Menjadi Bagian Keluarga Jempolan di Tengah Pandemi

Menjadi keluarga jempolan di tengah pandemi
dok and edit : canva

Menjadi bagian keluarga jempolan di tengah pandemi. Hidup di tengah pandemi memiliki banyak tantangan. Beruntung sekali Bloggercrony mendukung para blogger untuk menjadi keluarga jempolan lewat berbagai programnya.

Setiap memasuki tahun baru, kita biasanya sudah mempunyai daftar resolusi yang ingin dicapai. Namun pandemi yang datang di tahun 2020 membuat banyak resolusi harus ditunda demi memprioritaskan kesehatan.

Memasuki tahun 2021 harapan agar pandemi segera berakhir sepertinya masih jauh. Kasus positif Covid-19 di negara kita belum juga turun. Kadang ada rasa putus asa yang tiba-tiba datang menyergap, namun roda kehidupan harus terus berjalan. Kemampuan beradaptasi sangat diperlukan untuk menghadapi situasi sulit seperti sekarang ini.

Tantangan Selama Pandemi

Pandemi covid 19 membuat semuanya berubah
Dok : Pixabay

Menghadapi masa pandemi ternyata bukan tantangan yang mudah. Berbagai kebiasaan baru harus dijalankan demi melanjutkan hidup.

Sebagai ibu rumah tangga yang menjalani long distance marriage (LDM), tentu saja aku memiliki tantangan tersendiri selama pandemi. Selain tantangan jarak yang jauh, selama pandemi juga harus menahan diri untuk tidak bepergian jauh demi menahan laju virus. Apalagi terkadang kita sudah mematuhi protokol kesehatan, tetapi lingkungan tidak mendukung. Hal-hal seperti ini kadang membuat perasaan jadi down.

Menghadapi pandemi itu seperti perang yang tak berkesudahan, sementara serangan datang dari berbagai penjuru dan musuhnya adalah virus yang tidak terlihat oleh mata telanjang.

Solusi dari Berbagai Tantangan Selama Pandemi

Germas mulai digalakkan oleh pemerintah
dok : kemenkes

Menjaga Kesehatan

Virus covid-19 menyerang fisik manusia, oleh karena itu menjaga kesehatan selama pandemi sangat diharuskan. Menjaga kesehatan bisa dengan cara mematuhi protokol kesehatan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Selain itu kita juga perlu asupan makanan yang begizi, olahraga yang cukup dan menjaga kebersihan agar tetap sehat selama pandemi.

Mengelola Stress

Menjalani kehidupan pernikahan yang jauh dengan pasangan sebenarnya sudah cukup membuat stress. Apalagi ditambah masa pandemi dan memiliki balita bisa jadi stressnya jadi dobel-dobel. Oleh karena itu mengelola stress di masa seperti ini penting sekali. Jika dirasa perlu bantuan, sangat disarankan bertemu dengan  professional.

Awal pandemi melanda, tetangga yang jaraknya hanya 2 rumah terinfeksi virus Covid-19. Awal mendengar berita ini tentu saja rasanya stress, overthinking bahkan sampai jam tidur pun terganggu. Beruntung sekali suntikan semangat datang dari suami dan teman-teman blogger untuk terus menerapkan mindset sehat, supaya imun di dalam tubuh tidak terganggu.

Mencari Kesibukan

Selama masa pandemi, aku sering mencari kesibukan lewat kegiatan-kegiatan online di media sosial. Tujuannya selain menambah pengalaman baru, juga bisa menambah produktifitas sebagai blogger. Beruntung sekali aku tergabung dalam komunitas Bloggercrony yang secara aktif memberikan dukungan di masa pandemi.

BCC Mendukung Blogger Melewati Masa Pandemi

Bloggercrony wadah para blogger untuk tumbuh dan berkembang
Dok : website Bloggercrony

Bloggercrony adalah sebuah komunitas blogger multiplatform yang berbasis di Jakarta dan berdiri sejak tahun 2015. Bloggercrony mewadahi dan memfasilitasi blogger yang tergabung dalam BCC Squad untuk mengembangkan kualitas diri, membangun jejaring sekaligus bertumbuh dan memiliki kegiatan khusus agar menghasilkan tulisan yang berkualitas.

Selama masa pandemi, komunitas Bloggercrony Indonesia aktif memberikan informasi mengenai berbagai cara menghadapi pandemi di media sosial. Selain itu Bloggercrony juga memfasilitasi BCC Squad yang memiliki usaha untuk mengembangkan usahanya melalui program BloggerPreneur. Nah untuk program bentuk  aksi nyata sebagai agent of change difasilitasi komunitas lewat BloggerCare.

Menginjak usia yang ke 6 pada tahun ini, Bloggercrony mengadakan acara BloggerDay secara online yang bisa diikuti oleh para blogger di seluruh Indonesia.

Keseruan BloggerDay 2021

Keseruan blogger day 2021
Dok : Ibrahim Fawwaz, Bloggercrony

Di tengah suara kereta yang mulai memasuki stasiun Yogyakarta, aku menatap layar ponsel sambil mencoba masuk ke dalam ruang meeting virtual Blogger Day 2021. Rasanya sudah tidak sabar untuk mengikuti keseruan acara ulang tahun Bloggercrony yang ke 6 kali ini. Soalnya aku belum pernah ikut keseruan acara ulang tahun Bloggercrony Community. Keberuntung masih bersamaku, ojek online segera datang dan aku bisa sampai rumah lebih cepat dari perkiraan untuk mengikuti rangkaian acara ini.

Dalam acara virtual yang dihadiri oleh 100 BCC Squad, tema yang diambil adalah Keluarga Jempolan untuk BloggerDay 2021. Acara ini terselenggara berkat kerjasama Bloggercrony dengan Kitatama Event. Dipandu oleh host cantik Gita Siwi, acara berlangsung dari pukul 10.00 sampai pukul 17.30.

Pada pembukaan rangkaian acara Blogger Day 2021, Kang Idfi Pancani mengajak blogger yang hadir untuk melakukan virtual trip ke Amerika bersama seluruh anggota keluarga. Beberapa tempat yang dikunjungi adalah White House,patung Liberty, air terjun Niagara, akuarium Georgia, Universal Studio dan Disneyland.   

Acara selanjutnya adalah Blogger Hangout berupa webinar “Senja Kala” yang menghadirkan Kang Maman dan Shafiq Pontoh. Webinar ini membahas tentang bagaimana konter kreator harus bertahan dan tidak terbenam oleh waktu. Secara singkat ada lima poin yang perlu dicatat  agar konten kreator tetap eksis, diantaranya :

  • Memiliki etika dalam menulis
  • Mampu berpikir kritis bahwa semuanya beresiko
  • Memperkuat literasi
  • Mampu mengggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki
  • Tidak takut untuk berkolaborasi

Sementara itu webinar yang terakhir diisi oleh Ifa H Misbach dan Kania Safitri yang membahas tentang tantangan selama masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Selama ini aku sering mendengar para orang tua yang mengeluhkan tingkah anak-anaknya di masa pembelajaran jarak jauh. Tak terkecuali ibuku sendiri yang sering mengeluh soal adikku saat belajar dari rumah. Keluhannya sangat beragam mulai dari boros kuota yang tentunya berdampak pada pengeluaran keuangan keluarga, kemudian pelajaran yang tidak dipahami, kesulitan membagi waktu untuk mendampingi anak belajar dan sebagainya. 

Kerap kali hal ini membuat orang tua menyalahkan guru, padahal sebenarnya guru juga mempunyai tantangan tersendiri selama masa pembelajaran jarak jauh. Tantangannya itu diantaranya adalah ketersediaan waktu dan ketersediaan kuota internet untuk mengajar anak-anak. Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama yang baik antara orang tua dan guru untuk menyukseskan PJJ selama masa pandemi.

Foto bersama selesai acara blogger day 2021
Dok : Bloggercrony

Setelah selesai dengan berbagi materi yang sangat bermanfaat, Bloggercrony Community juga bagi-bagi hadiah kepada peserta yang beruntung. Berbagai hadiah ini berasal dari para BloggerPreneur yang mendukung terselenggaranya acara BloggerDay 2021. BloggerPreneur tersebut diantaranya @duorajistore, @katalensaku.photoworks, @aykoprojects, @anesacooking, @geraiaksesoris2, @ebigsoo_fashion_, @kitatama.id, @makarame, @resepdapurayah, @dapursesukahati,@hennahijab_collection, @asiboostertea, @sreenhandmade, dan @photo_coffe_

Salah satu pendukung acara Bloggerday 2021 adalah duoraji store
Dok : Bloggercrony


Tidak terasa acara BloggerDay 2021 sudah berakhir, namun berbagai ilmu yang dibagikan dari acara tersebut sangat terasa manfaatnya. Terima kasih Komunitas Bloggercrony Indonesia sudah memberiku kesempatan untuk menjadi bagian dari keluarga jempolan di tengah pandemi.

  



Niken Nawang Sari
Mom & Housewife, tinggal di Bekasi. Suka nulis tentang lifestyle, sejarah, beauty dan traveling. Kadang suka masak kalau lagi moodnya bagus dan penyuka kucing

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email