Cara Merawat Motor Matic Tahan Lama

12 komentar

 

dok : Tribunnews.com

Motor matic saat ini menjadi favorit bagi banyak orang, baik di desa maupun di kota besar. Walaupun awalnya hanya ditujukan untuk perempuan, tapi sekarang juga banyak laki-laki yang menggunakan motor matic. Kemudahan mengendarai motor matic sepertinya menjadi pertimbangan, tinggal main gas dan rem saja motor sudah dapat melaju di jalan raya.

Setelah membaca beberapa artikel dan berdiskusi dengan suami yang paham tentang motor, ternyata perawatan motor matic tidak serumit yang aku bayangkan. Perawatan motor secara berkala atau servis motor tentunya tidak boleh terlewatkan, supaya motor matic tahan lama.

Bagian yang Wajib dicek Saat Servis Motor

Beberapa bagian berikut fungsinya sangat penting bagi motor matic jadi wajib dicek saat dilakukan servis, yaitu :

Oli Mesin

Setelah motor matic menempuh jarak tertentu, servis wajib yang dilakukan adalah mengganti oli mesin. Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin dari gesekan piston. Biasanya pabrikan memberikan rekomendasi ganti oli mesin setiap kendaraan menempuh jarak 2500 km. Biaya yang perlu dipersiapkan untuk mengganti oli mesin adalah biaya pembelian oli dan biaya jasa mekanik.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi sampai 5000km/2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi yaw ajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Oli Gardan (Oli Matic)

Nah oli gardan atau yang lebih banyak dikenal dengan nama oli matic wajib dicek saat servis motor matic. Oli gardan digunakan untuk melumasi gear pada CVT (Continously Variable Transmition). Kalau Oli gardan tidak diganti, suara mesin akan berisik karena gear akan bergesekan. Rumus penggantian oli motor matic adalah 2x oli mesin, atau kalau dihitung jarak ya sekitar 8000km harus sudah ganti oli gardan.

Busi

Busi menjadi bagian penting yang harus dicek oleh mekanik saat servis rutin motor matic. Fungsi busi adalah mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api, agar mesin menyala. Kalau businya kotor, motor akan sulit dinyalakan.

Kampas Rem

Jika kampas remnya sudah tipis untuk melakukan pengereman saat berkendara pun tidak maksimal alias kurang pakem, bahkan bisa saja menyebabkan terjadi kecelakaan. Oleh karena itu mengecek kampas rem sangat wajib dilakukan saat servis motor matic.

Filter Udara

Filter udara pada motor matic berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran, agar kotoran tidak ikut masuk. Jika filter udara kotor, biasanya akan terjadi penyumbatan pada karburator dan system injeksi. Mekanik wajib mengecek filter udara sebelum memutuskan untuk dibersihkan atau diganti.

Aki (Accu)

Aki motor adalah komponen penting yang berfungsi untuk menyimpan daya dalam system kelistrikan motor. Tegangan listrik pada aki motor saat mesin mati adalah 12,3 -12,6 Volt. Namun saat mesin menyala, tegangan aki berubah menjadi 13,7-14,2 Volt. Jika tegangan aki tidak sesuai, ada kemungkinan aki bermasalah seperti  terjadi kebocoran atau terminal karat. Disini mekanik harus cek keadaan aki secara detail. Aki yang sudah tidak layak pakai tentu akan menghambat kerja mesin pada motor matic seperti tidak bisa distarter.

Ban

Sebelum menggunakan motor untuk bepergian, sebaiknya mengecek kondisi ban terlebih dahulu. Nah pada saat servis motor, mekanik juga akan mengecek kondisi ban seperti tekanan udara pada ban, cek fisik ban (bannya gundul atau tidak) dan sebagainya.

Tune Up

Tune up adalah pengecekan keseluruhan komponen kendaraan bermotor yang berhubungan dengan performa motor. Ya ada yang bilang istilahnya motornya disalon dulu. Pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan karburator, tekanan ban, spion, rantai, rem dan klakson.

Kadang saat tune up ini juga dibarengi dengan ganti oli mesin, ganti oli matic dan ganti sparepart lainnya. Tapi tentu saja mekanik akan memberikan infromasi terelebih dahulu sebelum dilakukan perbaikan pada motor matic kita. Kalau setuju, baru akan dikerjakan perbaikan tersebut.

 

Menemukan Bengkel Servis Motor Terbaik

servis motor matic. dok : Planet Ban

Setelah mengetahui berbagai komponen yang harus dicek saat servis motor, sekarang tinggal memilih bengkel motor terbaik. Biasanya jarak bengkel ke tempat tinggal juga menjadi catatan tersendiri bagi keluargaku. Kalau bisa nggak usah jauh-jauh dari rumah, supaya waktunya nggak habis dijalan.

Beruntung sekali tidak jauh dari rumah sudah Planet Ban, bengkel motor yang menghadirkan servis motor rasa baru atau dikenal dengan servis motor terpadu. Servis motor terpadu bertujuan untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor secara cepat dan hemat. Wah cocok banget nih dengan prinsip hemat di keluargaku.

Keunggulan servis motor di Planet Ban diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Memakai oli dan cairan khusus berteknologi tinggi yang dapat meningkatkan performa motor sehingga mesin motor awet dan tahan lama.
  2. Menggunakan sparepart ori sehingga motor terasa lebih enteng tarikannya, nyaman, mesin lebih dingin, seperti menggunakan motor baru.
  3. Biaya servis motor terasa lebih hemat karena penggantian oli setiap 5000 km saja atau 4-6 bulan sekali.
  4. Ikut serta menjaga lingkungan dengan mengurangi emisi saat motor diservis rutin sehingga mesin berkerja dengan baik.

Perbedaan Service Motor di Planet Ban dengan di Tempat Lain

Setidaknya ada dua alasan Planet Ban menjadi pilihan utama untuk servis motor matic yaitu lokasinya yang strategis dan pelayanannya yang bagus sehingga mesin motor terasa seperti baru.

Servis motor di Planet ban sangat mengutamakan kualitas, semua komponen sepeda motor dicek dengan teliti dan cermat. Seluruh bagian mesin akan akan dibersihkan supaya terasa seperti mesin baru. Kepala silinder, blok CVT, Klep mesin, throtlle body dibersihkan dari sisa-sisa pembakaran jadi kelihatan seperti baru.

Nah hasilnya tarikan motor terasa lebih enteng, emisi turun sampai 70%, bisa hemat bbm dan mesin lebih bersih. Tidak hanya itu saja, ternyata biaya servis motor di Planet Ban juga sangat terjangkau loh. Untuk biaya servis motor injeksi Rp 20.000, servis CVT dan rantai hanya Rp 19.500 serta servis throttle body Rp 20.000 saja. 

Kesimpulan

Motor merupakan kendaraan yang wajib banget dirawat supaya bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Cara merawat motor matic supaya tahan lama sebenarnya tidak rumit. Servis rutin seperti ganti oli mesin dan ganti oli gardan menjadi salah satu cara untuk merawat motor matic supaya tetap nyaman dikendarai.

Sekarang untuk servis motor pun sudah ada Planet Ban yang memberikan layanan servis motor rasa baru. Harga servisnya terjangkau banget di kantong, pelayanannya optimal dan motor matic pun  bisa tahan lama usia pakainya.

12 komentar

  1. Banyak yg perlu dirawat ya mbak agar motor matic awet ... tambah pengetahuan pas servis bisasekalian ngecek

    BalasHapus
  2. Wah relate banget sama aku nih yang cuman bisa pakai motor tanpa tahu tentang service-nya, haha. Sampai motor matic aku nggak bisa dinyalakan otomatis karena mesinnya rusak, motor jarang dipakai dan nggak di rawat huhu. Baca ini jadi tahu apa yang harus dilakukan. Service di Planet Ban emang memuaskan sih pelayanannya, dari dulu terkenal bagus.

    BalasHapus
  3. Bener lo, Planet Ban itu mudah ditemukan, kadang di satu kecamatan aja ada beberapa outletnya jadi memudahkan pelanggan yang akan service motornya, lengkap pula layanan yang disediakan di Planet Ban

    BalasHapus
  4. Samaan, aku jg pake motor matic. Meski cewek tapi tetep kudu ngerti motor minimal basicnya biar gak kagok sama motor sendiri kalau kenapa-napa. Lengkap banget ya urusan servis di Planet Ban mbak

    BalasHapus
  5. Kisah saya bersama motor matic kesayangan cuma berlangsung selama dua tahun, Mbak. Lagi sayang-sayangnya malah digondol maling. Dulu saya rutin bawa ke bengkel. Memang jadinya ke motornya tuh enakeun.

    BalasHapus
  6. keponakan ada tuh motor matic, tiap berapa bulan sekali dicek.Maklum dipakai terus tiap hari jadi harus ready

    BalasHapus
  7. Biasanya yang kurang diperhatikan tuh oli gardan, karena kadang disamakan dengan oli mesin. Untungnya klo di Planet Ban diingatkan oleh mekaniknya

    BalasHapus
  8. Sebagai salah satu pengguna motor matic, setuju nih sama semua tips dan informasi di artikel ini. Gak cuma sekedar ganti oli doang, tapi ada hal lainnya demi keselamatan berkendaara di jalan raya.

    BalasHapus
  9. Motor matic memang wajib servis dengan rajin ya. Biar lancar terus dipakai. Kalo enggak, suka mati sendiri mesinnya kayak punya suamiku. Besok aku kasih tahu suami biar servis di Planet Ban aja.

    BalasHapus
  10. Aku paling suka servis CVT di planet ban jga mbak. Tapi bulan ini nggak dulu, soalnya rusaknya sepedaku aku lumayan parah harus ganti 4 klaker. Harganya lumayan mehong mbak

    BalasHapus
  11. Ganti oli ini penting banget untuk motor, terlebih matic. Apalagi soal akinya, harus sering dicek sih. Untung ada planet ban ya yang siap bantu pastikan matic kita selalu melaju kencang, mbeerr.

    BalasHapus
  12. Dulu aku mengira kalau planet ban ini cuman bisa servis ban aja
    ternyata bisa servis parts yang lain juga
    aku pernah coba ganti ban dalam di planet ban, dan pekerjaannya termasuk cepet juga, padahal yang ngerjain masih seumuran anak sekolah atau anak magang kayaknya. Hasil kerjanya juga bagus

    BalasHapus