5 Menu Buka Puasa Praktis, Jadi Andalan di Rumah

Tidak ada komentar
Menu buka puasa praktis biasanya jadi andalan para ibu selama ramadan.
Dok : Pixabay


Menu buka puasa praktis biasanya menjadi pilihan kita di bulan ramadan. Apalagi sebagai ibu yang kadang merasa bingung harus masak apa untuk berbuka puasa, maka menu buka puasa praktis ini bisa jadi andalan.

 
Biasanya kalau aku bingung mau masak apa untuk berbuka puasa, aku tuh langsung aja meluncur ke channel youtube beberapa chef andalan . Setelah itu, aku tinggal praktekin aja di rumah, dengan catatan selama bahan-bahanya masih ada.

5 Menu Buka Puasa Praktis yang Jadi Andalanku di Rumah


Yuk simak 5 menu buka puasa praktis yang jadi andalanku di rumah. 


Nasi Hainan Singapore


Pada awalnya aku sempat merasa rumit dengan menu nasi hainan. Tetapi setelah beberapa kali praktek, ternyata membuat nasi hainan ini terasa mudah dan praktis.

Kok bisa bilang gitu? Soalnya ayamnya nggak perlu direbus lama. Jadi ayamnya cukup dimasak bersama nasi dan saat nasinya matang, ayamnya juga ikut matang dengan sempurna tanpa alot.

 
Bumbu nasi hainan Singapore ini juga mudah ditemukan kok. Bumbu utamanya adalah kecap asin, saus tiram, merica, jahe, bawang putih dan daun bawang. Untuk resep lengkapnya, silahkan cek di channel youtube chef Devina Hermawan ya.

Saus tiram sebagai salah satu bumbu nasi hainan, menu buka puasa praktis selama bulan puasa
Saus tiram cap Panda, selalu jadi andalan saat masak nasi Hainan. Dokumen pribadi


Nasi Telur Kecap Ayong


Sebelum menemukan resep nasi telur kecap ayong, aku tidak terlalu suka dengan telur kecap. Soalnya telur kecap tuh kadang bumbunya tidak meresap ke dalam telur.

Saat pertama kali memasak Nasi telur ayong, menu buka puasa praktis
Telur kecap ayong jadi menu buka puasa praktis yang bisa diandalkan. Dokumen pribadi

Nah kebetulan sekali beberapa hari yang lalu aku menemukan resep nasi telur kecap ayong dari chef Ade Koerniawan yang praktis banget. Bumbu utamanya hanya daun bawang, kecap asin, kecap manis, merica, minyak wijen dan bawang putih.

 
Perpaduan bumbu utama yang memberikan rasa gurih manis dan wangi. Apalagi waktu disantap dengan nasi hangat, dijamin akan nambah lagi.
Resep lengkap dan cara membuat nasi telur kecap ayong ini ada di channel youtubenya chef Ade Koerniawan ya.

 

Sop Ayam


Sop Ayam ini pasti udah sering jadi andalan para ibu yang ingin menyajikan menu buka puasa praktis di bulan ramadan. Selain praktis, kandungan gizi sop ayam ini juga udah lumayan lengkap. Cara masak sop ayam juga tidak terasa rumit. Asalkan ayamnya sudah empuk, sayurannya bisa dimasukkan ke dalam panci kemudian diberi bumbu.

 
Biasanya aku akan merebus ayam dengan metode 5-30-7. Setelah itu masukkan sayuran mulai dari yang paling keras seperti wortel, kentang dan buncis. Selanjutnya tinggal dimasukkan bumbu berupa bawang putih geprek, garam, gula dan merica. Setelah itu tinggal masukkan irisan kubis dan daun bawang.


Capcay Sayuran


Untuk memasak capcay ini tuh praktis banget, tidak jauh beda dengan sop. Namun sayuran yang dipakai untuk masak capcay lebih variatif. Bahkan pada resep aslinya capcay ini bisa memakai 10 jenis sayuran.

 
Kalau aku biasanya pakai sayuran yang ada di rumah, yang penting warna sayurannya bermacam-macam supaya capcay sayur terlihat lebih menarik.
Selain itu dalam capcay sayur juga bisa ditambahkan sosis, bakso, telur dan ayam. 

Oh iya bumbu utamanya mirip sama sop yaitu bawang putih, merica dan garam. Kalau mau lebih terasa Chinese foodnya, aku sering mengganti garam dengan kecap asin cap angsa.

 

Mie/Bihun/Kwetiaw Goreng


Mie/bihun/kwetiaw goreng ini praktis banget buat menu buka puasa. Biasanya kalau udah mepet waktu berbuka, aku akan mengandalkan menu praktis ini karena bahan dan bumbunya selalu tersedia di rumah.

 
Kalau aku sih biasanya bikin mie/bihun/kwetiaw goreng ini pakai yang ala-ala Chinese food ya. Jadi bumbu andalanku adalah bawang bombay, bawang putih, kecap asin, dan merica. Kalau mau lebih enak lagi bisa ditambahkan sedikit minyak wijen sebelum mie goreng diangkat dari wajan. 

Oh iya, pada saat memasak harus menggunakan api besar agar wangi khas mie/bihun/kwetiaw goreng ini lebih keluar.


Nah itu tadi beberapa menu buka puasa praktis yang udah aku cobain selama di rumah. Selain praktis, menu diatas juga gampang banget untuk dicoba dengan catatan semakin sering mencoba, semakin terasa mudah untuk bikin menu buka puasa.  

Kalau teman-teman punya menu praktis apa nih untuk berbuka puasa hari ini? 

Tidak ada komentar