Cara Mudah Beli Tiket KRL pakai Gojek

Tidak ada komentar

 

cara beli tiket krl pakai gojek terasa lebih mudah dan praktis
foto : jawapos.com

Cara beli tiket KRL pakai Gojek terasa lebih mudah dan praktis. Cara membeli tiket KRL melalui fitur Go Transit baru saja resmi dirilis di akhir Juni 2022. Dengan adanya fitur Go Transit, pengguna KRL Commuter line dapat membeli tiket dengan lebih mudah dan praktis tanpa menggunakan kartu. 

Walaupun aku bukan pengguna KRL setiap hari, kemudahan ini tentu saja patut diapresiasi. Beberapa waktu yang lalu aku membeli tiket KRL menggunakan fitur Go Transit dari Gojek. Didorong oleh rasa penasaran untuk mencoba fitur Go Transit, akhirnya jadilah pengalaman seperti yang aku tuliskan disini.

Sebenarnya di rumah aku punya beberapa kartu e-money, tetapi karena menggunakan kartu terasa ribet jadi aku memilih beli tiket KRL pakai Go Transit. Apalagi jarak rumah ke stasiun terdekat sekitar 17km, kalau belum pegang tiket KRL dari rumah khawatir takut kehabisan. 

Ada berbagai cara beli tiket KRL Jabodetabek 2022, tapi menurutku yang paling mudah dan praktis menggunakan Go Transit. Jika pada kartu e-money hanya dapat digunakan oleh satu penumpang dengan minimal saldo sebesar 5000 rupiah, nah pada layanan Go Transit ini sangat berbeda. 

Dalam satu akun gojek, kita bisa membeli tiket KRL untuk beberapa orang sekaligus alias rombongan. Menurut berita yang ditulis oleh cerdas belanja, pembelian tiket KRL melalui fitur Go Transit memungkinkan pengguna untuk membeli sampai 10 tiket.

 

Cara Beli Tiket KRL pakai Gojek

Masuk ke akun Gojek 

halaman utama aplikasi gojek


Pilih fitur Go Transit dan klik beli tiket KRL/ Commuter Line

halaman fitur go transit pada aplikasi gojek


Ketik Stasiun Keberangkatan dan Tujuan, kemudian bayar menggunakan Gopay atau LinkAja. Karena aku tidak punya saldo Gopay, jadi kemarin aku bayarnya pakai LinkAja. 

pembayaran tiket KRL bisa menggunakan Gopay dan LinkAja


Pengguna akan mendapatkan QR Code pada halaman fitur Go Transit. Nah QR Code ini nanti di scan di pintu masuk dan keluar stasiun. Nah kalau mau nambah beli tiket KRL tinggal klik Buy More dan ulangi step-stepnya dari awal.

tiket KRL yang sudah dibeli akan terlihat pada fitur Go Transit


 

Kelebihan Beli Tiket KRL pakai Gojek

Lebih Mudah dan Praktis

Seperti yang sudah aku ceritakan sebelumnya, membeli tiket KRL pakai gojek ini lebih praktis karena tidak perlu membawa berbagai macam kartu. Selain itu, pembayaran tiket KRL lewat aplikasi Gojek bisa menggunakan Gopay dan LinkAja. Nah aku pilih menggunakan LinkAja karena biaya top up LinkAja  dari bank plat merah masih gratis. Jadi lumayan hemat 1000 rupiah daripada top up Gopay.

Bisa Beli Untuk Rombongan

Bepergian menggunakan KRL bersama -sama akan terasa lebih praktis kalau tiketnya dipegang oleh satu orang. Nah sekarang beli tiket KRL untuk rombongan juga sudah bisa menggunakan Gojek. Misalnya kalau dari Cikarang mau ke Citayam Fashion Week bareng-bareng, tiap orang tidak perlu pegang kartu e-money lagi. Tetapi cukup dikoordinasi oleh satu orang, yang bisa membeli beberapa tiket KRL sekaligus lewat aplikasi Gojek.  

Harga Tiket KRL Langsung Terlihat

Untuk membeli tiket KRL pakai Gojek setauku sampai sekarang tidak ada syarat minimal saldo, karena setiap mengetik stasiun keberangkatan dan tujuan akan langsung keluar tarifnya. Kemarin aku berangkat dari stasiun Cikarang ke stasiun Sudirman harga tiketnya hanya sebesar Rp 5000 per orang. Kemudian tiket KRL ini berlaku selama satu hari, tidak ada batasan harus naik KRL yang jam sekian pokoknya asal naik KRL di hari yang sama dengan kita membeli tiket. Tetapi berangkatnya harus sesuai dengan stasiun yang sudah tercantum pada tiket KRL ya.

Kekurangan Beli Tiket KRL Pakai Gojek

Kekurangan membeli tiket KRL pakai gojek untuk rombongan diperlukan ketelitian dan kesabaran ekstra. Saat membeli tiket untuk rombongan tuh kan belinya harus satu per satu, tidak bisa langsung beli 3 sekaligus seperti membeli tiket MRT. Kemudian saat akan masuk ke stasiun keberangkatan dan keluar di stasiun tujuan juga scan tiketnya satu per satu.  

 

Membeli Tiket KRL Jadi Mudah dan Praktis dengan Go Transit dari Gojek

suasana di peron stasiun Cikarang
suasana di stasiun Cikarang, terlihat beberapa gate untuk scan QR Code KRL.
dokumen pribadi


Beli tiket KRL kini semakin mudah dengan adanya fitur Go Transit pada aplikasi Gojek. Terbosan ini menurutku patut diapresiasi karena sangat membantu untuk yang ingin bepergian naik KRL dengan lebih praktis. Untuk metode pembayaran  tiket KRL, Gojek memberikan dua pilihan yaitu melalui Gopay dan LinkAja. Kemudian untuk tarif tiket KRL dihitung dari tempat asal dan tujuan, jadi tidak memotong saldo dengan tarif terjauh.

Selain itu, pengguna KRL juga bisa membeli tiket KRL untuk rombongan  dalam satu akun gojek. Jadi tidak perlu repot menyiapkan kartu satu per satu saat akan naik KRL. Namun sebaiknya teliti saat membeli tiket rombongan karena tiketnya "beneran” dibeli satu per satu, tidak bisa beberapa sekaligus seperti membeli tiket MRT.

Apakah teman-teman sudah mencoba beli tiket KRL pakai aplikasi Gojek? Aku tunggu ceritanya di kolom komentar ya.

Tidak ada komentar