3 Tips Menjalankan Puasa Saat Pandemi

Tidak ada komentar
Menjalankan puasa saat pandemi itu banyak tantangannya
Dok : pixabay


Tidak terasa sudah tahun ketiga menjalankan ibadah puasa saat pandemi. Puasa ramadan yang sudah dilaksanakan sejak 3 April 2022  ini terasa berbeda meskipun pandemi belum berakhir. Suasana mencekam karena serangan virus Covid-19 sudah tidak separah di tahun pertama meskipun virus terus bermutasi.

 
Gambaran suasana mencekam saat pandemi di tahun pertama masih teringat dalam benakku. Saat itu aku masih tinggal di Jogja berdua dengan si kecil. Suasana di sekitar rumah sangat sepi setelah seorang warga yang dinyatakan positif COVID-19. Hanya terlihat petugas yang hilir mudik, menyemprotkan cairan desinfektan ke rumah warga tersebut.

Puasa saat pandemi ternyata masih berlanjut di tahun kedua. Serangan virus sangat masif namun suasana sudah tidak lagi mencekam seperti di tahun pertama. Mungkin warga sudah capek dengan keadaan yang tidak menentu.

Nah pada tahun ketiga pandemi, sepertinya kita sudah siap untuk hidup berdampingan dengan virus. Vaksinasi sudah mulai merata, bahkan booster vaksin pun sudah tersedia. Puasa saat pandemi di tahun ketiga ini sama sekali tidak mencekam seperti di tahun pertama pandemi.

3  Tips  Menjalankan Puasa Saat Pandemi


Agar puasa saat pandemi tetap lancar, yuk simak beberapa tips berikut ini.

Menerapkan Pola Makan Gizi Seimbang


Pola makan dengan gizi seimbang bertujuan untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh kita. Menurut Kementrian Kesehatan, ada sepuluh pedoman gizi seimbang yang harus dipahami. Salah satunya adalah perbanyak makan buah dan sayur.

Sejak melaksanakan puasa saat pandemi di tahun pertama, aku sudah mencoba menerapkan pola gizi seimbang di rumah. Waktu itu aku sangat takut jadi tidak bisa berbelanja buah dan sayur ke pasar. Untung saja tukang sayur masih menyediakan layanan antar ke rumah.

Di tahun ketiga, saat aku sudah pindah ke Cikarang, menjalankan puasa saat pandemi terasa lebih mudah. Selain karena suasana sudah tidak mencekam seperti di tahun pertama pandemi, berbelanja sayur dan buah juga terasa lebih mudah di Cikarang. Hal ini karena banyak pilihan aplikasi pertanian yang menjangkau area Cikarang.Sehat


Menerapkan Pola Hidup Sehat

Menurut artikel yang ditulis oleh Kompas ternyata puasa membawa dampak baik untuk tubuh kita. Tapi dengan catatan bahwa selama berpuasa kita sudah menerapkan pola hidup sehat.

Mengatur pola makan gizi seimbang sebenarnya merupakan salah satu bagian dari pola hidup sehat. Selain itu, melakukan aktivitas fisik saat berpuasa juga jadi bagian dari pola hidup sehat.

Namun karena masih masa pandemi, aktifitas fisik selama puasa biasanya aku lakukan di sekitar rumah saja. Soalnya aku adalah penyitas covid yang takut reinfeksi.

Selain itu aku juga mager banget sih untuk keluar rumah kalau nggak ada kepentingan. Jadi aktifitas fisiknya di rumah aja😅


Jangan Lupa Protokol Kesehatan

Nah ini yang penting banget dan tidak boleh diabaikan selama pandemi yaitu protokol kesehatan. Iklan layanan masyarakat tentang protokol kesehatan tuh udah tersebar di mana-mana. Tapi yang ngeyel nggak mau prokes ya banyak.😅

Menurutku penting banget untuk prokes selama berpuasa di tengah pandemi. Karena terkena virus covid ini tuh rasanya luar biasa loh. Aku udah pernah cerita rasanya kena si covid tahun lalu. 

Virus pintar yang luar biasa, sampai tidak kaget kalau virus ini terus bermutasi. Mulai dari varian Delta, omicron, deltacron bahkan mungkin besok jadi Unicron atau Megatron juga kita tidak tahu. 🤣 (efek kebanyakan nonton Transformers ini mah).

Belanja keluar rumah tetap harus menerapkan protokol kesehatan
Belanja ke supermarket tetap pakai masker.
Dokpri


Nah supaya ibadah puasanya tetep lancar di tengah pandemi, prokes wajib banget dilaksanakan. Meskipun udah vaksin, ya tetep aja wajib prokes karena prokes tuh buat diri kita sendiri. Sampai sekarang kalau keluar dari pagar rumah tuh aku tetap pakai masker dan saat mau masuk rumah harus cuci tangan dengan sabun. 

Dibilang lebay juga biarin, karena aku nggak mau kena covid lagi.


Puasa saat pandemi itu banyak tantangannya. Dari tahun pertama pandemi sampai tahun ketiga, tantangannya berbeda-beda.Tapi puasa bermanfaat untuk kesehatan asal dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat.

 
Semoga tips yang aku tuliskan diatas bermanfaat dan untuk teman-teman yang menjalankan ibadah puasa semoga puasanya lancar  Terima kasih sudah membaca dan komentarnya aku tunggu dibawah ini ya.

Tidak ada komentar