Impact Investing Amartha Untuk Pemberdayaan Perempuan

15 komentar

 

Impact investing dari Amartha untuk memberdayakan perempuan


Impact investing Amartha untuk pemberdayaan perempuan. Sebagai perusahaan pendanaan yang fokus pada pemberdayaan perempuan pelaku UMKM, Amartha juga mengajak generasi milenial untuk berinvestasi dengan prinsip impact investing.

Sebagai perempuan dengan orang tua yang memiliki usaha mikro atau UMKM, aku sedikit paham bagaimana susahnya mereka mencari pinjaman modal untuk melanjutkan usahanya. Apalagi sejak bapak pensiun, secara otomatis tongkat estafet untuk menggerakkan roda ekonomi keluarga berpindah ke tangan ibu. 

Toko kelontong yang tadinya hanya untuk sampingan, sekarang berubah jadi yang utama. Masak-masak yang tadinya hanya sekedar hobi, kini berubah menjadi usaha rumahan yang menghasilkan cuan.

Mengingat perkembangan usaha toko kelontong dan catering milik ibu yang mengalami pasang surut saat pandemi, aku sering memikirkan untuk mencari modal (berupa dana dan skill) agar usahanya semakin maju.

Mungkin diluar sana juga masih banyak para perempuan pelaku UMKM yang terkadang mengalami kendala modal untuk meneruskan usahanya.

 

Impact Investing di Amartha, Ikut Membantu Pemberdayaan Perempuan

Dua belas tahun bergerak di bidang fintech dan sudah terdaftar di OJK, Amartha  saat ini berfokus pada impact investing yang dapat membantu para perempuan pelaku UMKM. Sektor UMKM perdagangan ternyata mampu berkontribusi pada PDB Indonesia dan 64,5 % yang menjalankan usaha UMKM adalah perempuan.

Rezki selaku PR Amartha menjelaskan tentang Amartha
dokumen pribadi

Apa sih impact investing? Sudah pernah mendengar impact investing? Kalau belum pernah, yuk disimak dulu penjelasan Rezki Warni, AVP of Marketing dan PR Amartha. Jadi menurut Rezki,  impact investing adalah strategi investasi yang memberikan dampak positif bagi sekitarnya, tidak hanya untuk diri sendiri.

Jika mendanai usaha satu orang pelaku UMKM di Amartha, maka dampaknya akan sangat besar bagi pelaku usaha tersebut. Dampak ekonomi yang tercipta karena pendanaan di Amartha adalah 95.5% pelaku usaha dapat mememuhi kebutuhan dasar dan menyerap tenaga kerja perempuan juga. Kemudian salah satu dampak sosial yang ditimbulkan adalah perempuan pelaku usaha UMKM memiliki skill baru berupa pengelolaan keuangan untuk usahanya.

Tren impact investing ini juga dinilai lebih suistinable untuk para investor jika dibandingan dengan investasi tradisional.

Perbedaan Amartha Dengan Perusahaan Pendanaan Lainnya

1.      

suasana talkshow Amartha dan MBC
suasana saat acara talkshow.
dok : Mom Blogger Community

      Amartha fokus kepada perempuan pemilik UMKM. Jadi Amartha dikhususkan untuk peminjam perempuan yang memiliki usaha UMKM di pedesaan. Salah satu syarat melakukan pemimjaman dana di Amartha adalah dengan berkelompok terdiri dari 15-20 orang yang nantinya disebut majelis.Kemudian Amartha juga memperlakukan sistem tanggung renteng kepada majelis untuk mengurangi resiko gagal bayar. Jadi kalau ada satu anggota yang belum bisa membayar angsuran, maka majelis akan membayarkannya terlebih dahulu kemudian anggota tersebut akan mengganti uang majelis di lain waktu.

      Amartha memberikan training dan mentoring. Sebagai lembaga pendanaan yang sudah lama hadir di Indonesia, Amartha tidak serta merta hanya memberikan pinjaman modal saja. Namun Amartha juga memberikan training dan mentoring kepada pelaku usaha. Jadi perempuan pelaku usaha UMKM yang tergabung dalam majelis akan menerima pelatihan pada waktu-waktu tertentu untuk meningkatkan skill dan memajukan usahanya di kemudian hari.  

        Amartha memberikan literasi digital bagi perempuan pelaku usaha UMKM. Kalau sudah dapat pinjaman dana dan sudah punya skill yang mumpuni untuk memajukan usaha kecil, maka literasi digital juga sangat diperlukan di era saat ini. Oleh karena itu Amartha hadir untuk memberikan literasi digital kepada perempuan pelaku usaha UMKM agar dapat menjalankan usahanya selaras dengan perkembangan jaman.

Cara Melakukan Impact Investing di Amartha

halaman beranda aplikasi Amartha
screenshot homepage Amartha

Untuk milenial yang ingin melakukan impact investing di Amartha, caranya cukup mudah dan mulai dari Rp 100.000 saja kita sudah bisa melakukan investasi.

  1. Download aplikasi Amartha
  2. Persiapkan kartu identitas yang diperlukan
  3. Registrasi dengan ketik nama jelas, nomor hp, foto kartu identitas dan foto selfi bersama kartu identitas yang masih berlaku
  4.  Amartha akan melakukan verifikasi maksimal 1x 24 jam
  5. Jika verifikasi sudah berhasil, maka akan tampil halaman beranda yang ada kode referalnya. Nah kode ini bisa digunakan untuk mengajak teman berinvestasi di Amartha.
  6. Untuk melakukan investasi bisa langsung di klik bagian marketplace
  7. Pilih peminjam sesuai keinginan. Dalam aplikasi akan terlihat kredit score peminjam, usahakan pilih yang paling baik.
  8. Chek out dan lanjutkan pembayaran

 

Keuntungan Berinvestasi di Amartha

  • Amartha memberikan gratis asuransi jiwa bagi pendana (Lender), yang bisa menjamin sisa pokok dikembalikan 75% jika peminjam meninggal dunia
  • Amartha memiliki mitigasi resiko unggulan yaitu tanggung renteng sehingga mengurangi resiko gagal bayar dari peminjam
  • Amartha memberikan keuntungan sampai 15% per tahun kepada lender, yang cashflownya dihitung per minggu.

 Amartha Punya Money+ yang Menyajikan Informasi Terlengkap

Amartha juga memiliki majalah online yang bernama Money + yang menyajikan informasi terkini dan terlengkap. Berbagai topik seputar keuangan, gaya hidup, teknologi, karir, wirausaha dah cerita perempuan inspiratif juga dibahas dalam Money+ . Fitur di dalam Money + ada 2 macam yaitu Money+Quiz yang berhadiah menarik dan bisa diikuti oleh subscriber serta User Generated Content yang dapat menayangkan artikel/ opini kita. Beberapa keuntungan menulis artikel di Money+ yaitu komisi sampai 300ribu per artikel, wadah publikasi yang sudah kredibel dan berkesempatan mengikuti field trip gratis dari Amartha.


Mengingat kesulitan yang pernah dialami ibu atau mungkin perempuan pelaku UMKM di luar sana dalam hal permodalan, bergandengan tangan untuk maju bersama Amartha adalah solusinya. Jadi tunggu apalagi, Ayo Modalin UMKM dan berdayakan Perempuan Tangguh dengan bergabung Menjadi Amartha. 

Amartha membedayakan perempuan melalui Impact Investing
sesi foto bersama Momblogger Community dan Amartha.
dok : Momblogger Community









Referensi : 

https://blog.amartha.com/mengenal-tanggung-renteng-di-amartha/

https://blog.amartha.com/tips-raih-merdeka-finansial-dengan-investasi-p2p-lending/

15 komentar

  1. Peran UMKM dalam perekonomian cukup besar di era sekarang. Semoga makin banyak UMKM yang tumbuh dan berkembang bersama Amartha.

    BalasHapus
  2. Wah senang sekali ya sekarang kita bisa menjadi pendana dengan cara yang cukup mudah. Semoga ide dan dampak positifnya semakin nyata di masa depan terutama bagi UKM kecil agar dapat berkembang

    BalasHapus
  3. Keknya kisah kita sama Mbak... Setelah Papa pensiun tongkat estafetnya penggerak ekonomi keluarga berada di tangan Mama. Nah pas bnget ada Impact investing jadinya cukup mudah soal peminjaman dana buat membantu kesuksesan UMK ya...

    BalasHapus
  4. Salut ada organisasi yang fokus dukung perempuan dalam bisnis dan invetasi. BBiar semua perempuan melek jadi pebisnis dan investor.

    BalasHapus
  5. Mengembangkan usaha sambil dapat wawasan bisnis dan plusnya pula bisa sekaligus juga untuk berkontribusi mengirimkan tulisan, keren Amartha mewadahi itu semua untuk pemberdayaan perempuan

    BalasHapus
  6. Sudah pernah mendengar Amartha sejak lama, baru tau kalau amartha juga salah satu yg mendukung kemajuan UMKm, salut sih. Semua semakin melek UmKM

    BalasHapus
  7. Ternyata ada pendanaan khusus untuk umkm yang digerakkan perempuan ya. Banyak lho perempuan yang buka usaha rumahan, apalagi sejak pandemi dan banyak PHK. Tapi mereka memang sering kesulitan akses belajar dan permodalan.

    BalasHapus
  8. Menginspirasi bgt jika lembaga fintech menyalurkan dana nggak hanya untuk kepentingan seorang individu aja tp untuk impact investing sekitarnya. Apalagi ini aman dan dilindungi OJK. Semoga UMKM Indonesia makin maju dan banyak menyerap tenaga kerja untuk kesejahteraan bersama. :)

    BalasHapus
  9. Wah salut banget ada Amartha ini, aku baru tahu loh mbak, makasih informasinya, bagus banget ini mendukung pemberdayaan perempuan

    BalasHapus
  10. Wah baru tau ni tentang amartha amat sangat membantu perekonomian wanita Indonesia untuk terus maju dan berusaha melalui pendanaan UMKM

    BalasHapus
  11. Wah salut dengan program Impact Investing Amartha
    Membantu memberdayakan perempuan ya mbak
    Ini semacam kegiatan CSR nya ya

    BalasHapus
  12. Keren bgt! Saking banyaknya fintech yang hadir jaman skrg, UMKM jadi lebih mudah mendapatkan bantuan untuk berkembang.

    BalasHapus
  13. alhamdulillah ya semakin banyak perusahaan yang aware dengan program-program pemberdayaan perempuan. bikin perempuan tambah berani untuk berekspresi dan berkarya.

    BalasHapus
  14. Karena Salah satu syarat melakukan pemimjaman dana di Amartha adalah dengan berkelompok terdiri dari 15-20 orang, jadi secara resiko lebih aman ni yah kak untuk kreditur dan debitur nantinya.

    BalasHapus
  15. Perempuan memang harus berdaya kak kalau mau mendapatkan hasil terbaik karena dengan begitu perempuan bisa mendapatkan hasil terbaik dalam hidupnya

    BalasHapus