Pengalaman Belanja Online Lewat Sayurbox

 

Pengalaman Belanja Online Lewat Sayurbox
Edited by canva. Dokumen pribadi

Sejak pandemi jadi suka belanja online? Kalau jawabannya IYA, toss dulu yuk sama aku. Bahkan untuk sekedar belanja kebutuhan sehari-hari di masa PPKM seperti sekarang, aku pilih belanja secara online. Nah kali ini aku mau cerita pengalaman belanja online lewat Sayurbox.

Pengalaman Belanja Online di Sayurbox

Pengemasan Sayurbox menggunakan kardus karton tebal
Kemasan Sayurbox memakai kardus. Dokumen pribadi

Di awal pandemi aku sudah menceritakan pengalaman belanja kebutuhan pokok melalui Tani Hub. Nah waktu pindah ke wilayah Jabodetabek-- tepatnya ke planet Cikarang-- ternyata banyak aplikasi sejenis yang memberiku lebih banyak pilihan. 

Apalagi di awal Juni keluargaku melakukan isolasi mandiri, jadi adanya berbagai aplikasi belanja online terasa sangat membantu. Selain itu emang dasarnya aku suka penasaran untuk mencoba aplikasi belanja online sih. 

Terus ujung-ujungnya nanti membandingkan mana yang lebih worthed. Hehehe

Waktu ada promo PASAR KAGET, aku coba beli telur 10 butir seharga 8800 rupiah yang ternyata kualitasnya juga masih bagus. Enggak cuma telur sih, kemarin aku juga coba beli semangka yang beratnya 2.6 kg hanya16.500 dan Lemonilo kesukaan si kecil 1000 rupiah per bungkus. Tapi pembelian produk promo ini biasanya dibatasi ya, jadi tidak bisa diborong. 

Hasil berburu promo di Sayurbox


Apa Saja yang Dijual di Sayurbox?

Halaman utama Sayurbox yang berisi pilihan bahan kebutuhan segar sehari-hari
Tangkapan layar pada halaman utama Sayurbox


Pertanyaan ini melintas saat pertama kali aku memutuskan untuk download aplikasi Sayurbox. Awalnya aku kira Sayurbox hanya menyediakan sayur dan buah segar. Namun setelah download ternyata Sayurbox menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari. 

Mulai dari kebutuhan pokok, sayuran, buah-buahan, produk dairy, bumbu masak, dan cemilan baik lokal maupun import tersedia disini. Wah lengkap banget ya! 

Apalagi berbagai produk yang dijual juga disertai harga ecerannya, seperti Sayurbox menyediakan bawang putih dengan kemasan mulai dari 200 gram sampai 1kg.

Cara Belanja di Sayurbox

Pada halaman utama Sayurbox terdapat berbagai promo yang sedang berlangsung dan di bagian bawah promo terdapat penawaran spesial hari ini. Sebagai pengabdi promo biasanya aku pilih penawaran spesial hari ini dulu sebelum lanjut berbelanja barang yang dibutuhkan. 

Hasil belanja kebutuhan segar sehari-hari di Sayurbox
Belanjaan dari Sayurbox yang datang hari ini. Dokumen pribadi


Promo yang sedang berlangsung bisa berubah sewaktu-waktu dan stok barangnya juga tidak tentu. Tapi kalau belanja kebutuhan sehari-hari waktu promo biasanya sih lumayan daripada harus keluar rumah. 

Pokoknya pakai prinsip hemat hemat hemat 😁😁

Belanja di Sayurbox
Tangkapan layar sebelum cek out


Pilih Produk yang Akan Dibeli

Cara berbelanja di Sayurbox ini cukup mudah seperti pada aplikasi belanja online pada umumnya. Pertama tentu saja pilih produk yang akan dibeli. Untuk berbelanja di Sayurbox, ada beberapa istilah yang harus kita ketahui seperti harga kebon, konvensional, imperfect, lokal product, import dan hydroponic

Harga kebon adalah harga promo yang lumayan dibawah harga pasaran. Sudah beberapa kali aku beli buah seperti pisang dan apel fuji dengan harga kebon ternyata kualitasnya masih bagus meskipun promo. Sedangkan harga konvensional adalah harga pasaran produk pada umumnya. 

Buncis dan pisang imperfect, masih bisa dikonsumsi hanya bentuknya tidak sempurna
Mencoba beli buncis dan pisang imperfect. Dokumen pribadi

Imperfect merupakan kondisi sayuran atau buah-buahan yang tidak sempurna tapi masih layak dikonsumsi. Misalnya pisang yang sudah terlalu matang atau bawang Bombay yang kulitnya lepas. 

Untuk sayuran dan buah hydroponic, aku belum pernah membelinya jadi belum bisa cerita. Begitupun dengan produk lokal dan import, aku juga belum pernah membelinya.

Setelah proses pilih-pilih produk (yang bisa sambil rebahan, enggak repot kayak di pasar tentunya) ini selesai kemudian produk dimasukkan ke dalam keranjang belanja. Habis itu langsung klik tombol check out dan periksa kembali barang belanjaan. 


Pilih Kemasan Produk

Bawang yang dikemas menggunakan kertas
Beli bawang dikemas menggunakan kertas. Dokumen pribadi

Selanjutnya scroll ke bawah untuk memilih kemasan produk. Nah yang aku suka dari Sayurbox adalah aku bisa memilih “say no to plastic” jadi produk akan dikemas menggunakan kertas kemudian dimasukkan ke dalam kardus kokoh bertuliskan Sayurbox. Seperti kemarin aku beli bawang putih 200 gram dikemas menggunakan kertas berwarna coklat. 


Pilih Waktu Pengiriman

Pilih waktu pengiriman menjadi salah satu keunggulan Sayurbox dibanding aplikasi sejenis
Pilihan waktu pengiriman

Sayurbox juga memberikan pilihan untuk Waktu Pengiriman. Barang belanjaan akan dikirimkan pada keesokan harinya jadi tanggal dan area pengiriman tidak bisa diubah. 

Disini yang perlu diperhatikan adalah Sayurbox memberikan tiga pilihan waktu pengiriman yaitu slot pagi (06.00-09.00) dengan tambahan biaya wz sebesar 5000 rupiah, slot siang (10.00-14.00) dan slot sore (16.00-20.00). Jika ada catatan tertentu juga dapat dituliskan dalam kolom catatan kemudian lanjut cek out menuju halaman pembayaran.

Lanjut Ke Metode Pembayaran

Metode pembayaran yang disediakan oleh Sayurbox
Metode pembayaran

Pada halaman pembayaran, Sayurbox menyediakan berbagai metode pembayaran seperti OVO, Gopay, transfer bank dan tunai. Nah aku biasanya menggunakan transfer bank lewat BRI virtual account (BRIVA) tanpa tambahan biaya apapun. Pembayaran akan dikonfirmasi oleh Sayurbox melalui email dan belanjaan akan disiapkan. 

Pesanan Dikirim Keesokan Harinya

Email dari Sayurbox yang berisi pemberitahuan bahwa pesanan sedang dikirimkan
Email pemberitahuan barang sedang dikirim

Untuk pengiriman, Sayurbox mempercayakan pada Rara Delivery jadi tidak dikirim sendiri seperti Tani Hub. Sayurbox juga akan mengirimkan email yang berisi pemberitahuan bahwa barang belanjaan sudah dikirimkan. Sampai saat ini pengiriman Sayurbox selalu tepat waktu meskipun sedang masa PPKM.

Belanjaan Diterima

Belanjaan dari Sayurbox sudah diterima
Kalau belanjaan udah sampai rasanya ingin segera unboxing. Dokumen pribadi

Kemudian setelah belanjaan diterima, Sayurbox biasanya akan mengirim email pemberitahuan bahwa belanjaan sudah diterima. Setelah itu Sayurbox akan minta feedback melalui aplikasi dan kita akan mendapatkan poin.


Kelebihan dan Kekurangan Sayurbox

Sebuah aplikasi belanja online tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Kelebihan Sayurbox diantaranya, 

  1. Bisa pilih waktu pengiriman barang
  2. Kualitas barang yang diterima sesuai dengan deskripsi
  3. Memberikan harga promo seperti Harga Kebon yang lumayan bikin irit
  4. Ada batasan pembelian pada barang-barang promo
  5. FREE ONGKIR minimal belanja Rp 50.000 
  6. Bisa pilih pengemasan tanpa plastik
  7. Produk dikemas menggunakan kardus kokoh jadi aman selama dalam perjalanan.
  8. Manifest belanjaan disertakan dalam box

Kekurangan Sayurbox diantaranya, 

  1. Harga produk relatif mahal
  2. Produk promo dengan Harga Kebon sering cepat habis
  3. Stok produk tidak tentu, jadi biasanya aku beli gercep aja daripada kehabisan.

Kurang lebih seperti itu pengalamanku belanja online barang kebutuhan sehari-hari di Sayurbox. Sejauh ini aku merasa puas dengan kualitas dan layanan dari Sayurbox karena belum pernah complaint

Namun soal harga produk sepertinya akan membuatku berpikir ulang untuk berbelanja disini kecuali sedang ada promo yang lumayan bikin irit. 

Jadi, apakah teman-teman punya pengalaman yang sama seperti aku? Atau ingin mencoba belanja kebutuhan sehari-hari secara online juga? Cerita di kolom komentar ya. 


Cheers dari planet Cikarang ^_^



Niken Nawang Sari
Mom & Housewife, sementara ini tinggal di planet Cikarang. Suka baca buku berbau sejarah dan nulis random. Kadang suka masak kalau lagi moodnya bagus dan sering didemo para kucing orens.

Related Posts

Posting Komentar