3 Tempat Ngabuburit Asik di Cikarang

6 komentar

Berfoto di tempat Ngabuburit asik di Cikarang versiku.
Dokumen pribadi

3 Tempat ngabuburit asik di Cikarang. Ngabuburit sepertinya udah lekat banget sama bulan puasa. Sebelum masa pandemi, banyak tempat Ngabuburit asik yang bisa dikunjungi. Namun sejak pandemi, aku tuh mau keluar rumah aja mikir berkali-kali. Jadi kegiatan ngabuburit di bulan puasa menjadi kegiatan yang terlupakan. 

Apalagi sekarang aku sudah pindah ke Cikarang. Ya wis makin nggak tau lagi dimana tempat Ngabuburit asik. Lha wong mau keluar rumah aja udah mikir jalanan rusak dan pengendara motor ugal-ugalan pada jam-jam ngabuburit

Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yaitu ngalantung ngadagoan burit, artinya santai menunggu sore.

Sebelum memutuskan ngabuburit, biasanya aku mempertimbangkan setidaknya dua hal ini. 

  • Suasana Tempat Ngabuburit. Aku tuh termasuk orang yang paling malas untuk ke tempat ramai. Hasilnya kalau ngabuburit pasti cari tempat yang tidak terlalu ramai supaya kepala tidak pusing melihat kelakuan orang banyak. 
  • Ketersediaan Mushola dan Toilet yang Layak. Nah ini penting banget karena kalau ngabuburit biasanya aku sekalian bukber dan dilanjutkan sholat maghrib.Ya gimana lha wong waktu sholat maghrib itu pendek banget, kalau harus nunggu sholat di rumah keburu abis waktu maghribnya. 


3 Tempat Ngabuburit Asik di Cikarang

Seandainya aku boleh berangan-angan, sepertinya beberapa tempat dibawah ini bisa dijadikan tempat ngabuburit asik di Cikarang. 

Museum Bekasi

Museum Bekasi sepertinya cocok untuk ngabuburit
Museum Bekasi. Dokpri

Museum Bekasi atau yang sering dikenal dengan nama Gedung Juang Tambun letaknya tidak terlalu jauh dari Cikarang. Selama tinggal di Cikarang, aku baru menemukan museum Bekasi sebagai bangunan peninggalan kolonial yang masih kokoh berdiri di tengah modernisasi. 

Museum Bekasi bisa jadi alternatif tempat ngabuburit seandainya dibuka sore hari
Berfoto di bagian samping Museum Bekasi. Dokpri

Terus kalau misalnya beneran ada ngabuburit di museum Bekasi, apa nggak terasa horor? Menurutku sih nggak horor. Justru ngabuburit di museum Bekasi itu akan terasa menyenangkan. Semenyenangkan waktu aku ngabuburit di depan benteng Vredeburg, waktu aku masih tinggal di Jogja. 

Di museum Bekasi aku bisa memandangi kemegahan bangunan peninggalan masa kolonial yang masih kokoh berdiri diantara bangunan modern. Kemudian dilanjutkan melihat relief perjuangan para pahlawan bangsa yang sering membuatku membayangkan betapa berat perjuangan mereka.  

Salah satu kucing penghuni di museum Bekasi
Bayangin aja ngabuburit sambil ngasih makan kucing gendut dan lucu penunggu Museum Bekasi pasti seru. 

Terus kegiatan terakhir adalah ngasih makan para kucing dan ikan di depan museum, wah rasanya sangat menyenangkan. Tapi ini cuma bayangan aku aja, sampai sekarang aku tidak tau boleh atau enggaknya ngabuburit di depan museum Bekasi.

Pertimbangan lainnya seandainya musem Bekasi boleh dipakai buat ngabuburit adalah tersedianya mushola dan kamar mandi yang layak dan bersih. Musholanya tidak terlalu luas, namun bersih dan sangat layak untuk sholat. 

Seandainya halaman depan museum Bekasi dibuka untuk ngabuburit, para pengunjung harus bertanggungjawab dengan sampah masing-masing. Tapi kayaknya ini bakal susah banget deh 😅


Citywalk Lippo Cikarang

Sudut Citywalk Lippo yang ramah pejalan kaki, cocok untuk ngabuburit
Salah satu sudut Citywalk yang cocok untuk ngabuburit. Dokpri


Citywalk Lippo Cikarang letaknya tidak jauh dari Mall Lippo Cikarang. Namun Citywalk memiliki konsep outdooring mall, yang lebih ramah dengan konsep rekreasi keluarga. Mulai dari tempat makan, supermarket sampai tempat belanja tersedia di Citywalk. 

Selain itu kamar mandi dan mushola yang sesuai standar juga tersedia disini. Jadi kalau ngabuburit di Citywalk, lanjut buka puasa tuh nanti waktu magrib tidak perlu pusing mikirin mau sholat dimana. Tapi persiapkan isi dompet yang agak tebel ya untuk berbuka puasa disini karena harga makanannya standar Mall, bukan standar kaki lima. 😁


Living Plaza Jababeka

Pertama kali ke Living Plaza Jababeka tuh aku udah seneng sama konsep mallnya. Living Plaza yang terletak di jalan niaga raya Cikarang  utara ini menghadirkan konsep one stop shoping for home furnishing and lifestyle yang mengutamakan pelayanan  dan kemudahan bagi pengunjung. 

Living Plaza Jababeka punya public space yang cocok untuk ngabuburit
Living Plaza Jababeka punya public space yang cocok untuk ngabuburit. Dokpri


Living plaza cocok untuk ngabuburit karena menyediakan banyak tempat makan dan public space yang dapat digunakan untuk menonton live music. Jadi misalnya pas ngabuburit tuh isi dompetnya lagi mepet, ya kita masih bisa duduk-duduk disini. Apalagi ada Farmers market yang menyediakan camilan dan minuman dengan harga terjangkau. Tenang aja mode hemat saat ngabuburit pun bisa dilakukan. 

Oh iya untuk mushola dan toilet di Living plaza juga sesuai standar mall. Jadi aman buat yang mau ngabuburit dilanjutkan buka puasa dan sholat maghrib. 

Nah itu tadi beberapa tempat ngabuburit asik di Cikarang versiku yang mungkin bisa dijadikan referensi. Selera tempat ngabuburit setiap orang pasti berbeda-beda, jadi mungkin yang menurutku asik belum tentu menurut orang lain asik juga.

Oh iya aku tidak merekomendasikan Meikarta Central Park sebagai tempat ngabuburit karena sampai sekarang aku masih takut misuh-misuh saat menemukan kelakuan ajaib para pengunjungnya seperti yang sudah pernah aku ceritakan di instagram. 😅

Semoga ceritaku kali ini bermanfaat ya. Kalau teman-teman punya tempat ngabuburit asik, ditunggu ceritanya di kolom komentar. Salam dari planet Cikarang ☺

6 komentar

  1. Halo kak Niken. Wah sama dengan kakakku, tinggal di Lippo Cikarang. Tempatnya memang rapi dan asri sudaj kayak kota sendiri. Baru tahu ada musem di dekat Lippo, kalau main ke kakak mampir ke sana ah. Salam hangat kak Niken.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Museumnya nggak deket Lippo sih Kak, tapi di Tambun. Cuma seandainya museum Gedung Juang itu beneran dibuka buat ngabuburit, ya bakalan jd tempat ngabuburit favoritku hehe

      Hapus
  2. Hai kak Niken aku Dennise.Ngabuburit waktu yang ditunggu ya saat sedang berpuasa.Tempat-tempat yang disebutkan asyik tuh kak sambil nunggu bedug kita bisa lihat-lihat dulu.Seru ya
    Salam:Dennise Sihombing

    BalasHapus
  3. Halo Ka Niken, wah, seru nih baca artikelnya. Sebagai orang yang cuma pernah numpang melintas di Cikarang, artikel ini ngebantu banget kasih referensi tempat kunjungan di seputar Cikarang

    BalasHapus
  4. Museum bekasi masuk
    Cikarang? Baru tau krain tambun kwkw.. city walk pernah tuh nongkrong dsna gue mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud aku ga terlalu jauh dr Cikarang Kak museum Bekasi tuh, jadi bisa lah buat ngabuburit seandainya emang dibuka sore. Hehe maaf yah jd salah informasi

      Hapus