4 Tips Belanja Hemat di Cikarang

22 komentar
Tips belanja hemat di Cikarang
Tips belanja hemat salah satunya adalah cek harga sebelum membeli. 


4 Tips Belanja Hemat di Cikarang. Menjelang bulan Ramadhan biasanya harga kebutuhan pokok akan naik. Jadi ibu rumah tangga seperti aku harus bisa belanja hemat supaya pengeluaran rumah tangga tidak berantakan. Apalagi kalau tinggal di kawasan industri seperti Cikarang, harga bahan pokok naik sedikit saja bisa bikin efek domino, pengaruhnya jadi kemana-mana. 

Cikarang sebagai kawasan industri punya banyak keunikan. Selain jalan berlubang yang bisa buat kolam lele dan debu beterbangan seperti di planet Mars, keunikan lain yang bisa ditemukan di Cikarang adalah beberapa barang lebih mudah dan lebih murah didapatkan secara online daripada datang langsung ke tokonya. 

Hah kok bisa sih? Nggak tau, aku juga bingung kok sampai sekarang. 

Jika aku minta saran beli sebuah barang dimana, pasti beberapa teman yang sudah lama tinggal di Cikarang selalu bilang gini, " Coba cek harga dulu di Facebook atau beli online aja daripada ke tokonya. Soalnya disini lebih murah belanja online".  

4 Tips Belanja Hemat di Cikarang

Cek Harga Sebelum Membeli

Dulu waktu awal tinggal di Cikarang, aku sering belanja sayuran di warung langganan Kanjeng Papi. Setelah melihat cash flow keuangan bulanan, ternyata terasa lebih boros karena aku suka belanja tanpa tanya harga. Pokoknya pas udah dihitung secara manual tuh ya langsung bayar. Padahal itulah titik rawannya karena human error tinggi dan bisa salah hitung. 

Jadi sekarang kalau aku belanja sayuran harus tanya dulu harganya supaya nggak kaget waktu bayar.  Oh iya kalau belanja sayuran juga ternyata lebih murah secara kiloan loh. Kalo ecer tuh kerasa banget mahalnya. 

Bandingkan Harga Sebelum Membeli Barang

Sepertinya saran untuk membandingkan harga ini udah ada sejak jaman nenek moyang kita ya. πŸ˜‚ Soalnya dari kecil aku juga udah selalu dengerin saran ini dari ibu. Pokoknya sebelum belanja itu selalu bandingin harga dulu. Kadang selisih 500 rupiah pun bisa jadi sebuah pertimbangan buat beli barang tertentu. 

Membandingkan harga tuh sering banget aku lakukan sebelum belanja bulanan dan mingguan. Tujuannya pasti supaya kita bisa lebih hemat dong. Apalagi kalau ada diskon, wah pasti langsung pada gercep. 

Biasanya aku akan mencatat dulu barang yang akan dibeli, kemudian cek dan bandingkan harganya dulu melalui aplikasi belanja. Waktu Tani Hub masih melayani customer, aku biasanya menjadikan Tani Hub sebagai patokan HET (harga eceran tertinggi) bahan pokok. Jadi nanti tinggal dipilih aja mau belanja dimana yang harganya termurah. 

Tapi sekarang karena Tani Hub sudah tidak melayani pembelian bahan pokok untuk rumah tangga, jadi aku sering cek harga bahan pokok melalui grup jual beli di Facebook. 

Belanja secara DO (Drop Out) 

Nah karena aku tuh orangnya males tanya-tanya harga, jadi mendingan aku cari penjual di forum jual beli Facebook. Mulai dari penjual sayuran, buah, sampai lauk pun ada di grup jual beli. 

Belanja secara drop out terasa lebih hemat
Hasil belanja cabe rawit dari penjual di Forum jual beli. Harganya lebih murah dibandingkan dengan belanja eceran di warung sayuran. 


Hasil dari masuk grup jual beli tuh sekarang aku sering belanja tanpa harus keluar rumah. Jadi di Cikarang tuh modelnya para penjual yang akan mengantar belanjaan kita ke rumah. Istilah ini lebih dikenal dengan DO (Drop Out). Ya mirip-mirip lah sama COD (cash on delivery) . 

Bahkan beberapa penjual ini kebanyakan tidak memungut biaya antar, jadi terasa lebih hemat di sisi pembeli. 

Nah kekurangan belanja secara DO ini tuh metode pembayarannya terbatas. Para penjual kebanyakan hanya menerima pembayaran secara tunai saja. Jadi harus menyiapkan uang tunai saat memutuskan untuk belanja secara DO. 

Belanja Secara Online

Pilihan belanja hemat terakhir di Cikarang adalah belanja secara online. Beberapa barang yang receh-receh, bahan pokok, peralatan rumah tangga, sampai sparepart motor lebih mudah didapatkan secara online. 

Belanja online terasa lebih mudah dan murah
barang-barang receh seperti alat cukur lebih murah dibeli secara online. Dokpri


Pengalaman belanja shock breaker secara online ini tuh aku alami beberapa waktu yang lalu, saat shock breaker motor Kanjeng Papi minta diganti. Karena tidak punya rekomendasi tempat pembelian shock breaker dan tidak ada bengkel langganan, akhirnya beli shock breaker secara online aja di toko Astra  Otoparts. Dua hari kemudian shock breaker yang lumayan berat itu datang dengan selamat tanpa lecet sedikitpun. 

Beli shock breaker motor di marketplace ijo. 


Pengalaman lainnya waktu mau beli blender secara langsung ke gudang sebuah toko elektronik yang sudah jadi langganan kami di marketplace ijo. Waktu sampai disana ternyata gudang tidak melayani pembelian karena waktu itu bukan hari kerja. Tapi waktu dicoba order dari marketplace ijo, tetap dilayani dan blender sampai hari itu juga, plus bonus cashback yang lumayan. πŸ˜‚ Wah ini yang bikin aku nggak bisa move on dari belanja online. 


Belanja sayur dan buah secara online terasa lebih hemat
Belanja sayur dan buah secara online karena banyak promo.


Untuk belanja bahan pokok, sayuran dan buah pun aku pasti akan cek harga dulu secara online. Seperti kemarin, aku tuh dapat promo telur, bawang bombay, lemon dan jeruk di marketplace pertanian. Harga promo yang diberikan ini jauh lebih murah daripada belanja sendiri ke warung sayur. Jadi untuk belanja mingguan kali ini, aku pilih full secara online. 


Sebagai perantau yang belum lama tinggal di Cikarang, beberapa tips diatas sudah aku lakukan dan it work's very well buat keluarga kecilku. Semoga tips diatas memberikan sedikit manfaat untuk yang ingin belanja hemat di Cikarang ya.

Kalau teman-teman punya pengalaman yang sama mengenai tips belanja hemat, boleh banget menuliskannya di kolom komentar ya.Terima kasih sudah menyempatkan diri untuk membaca ceritaku. πŸ₯°


22 komentar

  1. Ko malah lebih murah online ya. Apa karena Cikarang identik dengan perumahan orang-orang kaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mungkin karena kalau belanja online kan nggak perlu bayar sewa gudang kak, jadi lebih murah. Kalau identik dengan perumahan orang kaya sih enggak, soalnya disini juga banyak yang perumahan bersubsidi untuk yang gajinya UMR kok.

      Hapus
  2. Oh kalau di Cikarang gitu ya. Lebih hrmat belanja kalau belanja onlinenya daripada langsung. Lucu juga ya hihihi πŸ˜‚. Ngomong ngomong aku belum pernah mba belanja di facebook. Belum berani soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teh, disini kalau ke tokonya justru lebih mahal. πŸ˜… Aku belanja di fb juga baru disini soalnya harganya emang jauh lebih murah daripada langsung ke tokonya sih.

      Hapus
  3. wahh baru tahu kalau belanja online lebih hemat daripada datang on the spot yaa,
    semua pasti lebih suka belanja online nih di Cikarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, tetangga disini juga lebih suka belanja online karena terasa lebih murah.

      Hapus
  4. Aku juga lebih suka blnja online sekarang ken..bandingin dulu, pasti iya. Buka warna orange dulu...bandingin sama ijo, setelah itu cari mana yang klo di check out paling muRah. Itu blm kelar...check outnya nunggu pas ada moment gratis ongkirπŸ˜‚

    Klo kebutuhan yang konsumsi sehari-hari, aku milih ke pasar tradisional. Sayuran, beras, lauk pauk. Nah..klo yang pabrikan, aku blnja ke toko2 grosir....

    Lumayan sih, dapat selisih harga

    BalasHapus
  5. Xixixi.. emak-emak banget ya mbak. Aku juga suka bandingin harga dulu sebelum belanja. Biasanya aku suka bandingin produk yang beda brand. Terutama diapers. Mana yang paling murah, itu yang aku ambil. Hehehe..

    BalasHapus
  6. Baru tau sekarang pembeli online diprioritaskan. Hehehe... Tapi saya ngalamin juga. Senangnya sekarang mending beli online aja hehehe

    BalasHapus
  7. Belanja online di jaman sekarang memang lebih nyaman dan hemat. Bukan hanya di Cikarang, di tempat saya, Purbalingga, belanja online lebih murah.

    Terus seringnya ada diskon pula. Kan seneng.

    BalasHapus
  8. hihi, ternyata paling hemat belanja online ya kalau di cikarang apalagi memang menghemat ongkos bensin dan jajan.

    BalasHapus
  9. Saya juga ngandelin DO sama belanja online. Soalnya kan sambil kerja jadi lebih praktis kalau tinggal dianter walau mungkin harus bayar lebih sedikit tapi tetap lebih hemat waktu.

    BalasHapus
  10. semua memang didorong untuk transaksi digital lewat belaja online

    BalasHapus
  11. Ah iya bandingkan harga lebih dulu, memang perlu. Karena kan lumayan juga misalnya selisih 5K ke atas, hihi

    BalasHapus
  12. nggak di Cikarang aja, sepertinya ini berlaku di semua tempat deh. Cuma berat di ongkir aja kalo beda pulau ya. Kalo masih pulau jawa asik banget belanja online tuh

    BalasHapus
  13. Betul bun, kalo belanja jangan asal beli dan bayar gitu aja, tapi harus cek dan ricek harga dulu

    BalasHapus
  14. sekarang memang kalau belanja online itu memudahkan banget yaa. sampai beli sayur juga bisa online. tapi aku kalau sayur lebih suka beli langsung sih sampai sekarang kecuali kalau sudah benar-benar nggak bisa ke pasar baru cari online deh

    BalasHapus
  15. Iyes, peringatan banget nih kalau belanja. Kadang ada tulisan promo, eh pas bayar normal harganya. Saya beberapa kali bersi tegang gara-gar ini. Saya protes karena masih tanggal promo juga.

    BalasHapus
  16. Pengalaman aku bangun rumah, emang tertolong banget sama zaman marketplace ini. Beneran sekarang jadi ga buta, bisa komparasi harga, terus ga ribet.

    BalasHapus
  17. wuaah belanja sayuran di facebook. aku gak terpikir lho, ternyata masih banyak ya di fb gitu.

    BalasHapus
  18. Kalau saya sendiri, soal tips belanja hemat yang paling ampuh memang membandingkan harga dulu mbak di beberapa tempat belanja. Memang jatuhnya akan lebih ribet tapi lumayan bisa menghemat budget.

    BalasHapus
  19. saya sekarang lebih suka belanja online karena hitungannya lebih murah dibanding belanja langsung. hemat tenaga dan tentu lebih aman karena gak ketemu banyak orang

    BalasHapus