Belanja di Hypermart Bisa Lewat Tokopedia

Hypermart sekarang hadir di Tokopedia
Dok : Hypermart 


Belanja di Hypermart sekarang bisa lewat Tokopedia lho. Sekarang aku malah lebih sering belanja di Hypermart Cikarang lewat Tokopedia daripada langsung ke tokonya.

Sejak akhir tahun 2020 PT. Matahari Putra Prima Tbk sudah mengumumkan kolaborasinya dengan Tokopedia. Jadi kalau mau belanja produk- produk dari Hypermart sudah bisa dilakukan melalui Tokopedia. 

Di tengah situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang, belanja bulanan akan menjadi sebuah hal krusial. Di satu sisi kadang ingin belanja bulanan ke supermarket besar sambil jalan-jalan, tapi di sisi lain agak ngeri juga untuk mengunjungi tempat umum saat pandemi. Mengingat resiko besar ketika mengunjungi tempat umum, akhirnya belanja online menjadi andalan. 

Apalagi di masa PPKM yang terus diperpanjang entah sampai kapan, sepertinya mengandalkan penjualan secara online memang strategi terbaik yang dilakukan oleh Hypermart supaya tetap survive.

Pengalaman Belanja di Hypermart Lewat Tokopedia

Aku sudah lupa kapan pertama kali belanja di Hypermart lewat Tokopedia. Tetapi selama keluargaku melakukan isolasi mandiri, kehadiran Hypermart lewat Tokopedia sangat membantu. Mulai dari beli sembako, cemilan, kebutuhan rumah tangga, cairan desinfektan, dan sebagainya bisa langsung sampai rumah beberapa jam kemudian. 

Belanja di Hypermart melalui Tokopedia
kemarin aku belanja lagi di Hypermart lewat Tokopedia. Dokumen pribadi


Cara Belanja di Hypermart Lewat Tokopedia

  1. Buka akun Tokopedia, kemudian ketik Hypermart terdekat dari tempat tinggal. 
  2. Masuk halaman Hypermart, pilih barang yang akan dibeli dan masukkan ke dalam keranjang.
  3. Klik beli, cek kembali alamat tujuan, pilih pengiriman dan ketikkan kode promo jika ada
  4. Lanjut ke pilih metode pembayaran, pesanan akan otomatis dibatalkan jika tidak dibayar dalam waktu 1x24 jam
  5. Jika sudah dibayar maka akan ada update dari Tokopedia berupa konfirmasi dan selanjutnya barang akan diproses. Nah kalau barang sudah di pickup oleh driver, pergerakannya bisa dipantau melalui aplikasi Gojek atau klik tombol lacak.

Alasan Belanja di Hypermart Lewat Tokopedia

Promo

Promo Hypermart yang bertebaran di timeline memang terlihat menggiurkan. Tapi aku punya pengalaman kurang menyenangkan waktu pertama kali ke Hypermart Cikarang karena antriannya panjang. Akhirnya aku mencari cara supaya tetap dapat promo belanja di Hypermart tanpa keluar rumah, dan bisa sambil rebahan yaitu lewat Tokopedia.

Harga barang-barang yang sedang promo biasanya dapat dilihat di bagian depan halaman Hypermart yang ada di Tokopedia. Promo ini biasanya akan berubah menjelang weekend. Harga beberapa bahan pokok seperti minyak goreng dan beras biasanya menjadi incaran saat promo berlangsung. Selama belanja di Hypermart lewat Tokopedia, aku udah pernah dapat promo ABC manis 700ml hanya 10ribu rupiah.  

Screenshot belanjaan di Hypermart


Free Ongkir Pakai Gojek

Beruntung sekali jarak Hypermart dari rumah tidak terlalu jauh jadi bisa dapat FREE ONGKIR dengan belanja minimal hanya Rp 25.000 saja. Syarat dan Ketentuan FREE ONGKIR ini biasanya tergantung dari Tokopedia. 

Tapi sejak Tokopedia kolaborasi dengan Gojek, promo ongkos kirim semakin sering diberikan terutama. Sampai aku menuliskan pengalaman ini, untuk mendapatkan free ongkir maksimal 20ribu cukup ketik GOSEND sebelum checkout barang belanjaan dan pilih layanan pengiriman Gosend.

Banyak Pilihan Metode Pembayaran

Nah karena Hypermart sudah kolab dengan Tokopedia, maka metode pembayarannya banyak pilihan menyesuaikan dengan Tokopedia. Sampai saat ini aku sudah mencoba beberapa metode pembayaran seperti OVO, BRIVA dan LinkAja. 

Nah untuk OVO Points dan Toko Point juga bisa digunakan untuk menambah potongan harga saat belanja di Hypermart. Waktu itu aku pernah dapat cashback OVO Points (dari beli oven listrik melalui Tokopedia) yang bisa dipakai buat belanja di Hypermart. Lumayan banget kan? 


Kekurangan Belanja di Hypermart Lewat Tokopedia

Tidak Ada Konfirmasi Saat Barang Stoknya Kosong

Pertama kali agak bingung juga saat belanja banyak tetapi barangnya tidak lengkap. Hypermart tidak memberikan konfirmasi barang yang stoknya kosong. Jadi tau-tau terima barang dengan kondisi tidak lengkap namun tetap diberi struk retur.

Refund Dana di Tokopedia Agak Rumit

Proses refund yang agak rumit. 


Awalnya aku kira refund dana di Tokopedia cukup memberikan foto struk retur. Namun ternyata tidak semudah itu cara refund dana di Tokopedia jika barangnya dikirim sebagian. 

Ada beberapa lampiran bukti yang harus diberikan ke Tokopedia melalui Tokopedia care yaitu foto packingan awal barang, foto invoice/resi penerimaan, foto simulasi penempatan produk dan foto keseluruhan produk. Setelah itu baru Tokopedia akan memproses refund dengan estimasi waktu 2x24 jam. 

Promo Ongkir Bisa Berubah Sewaktu-waktu

Ya namanya juga hasil kolaborasi tergantung pihak mana yang bau bakar-bakar uang. Promo ongkir dari Gojek ini bisa berubah sewaktu-waktu. Kadang awal bulan masih ada, kadang juga nggak ada. Tapi kalau WIB biasanya ada promo potongan ongkir pakai Gosend entah mulai dari 5 ribu sampai 20 ribu. Kalau sekarang karena Dirgahayu RI ya promonya dari Gojek lumayan banyak. 

Kira-kira itu tadi pengalamanku belanja di Hypermart lewat Tokopedia. Buat aku kehadiran Hypermart di Tokopedia ini sangat membantu. Apalagi saat ini Hypermart Cikarang juga makin gercep melayani pelanggan yang berbelanja lewat Tokopedia, jadi sayang kalau sampai melewatkan diskon yang sedang berlangsung. 

Kalau teman-teman punya pengalaman belanja online di supermarket besar seperti Hypermart boleh banget cerita di kolom komentar ya.

Niken Nawang Sari
Mom & Housewife, sementara ini tinggal di planet Cikarang. Suka baca buku berbau sejarah dan nulis random. Kadang suka masak kalau lagi moodnya bagus dan sering didemo para kucing orens.

Related Posts

Posting Komentar