untuk pembelian Redmi Note 9 dapat bonus berupa powerbank 20.000 mAh, gift box dan fish bowl game (sejenis lucky draw gitu). 

Karena aku merasa tingkat ke-HOKI-an ku nggak bagus-bagus amat, jadi harapanku fish bowl gamenya jangan sampai dapat kertas kosong aja. Beruntung banget dari fish bowl game aku dapat kepala charger yang udah support fast charging 18Watt. Kalau isi gift box berupa kaos dan tumbler bertuliskan Xiaomi.

Redmi Note 9, produk smartphone dari Xiaomi yang aku beli di Mi Shop Jogja
Hasil belanja Redmi Note 9. Dokpri

Powerbank 20.000 mAh dari Xiaomi sebagai bonus pembelian smartphone
Bonusnya Powerbank 20.000 mAh. Dokpri

Kepala charger yang udah support fast charging, hasil fishbowl game
Hasil dari Fishbowl game, kepala charger yang udah support fast charging. Dokpri

Isi gift box akhir tahun Xiaomi
Gift box isinya tumbler dan kaos. Dokpri


Nah untuk promo selama masa grand opening ini promonya mulai dari pembelian smartphone sampai smart TV juga. Banjir promo ini dimulai dari tanggal 19 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.

Oh iya untuk pembayaran di Mi Shop Jogja saat ini hanya menerima cash dan beberapa kartu debit yang masih sangat terbatas. Jadi sebelum membeli sesuatu di Mi Shop Jogja, sebaiknya tanyakan dulu metode pembayaran yang bisa diterima lewat medsosnya Mi Shop ya. 


Pelayanan Mi Shop Jogja 

Bagian dalam Mi Shop Jogja
Bagian dalam Mi Shop Jogja.
Dok : IG Mi Shop Jogja


Nah soal pelayanan secara online, admin medsos Mi Shop Jogja itu responnya lumayan cepat. Soalnya aku tanya-tanya dulu sebelum beli Redmi Note 9 tuh pasti dijawab. Terus aku upload IG story juga direpost. Jadi merasa dapat apresiasi tersendiri aja dari Mi Shop Jogja. Soalnya kadang apresiasi tuh nggak harus dalam bentuk uang atau barang, direpost aja udah seneng kok.

Beberapa jam sebelum ke Mi Shop Jogja, aku baca rating di google maps tentang toko resmi Xiaomi di Jogja seperti Mi Store Hartono Mall dan Amplaz. Tujuannya apa? ya biar tidak kaget aja sama pelayanan offline. Bahkan ada komentar yang bilang kalau nggak jadi beli karena pelayanannya tidak ramah. 😱

Nah kalau Mi Shop Jogja kan belum ada ratingnya, tapi gambaran di benakku soal pelayanannya sih udah ada. Ya kira-kira nggak jauh beda sama Mi Store.

Perkiraanku ternyata nggak meleset, waktu menginjakkan kaki di Mi Shop tuh tidak ada basa basi ucapan seperti ini, “selamat datang di Mi Shop, ada yang bisa dibantu?”. Aku sih masih positif thinking aja, mungkin semua karyawannya lagi pada sibuk.

Terus untuk menemukan dami (replika untuk sample) Redmi Note 9 aku sempat salah pegang Redmi Note 9 pro. Dari kejadian itu baru karyawannya menanyakan mau mencari smartphone jenis apa. Nah karena dami Redmi Note 9 warna hijau sementara aku ingin lihat warna grey, karyawan yang menemaniku kemudian mengeluarkan Redmi Note 9 miliknya yang berwarna grey. “bagus kok mbak yang grey”, komentarnya. 

Aku tuh bukan dukun yang bisa nebak isi hati orang lain. Tetapi yang aku rasakan saat membeli Redmi Note 9 sejujurnya seperti beli permen di warung, pilih-bayar-selesai. Padahal kadang ada konsumen yang seneng diajak ngobrol waktu unboxing hp sama karyawannya. Misalnya seperti ditanya gini deh, “ tau grand opening Mi Store darimana Kak?”. Lagian waktu itu konsumen juga tidak sampai bejubel dan luber ke luar toko, jadi aku pikir karyawannya nggak terlalu sibuk untuk menyempatkan diri small talk sebentar dengan pembeli. Tidak semua pembeli itu perlu dijelaskan soal knowledge produk kok, kadang disapa aja udah seneng.

Daripada aku badmood dengan pelayanan yang ala kadarnya, aku memilih sibuk dengan si kecil yang udah seneng banget sama balon di atas meja. Aku ambil balon buat si kecil juga udah ijin dulu ke karyawan Mi Shop. 

Nah waktu duduk sama si kecil ini aku lihat sebuah pemandangan yang bikin mengernyitkan dahi. Aku nggak peduli dengan jabatannya (yang pasti bukan owner Xiaomi 😜) tapi kalau makan siang di meja yang sebenarnya diperuntukkan buat customer itu rasanya nggak etis aja. Sampai ada customer lain yang unboxing smartphone sambil berdiri gara-gara nggak ada tempat duduk. 

Saat akan meninggalkan toko, tidak lupa aku ucapan terima kasih kepada semua karyawan. Soalnya nggak ada yang bilang gini sih, "terima kasih sudah berbelanja di Mi Shop ya, ditunggu kedatangannya kembali " 🤣🤣🤣 *ketawa miris plus tepok jidat. 


Kesan Berbelanja di Mi Shop

Belanja Redmi kantongnya Pocophone
Belanja Redmi Note 9, kantongnya Pocophone kan jadi pengen isinya Poco juga 🤣. 
Dokpri


Aku sih seneng-seneng aja belanja di Mi Shop Jogja, soalnya udah percaya sama produk-produknya Xiaomi, apalagi ditambah banyak promo dan admin medsosnya responsif. Tapi alangkah lebih baik jika Mi Shop meningkatkan keramahan pelayanan di toko karena sebagian customer (salah satunya aku 😌) ada yang terkesan dengan pelayanan, yang ujung-ujungnya jadi setia sama brand. *cari yang setia itu susah lho 🤣🤣🤣

Sebagai mantan pelayan toko hp, aku bisa ngerasain gimana capeknya melayani customer. Tapi ya itu resiko yang harus ditanggung karena bekerja menjadi ujung tombak penjualan. Beruntung sekarang udah ada media sosial yang sangat membantu penjualan. Namun jika tidak dibarengi dengan pelayanan offline yang ramah, customer bisa pindah kemanapun dia suka. 

Terus kalau mau makan siang mbokya jangan di meja yang diperuntukkan buat customer. Kan masih bisa ngumpet di kasir atau di lantai dua. 🤣 Kelihatannya remeh ya, tapi itu nggak enak dipandang mata. Serius! 

Tidak ada komentar