Review YOU Simplicity, Make Up Cantik yang Ramah di Kantong

Tidak ada komentar

 

Simplicity by YOU, make up cantik nan ekonomis
YOU Simplicity, make up cantik yang ramah di kantong. Dokumen pribadi

Review YOU Simplicity, make up cantik yang ramah di kantong. Menggunakan make up saat ini bukanlah sesuatu yang aneh. Bahkan make up menjadi sebuah kebutuhan untuk menunjang penampilan untuk kaum wanita. Namun seringkali yang jadi masalah adalah ketahanan make up dan harganya.

Sekitar sebulan yang lalu, aku masih disibukkan dengan mencari make up yang simple, ramah di kantong dan tahan lama. Waktu itu aku memang akan bepergian ke luar kota, jadi barang bawaanya harus seminimal mungkin, termasuk make up harus bawa yang simple aja.

 
Setelah membaca review di berbagai media sosial, akhirnya aku memutuskan untuk menggunakan rangkaian produk dari YOU Simplicity series. Rangkaian produk Simplicity dari YOU dikemas dengan warna soft pink yang menarik dan ukurannya relatif kecil, jadi tidak makan tempat saat dimasukkan ke dalam pouch make up. Selain itu, buat aku yang paling penting adalah harganya terjangkau alias ramah di kantong. Nah berikut ini adalah beberapa produk YOU Simplicity yang setia menemaniku keluar kota.

 

Rangkaian produk YOU Simplicity yang Cantik dan Ekonomis


Simplicity Flawless Compact Powder


Compact Powder yang coveragenya lumayan banget buat aktifitas seharian.
Simplicity Flawless Compact Powder. Dokumen pribadi


Memiliki kulit kombinasi tuh agak sedikit tricky, apalagi kalau mau bawa bedak untuk bepergian.  Beruntung banget karena aku bertemu dengan Simplicity Flawless Compact Powder dari YOU karena bisa diandalkan saat traveling. Kemasan compact powder didominasi warna soft pink yang simple, kemudian di dalamnya sudah dilengkapi dengan kaca dan puff bedak yang empuk.

 
Compact powder ini mampu meratakan warna kulit dan membuat kulit menjadi lebih lembut karena punya 3 special ingredients, yaitu :

  1. 4D Hyaluronic Acid  yang berfungsi untuk melembutkan dan menghidrasi kulit.
  2. Witch Hazel Extract yang merupakan anti inflamasi dan bisa digunakan untuk mengontrol minyak di wajah (sebum control) .
  3. Peach Blossom Extract yang mengandung Pholypenol dan Flavonoid (merupakan anti oksidan) serta dapat mencerahkan kulit wajah.

Untuk penggunaan Simplicity Flawless Compact Powder ternyata ada dua cara. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan puff supaya hasilnya coverage yang maksimal. Kemudian untuk cara yang kedua menggunakan powder brush untuk hasil yang natural sheer coverage. Kalau aku sih biasanya menggunakan puff bawaan compact powdernya aja supaya nggak ribet.

 

Kemasannya didominasi warna soft pink, sudah ada kaca dan puff bedak yang lembut. Dokumen pribadi


Simplicity Flawless Compact Powder memiliki dua shade yaitu W806 nude beige dan N 407 natural sand. Kebetulan saat ini aku pakai yang W 806 Nude beige, hasilnya di muka terlihat nampak lebih cerah dan lembut natural. Oh iya untuk harga Simplicity Flawless Compact Powder Rp 60.000 dengan netto 10 gram. Tapi kalau ada diskon ya bisa lebih murah tentunya. 😁


Simplicity Perfect BB Cream

BB Cream yang ringan dan lembut saat digunakan pada kulit wajah
BB Cream yang ringan dan lembut saat digunakan pada kulit wajah. Dokumen pribadi


Seringkali pemilihan BB cream tuh agak tricky, kadang udah cocok sama shadenya tapi ternyata kandungan bahannya tidak cocok dengan kulit wajah kita. Alih-alih mau flawless kayak artis Korea, eh malah bruntusan.

 
Nah Simplicity Perfect BB cream kandungan bahannya nggak diragukan lagi loh. BB cream ini mengandung witch hazel extract, 4D Hyaluronic Acid dan peach blossom extract yang membantu melembabkan kulit, meratakan warna kulit dan menyamarkan noda hitam di wajah. 

Waktu pertama kali aku mencoba, BB cream ini terasa nyaman di kulit wajah. Ternyata setelah dikepoin lebih lanjut, ada BH Long Lasting yang dengan film forming agents dan natural mica yang memberikan hasil semi matte dan nyaman saat digunakan.

 
Shade BB cream terdiri dari 2 macam yaitu Vanilla yang cocok digunakan untuk kulit wajah yang light sampai medium dan Honey cocok digunakan untuk kulit wajah medium sampai medium deep
Simplicity Perfect BB cream dikemas dalam tube 25 gram yang dibanderol dengan harga kisaran 60ribuan saja. 

Ujung tube runcing jadi nggak khawatir waktu ngeluarin bb creamnya. Dokumen pribadi


Kemasan tube didominasi warna soft pink dan sangat cocok untuk dibawa bepergian karena nggak makan tempat. Nah pada bagian ujung tube terlihat agak runcing jadi sangat memudahkan saat menggunakan BB cream. Pokoknya tinggal pencet aja, nggak usah khawatir BB creamnya akan keluar terlalu banyak.


Simplicity Eyeshadow Quad 02 Smart

Eyeshadow dengan kandungan 4D Hyaluronic Acid
Eyeshadow dengan kandungan 4D Hyaluronic Acid dan high pigmented. Dokumen pribadi


Eyeshadow ini dikemas dalam kemasan yang mungil hanya 5,2 gram saja, jadi cocok kalau dibawa traveling. Untuk warna eyeshadow quad 02 smart ini tuh cenderung warm. Ketahanan eyeshadow ini tuh high pigmented karena nggak gampang luntur saat dipakai beraktivitas sehari-hari.

 
Untuk keempat warna dalam eyeshadow juga memudahkan kita melakukan mix and match warna sesuai keinginan. Yang paling penting dalam eyeshadow ini mengandung 4D Hyaluronic Acid, yang dapat membantu melembutkan dan menghidrasi kulit di kelopak mata.

 

Hasil pemakaian rangkaian produk YOU Simplicity . Dokumen pribadi


Cara penggunaan eyeshadow sama seperti menggunakan eyeshadow pada umumnya, kemudian baurkan warnanya agar menjadi warna yang diinginkan. Harga eyeshadow ini juga sangat terjangkau yaitu Rp 60.000 saja, tapi kalau ada diskon harganya bisa lebih murah.


Simplicity Love Your Tint R388 Cherry Red

Lip tint dengan transferproof formula yang tahan lama
Lip tint mungil dengan transferproof formula. Dokumen pribadi


Lip tint andalan yang gampang dibawa kemana-mana ini tuh beratnya cuma 6 gram aja. Tapi walaupun kemasannya mungil, lip tint ini punya beberapa formula andalan yang patut diacungi jempol, seperti transferproof formula yang bikin tetep stain seharian. Kemudian dengan menggunakan water stain formula, lip tint ini terasa lebih nyaman saat dioleskan pada bibir.Kandungan 4D Hyaluronic Acid dan blueberry extract juga membuat kulit bibir terlihat lembut.

 

Kemasan Simplicity Love Your tint mungil
Simplicity love your tint mungil banget jadi gampang dibawa traveling. Dokumen pribadi


Untuk menggunakan lip tint ini gampang banget, biasanya aku oleskan di bibir kemudian diratakan dengan cara dikatupkan antara bibir atas dengan bibir bawah. Simplicity love your tint cherry red ini menurutku cocok digunakan untuk semua jenis kulit karena warna merahnya membuat bibir terlihat lebih segar dan cerah. Oh iya untuk harganya berkisar di angka 50.000 rupiah saja, tapi kalau ada promo pasti harganya jadi lebih murah.


Kesimpulan

YOU Simplicity masih jadi andalan karena hasil makeupnya cantik dan ramah di kantong. Dokumen pribadi


Rangkaian produk YOU Simplicity yang terdiri dari Flawless Compact Powder, BB cream, eyeshadow quad & lip tint ini tuh jadi andalanku saat bepergian atau traveling ke luar kota. Kemasan produk yang simple, ringan dan ramah di kantong jadi jawaban atas kegalauanku saat memilih make up. 

Walaupun harganya ekonomis mulai dari 50ribuan aja, tapi Simplicity dari YOU ini punya banyak keunggulan. Salah satunya dengan kandungan 4D Hyaluronic Acid, yang berfungsi untuk menghidrasi dan melembutkan kulit. 

Untuk mendapatkan berbagai macam produk Simplicity dari YOU biasanya aku langsung meluncur ke YOU Official Store di marketplace favorit. Tapi produk ini juga bisa didapatkan secara offline di toko kosmetik terdekat. Mudah banget kan? Jadi apakah kamu tertarik untuk mencoba Simplicity dari YOU? 


Review YOU Cloud Touch Fixing Tint - Blushing Sky & Airy Kiss

Tidak ada komentar

 

Lip tint dengan kandungan ceramide yang membuat bibir tidak kering
YOU Cloud Touch Fixing Tint. Dokpri

Review YOU Cloud Touch Fixing Tint, lip tint terbaru dari YOU Beauty dengan tekstur lembut dan ringan, namun tetap memberikan warna matte yang tahan lama. Kandungan Ceramide dan ekstrak daun strawberry Perancis membuat bibir tampak lebih sehat dan bernutrisi. 

Siapa yang suka kesal dengan cap bibir yang nempel di masker?Atau bibir kering karena pakai liptint? Kalau aku sih pasti ngacung soalnya dua masalah ini tuh masih sering terjadi. 

Di satu sisi kadang aku pengen pakai lipstick supaya bibirnya nggak kering, tapi nanti nempel di masker. Di sisi lain pengen pakai lip tint supaya nggak nempel di masker, tapi resikonya bibir jadi kering. Ada nggak sih lip tint yang nggak bikin bibir kering?

Kebetulan banget belum lama ini YOU Beauty meluncurkan produk terbarunya, yaitu YOU Cloud Touch Fixing Tint. Lip tint yang lembut dan ringan, namun tetap matte ini menjadi sebuah jawaban untuk kegalauanku saat memilih lip tint. Yes! akhirnya lip tint yang aku inginkan tuh beneran ada dan diwujudkan oleh YOU Beauty, hmm jadi nggak sabar untuk mencobanya.

Sambil nungguin paket yang berisi YOU Cloud Touch Fixing Tint sampai rumah, aku kepoin dulu review YOU Beauty supaya tidak ragu dengan kualitas dan keamanan produknya.

Sejak mulai dipasarkan di Indonesia pada akhir tahun 2018, YOU Beauty yang punya tagline “Long Lasting Beauty” sudah menjamin bahwa semua produknya telah sesuai standar BPOM dan sudah teregistrasi di BPOM. Nah bisa dipastikan bahwa produk YOU Beauty aman digunakan oleh wanita Indonesia. Selain itu, YOU Beauty juga sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI lho. Wah semakin yakin untuk pakai produk-produk YOU Beauty dong pastinya.

Kembali lagi ke lip tint, kali ini aku mencoba YOU Cloud Fixing Tint Blushing Sky dan YOU Cloud Fixing Tint Airy Kiss. Baiklah untuk cerita selengkapnya langsung di bawah ini ya.

Shade lip tint yang aku coba. Dokpri


Review YOU Cloud Fixing Tint

Packagingnya mewah dan cantik. Dokpri


Packaging

Pertama kali lihat packaging lip tint ini tuh langsung jatuh hati soalnya packagingnya cantik dan mewah. Warna lilac muda mendominasi, dengan kemasan yang kokoh dan tutup yang rapat. Waktu dipegang bakalan kerasa deh kalau ini adalah kemasan mewah nan cantik. 

Aplikator YOU Cloud Fixing Tint terasa empuk saat digunakan dan ujungnya runcing, jadi mempermudah untuk meratakan warna lip tint sampai ujung bibir. 


Formula YOU Cloud Touch Fixing Tint

Liptint lembut dan ringan ini ternyata Airy matte finish karena memiliki formula water in oil yang ultra thin dan breathable. Jadi saat pertama kali aku mengoleskan lip tint pada bibir rasanya nyaman dengan warna matte yang tampak natural. 

Lip tint pada umumnya sering membuat bibir kering. Namun berbeda dengan YOU Cloud Fixing Tint. Adanya formula smooth lasting tint, memberikan stain tahan lama dengan daya transfer rendah, mudah menyatu dan tidak membuat bibir menjadi kering. Waktu pakai lip tint ini selama 6 jam tuh bibir sama sekali tidak terasa kering loh. Waaah bisa jadi andalan nih kalau dibawa traveling. 

Nggak cuma kedua formula diatas loh ya, ternyata YOU Cloud Fixing Tint juga punya nourishing formula dalam produknya. Nourishing formula yang kandungan bahan utamanya adalah Ekstrak daun strawberry Perancis dan Ceramide menjadikan bibir tetap sehat dan ternutrisi dengan baik. Wah lengkap banget ya formulanya, jadi makin bulat nih tekadnya untuk setia sama YOU Cloud Fixing Tint. 


Tekstur

Tekstur lip tint ini tuh terasa lembut banget saat dioleskan ke bibir dan sekali swipe aja warnanya langsung keluar. Coverage lip tint ini juga juara, karena bisa menutupi warna gelap pda bibir sampai ke sudut-sudutnya dengan sekali swipe

Oh iya awal mengoleskan lip tint akan terasa agak glosssy, namun tidak lama kemudian tinggal stainnya saja yang tertinggal kok. 


Varian Warna/Shades

Kedua shade lip tint ini jadi andalanku sekarang. Dokpri


Nah untuk varian warna yang ditawarkan oleh YOU Cloud Touch Fixing Tint ada 6 shade. Namun kali ini aku hanya mencoba dua saja yaitu Blushing Sky dan Airy Kiss. 

R688 Blushing Sky

Mencoba YOU Cloud Touch Fixing Tint blushing sky. Dokpri


Awalnya aku kira shade ini tuh mirip dengan warna bibir. Namun saat dioleskan ke bibir, warnanya cenderung ke warm red, agak bold, namun tetap soft saat dipandang. Enggak kayak warna darah juga sih, tapi menurutku cocok digunakan untuk yang berkulit kecoklatan seperti aku. 

R199 Airy Kiss

Kalau yang ini shade Airy Kiss, jadi merasa ikutan cerah dan muda lagi 😅. Dokpri


Dari keenam shade yang ditawarkan oleh YOU Cloud Touch Fixing Tint, Airy Kiss ini menawarkan warna yang cerah tapi tidak norak sama sekali. Saat pertama kali dioleskan ke bibir, warna pink cerah yang cenderung merah ini membuat raut wajahku menjadi ikutan cerah dan tampak lebih bersemangat. 

Sepertinya untuk shade Airy Kiss ini cocok banget buat ombre tapi kemarin aku belum mencobanya karena udah excited banget untuk nyoba satu layer saja. 


Kesimpulan

Selain lip tint, YOU juga punya produk lain yang cocok dan ramah di kantongku. Dokpri


YOU Cloud Fixing Tint ini tuh menurutku sebuah jawaban atas kegalauan pemilihan lip tint. Dengan formula yang oke banget yaitu Airy Matte Finish, tekstur yang lembut, ringan, tahan lama, transferproof dan tidak membuat bibir kering patut diacungi jempol. 

Selain formulanya yang lengkap dan oke banget dalam satu produk, packaging YOU Cloud Fixing Tint ini juga cantik dan mewah. Nah untuk harga YOU Cloud Fixing Tint  sangat terjangkau yaitu Rp 93.000 /2,5 gr. Untuk mendapatkan lip tint ini juga sangat mudah kok, karena udah tersedia di toko kosmetik kesayangan  dan official store YOU Beauty yang ada di Shopee. . 

Apakah makin penasaran sama lip tint dari YOU Beauty? Cerita di kolom komentar ya. 



4 Cara Menahan Laju Perubahan Iklim

Tidak ada komentar


Cara mengurangi laju perubahan iklim
Cara mengurangi laju perubahan iklim salah satunya dengan menanam tanaman di rumah. Dok : Canva


“Waktu covid kemarin baru keliatan cerahnya langit Cikarang, soalnya banyak pabrik yang mengurangi aktivitas produksi.” Kata Kanjeng Papi saat kami duduk di teras rumah. Langit seringkali menjadi tempat bersarangnya polusi udara yang langsung terlihat oleh mata kita. Tinggal di kota industri seperti di Cikarang, akan sangat langka menemukan langit yang cerah dan bebas polusi. 

Kami masih dibilang sedikit beruntung karena tempat tinggal berjarak sekitar 5 km dari Kawasan industri, jadi tidak perlu merasakan asap sisa pembakaran dari pabrik yang masuk ke dalam rumah. Nah #selimutpolusi udara di kota industri, tentu saja akan berdampak pada perubahan iklim.

Menurut PBB, perubahan iklim mengacu pada perubahan suhu dan pola cuaca dalam jangka panjang. Perubahan iklim sebenarnya bersifat alami, namun sejak revolusi industri perubahan iklim lajunya semakin cepat. 

Pendorong utama perubahan iklim adalah aktivitas manusia seperti penggunaan bahan bakar fosil yang menyebabkan naiknya konsentrasi gas rumah kaca pada atmosfer bumi. Nah kalau menurut pemerintah, perubahan iklim adalah berubahnya iklim yang diakibatkan oleh aktivitas manusia, yang menyebabkan perubahan komposisi atmosfer secara global.

Menahan Laju Perubahan Iklim

Polusi Menjadi Penyebab Perubahan Iklim

Waktu masih duduk di sekolah dasar, aku sering mengamati aktivitas pabrik-pabrik di seberang sungai Citarum, yang tidak jauh dari rumah. Setiap beberapa hari sekali, air sungai citarum akan berwarna-warni seperti sirup dan asap akan keluar dari cerobong asap pabrik. Kalau sedang musim kemarau, saluran pembuangan limbah yang berupa gorong-gorong besar dari pabrik akan terlihat. 

Pada awal tahun 2000-an banjir besar melanda rumah keluargaku,  padahal sebelum tahun 2000-an tempat ini bukanlah daerah banjir. Limbah cair dari pabrik yang terbawa banjir sampai ke dalam rumah dan menyebabkan penyakit kulit. Selain itu, limbah pabrik masuk ke dalam sumur warga yang menyebabkan air sumurnya bau. Sampai sekarang, banjir besar itu sering berkunjung ke bekas rumah keluargaku, minimal tiga kali dalam setahun. Banjir yang paling besar, yang pernah melanda bekas mencapai 3 meter.

Banjir di Bandung Selatan. Dok : Tempo


Sementara itu, polusi udara dari asap pabrik menghasilkan emisi gas rumah kaca yang membuat wilayah sekitarnya semakin panas.

 “kelihatannya mendung, tapi panasnya masuk ke dalam kulit”, keluh ibu waktu aku masih kecil. 

Setelah dewasa, aku baru tau bahwa yang dikira “mendung” tadi sebenarnya polusi udara yang menyelimuti area sekitar pabrik. Sama seperti yang terjadi di Jakarta beberapa waktu yang lalu. 

Emisi gas rumah kaca tidak hanya dihasilkan oleh kegiatan industri di pabrik. Diluar sana masih ada berbagai aktivitas manusia yang membuat polusi udara semakin parah. Salah satunya adalah  penebangan hutan. Setiap pohon yang ditebang akan membuat penyerapan karbondioksida di udara semakin berkurang. 


Dampak Perubahan Iklim

Global Warming

“Sekarang di Bandung udah nggak dingin, beda sama waktu kita kecil ya”, ucap seorang teman saat kami bertemu di Bandung. Aku mengangguk tanda setuju dengan perkataanya. Selimut polusi membuat bumi semakin panas dan menyebabkan perubahan iklim. 

Berdasarkan data dari NASA, 10 tahun terakhir suhu permukaan bumi meningkat sebesar 1,02 derajat celcius pada tahun 2016 dan 2020. Tren peningkatan suhu ini disebabkan oleh aktifitas manusia yang menghasilkan gas rumah kaca dan karbondioksida, yang kemudian terkumpul ke atmosfer bumi. 

Global warming ini mengakibatkan permasalahan lingkungan seperti meningkatkan permukaan air laut, kebakaran hutan sampai pola migrasi hewan yang berubah.


Cuaca Ekstrim

Beberapa waktu yang lalu, beredar berita di media social mengenai banjir di Jabodetabek. Curah hujan yang lebat ditengarai sebagai salah satu penyebab banjir. Namun keadaan akan sangat berbeda jika masuk musim kemarau. Apalagi di kota industri seperti Cikarang, suhu di sekitar rumahku pernah mencapai 34 derajat celcius. 

Pekan ini (tanggal 9 sampai 15 Oktober) , BMKG ( Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) memprediksikan adanya hujan lebat disertai angin dan petir. Oleh karena itu masyarakat di sekitar Jabodetabek harus waspada dengan cuaca ekstrem tersebut. 


Pasokan Bahan Makanan Berkurang dan Rantai Distribusi terhambat

Dampak perubahan iklim sangat terasa saat petani gagal panen. Harga berbagai kebutuhan pokok akan meningkat karena stoknya sedikit, sementara permintaanya banyak. Belum lama ini harga cabai mulai naik, dari beberapa penjual cabai yang sering aku ajak ngobrol ternyata stok cabai mulai berkurang di pasaran karena gagal panen. Musim yang tidak menentu, yang harusnya musim kemarau tiba-tiba hujan lebat atau sebaliknya,  kerap kali membuat cabai gagal panen. 

“Apalagi kalau distribusi cabai ini terhambat karena banjir atau tanah longsor, nanti stok cabe di pasar sini makin sedikit dan harganya makin mahal Mbak”, kata penjual cabai langgananku. 

Serangan Penyakit

Indonesia yang terletak di wilayah tropis, ternyata sangat baik untuk perkembangan virus dan bakteri. Dengan adanya perubahan iklim yaitu kenaikan suhu dan curah hujan, virus dan bakteri mudah berkembang biak. Perkembangan biakan virus dan bakteri ini menyebabkan penyakit seperti demam berdarah, kolera dan malaria. 

Selain itu, lapisan ozon yang semakin tipis tidak bisa menahan sinar ultraviolet. Nah sinar ultraviolet yang mencapai permukaan bumi akan menyebabkan penyakit kulit, asma, alergi dan penurunan daya tahan tubuh. 


Kebakaran Hutan

Ketika memasuki musim kemarau, lini masa media kita akan dihiasi oleh berita kebakaran hutan. Cuaca panas dan kering ditengarai sebagai penyebab kebakaran hutan.Pohon-pohon yang mati akan menyebabkan berkurangnya penyerap CO2.  

Jika laju perubahan iklim ini tidak ditekan dari sekarang, kebakaran hutan akan lebih sering terjadi di masa depan. Akibatnya hutan sebagai paru-paru dunia akan berkurang dan kita kesulitan menghirup udara bersih. 


Hutan, Salah Satu Solusi Untuk Mengatasi Polusi dan Menahan Laju Perubahan Iklim

Hutan sebagai salah satu solusi untuk menahan laju perubahan iklim. Dokpri


Seperti yang sudah kita ketahui, hutan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Hutan juga punya peranan penting dalam mencegah perubahan iklim karena dapat menyerap dan menyimpan karbondioksida di atomsfer bumi.

Sewaktu meninggalkan rumah yang dekat pabrik, aku masih ingat dengan pesan dokter untuk pindah ke tempat yang udaranya bersih seperti di desa. Beruntung sekali saat itu di desa nenek masih dikelilingi hutan jadi aku masih bisa menghirup udara bersih. 

Pepohonan yang ada di hutan dapat menyerap gas CO2 yang dihasilkan oleh aktifitas manusia dan melepaskan oksigen. Selain itu, Akar pepohonan yang menancap ke dalam tanah dapat menyerap air hujan atau sebagai resapan air hujan sehingga hutan mampu mencegah banjir. Pepohonan di hutan juga dapat menangkap polutan yang dihasilkan oleh aktifitas manusia.


Cara Sederhana Untuk Menahan Laju Perubahan Iklim

Berjalan kaki sebagai salah satu cara sederhana yang bisa menahan laju perubahan iklim.  Dokpri


Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang aku lakukan di rumah untuk menahan laju perubahan iklim, diantaranya :

Mengurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar fosil menghasilkan emisi gas buang yang dapat membuat polusi. Oleh karena itu mengurangi penggunaan kendaraan bermotor menjadi salah satu cara yang efektif dalam menahan laju perubahan iklim. Apalagi kemarin harga bbm sudah naik, mungkin ini bisa menjadi salah satu alasan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, mulai berjalan kaki dan beralih ke transportasi massal.

Menanam Tanaman di Rumah

Rumah tanpa tanaman itu rasanya panas, apalagi kalau tinggal di kota industry. Sejak pindah ke Cikarang, aku sudah menanam tanaman hias seperti sirih gading, daun pandan dan lidah buaya. Beberapa tanaman merambat seperti bunga telang juga sudah mulai tumbuh, nantinya akan aku lilitkan di pagar supaya rumah terasa lebih sejuk lagi. Sama seperti pepohonan, tanaman juga menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen.

Hemat Energi dan Air

Hemat hemat hemat! Ya begitulah propaganda yang dijalankan ibu sejak puluhan tahun yang lalu. Hasilnya aku juga punya prinsip hemat, apalagi menyangkut penggunaan energi dan air karena #untukmubumiku. Penggunaan barang-barang elektronik dibatasi, seperti mencabut kabel charger yang sudah tidak terpakai, mematikan lampu saat tidur dan menggunakan oven listrik ataupun blender seperlunya saja. Untuk mencuci baju, aku tidak menggunakan bantuan mesin cuci sebagai upaya untuk hemat energi.

Waktu kecil, aku sudah pernah kesulitan mencari air bersih. Pengalaman inilah yang mengajarkanku untuk selalu hemat air. Apalagi sekarang air PDAM sering mati, skill hemat air tentunya menjadi semakin terasah. Biasanya aku menyimpan air bekas cucian baju, yang nantinya bisa digunakan untuk menyiram wc dan membersihkan kamar mandi. Selain itu, aku terbiasa menggunakan air secukupnya, menggunakan air cucian beras untuk menyiram tanaman dan menampung air hujan untuk berjaga-jaga saat kehabisan air PDAM.

Pilah Sampah

Sebenarnya aku melakukan pilah sampah sejak beberapa tahun yang lalu bersama teman-teman #mudamudibumi. Namun sampai sekarang, belum bisa konsisten karena petugas kebersihan akan mencampur kembali sampah yang sudah dipilah. Sampah sisa sayuran, kulit bawang dan sebagainya (sampah organic) biasanya aku pakai untuk pupuk tanaman. Sementara sampah anorganik yang masih bisa dijual akan aku jual ke pengepul dan yang tidak bisa dijual akan dibuang ke tempat sampah.


Selimut polusi yang ada di udara akan membuat suhu permukaan bumi semakin naik dan menyebabkan perubahan iklim yang berdampak bagi kelangsungan hidup di bumi. Oleh karena itu, yuk mulai dari diri sendiri untuk mencegah laju perubahan iklim dengan cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Untuk mencegah laju perubahan iklim juga diperlukan kolaborasi dengan berbagai pihak terkait #teamforimpact demi masa depan bumi kita tercinta. 


Sumber :

https://m.mediaindonesia.com/humaniora/488243/upaya-atasi-perubahan-iklim-dan-polusi-udara-perlu-berjalan-bersamaan

https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/penyebab-pemanasan-global/

https://m.merdeka.com/jateng/cara-mencegah-perubahan-iklim-kenali-dampaknya-bagi-kehidupan-sehari-hari-kln.html

https://www.suara.com/tag/banjir-jabodetabek

https://www.google.com/amp/s/www.cnbcindonesia.com/tech/20220704142800-37-352764/apa-itu-perubahan-iklim-penyebab-dampak-cara-mengatasinya/amp

https://www.google.com/amp/s/katadata.co.id/amp/intan/berita/62a355592ffd6/7-dampak-perubahan-iklim-bagi-manusia-dan-lingkungan

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/sains/read/2022/07/05/080100423/perubahan-iklim-tingkatkan-kemungkinan-kebakaran-hutan-secara-global