Bebas Aktif dan Percaya Diri Bersama Uricran

Privé Uri-cran memberikan solusi untuk penderita anyang-anyangan. Dokpri

Pengalaman Pribadi Terkena Anyang-Anyangan

Pernah mendengar istilah anyang-anyangan? Atau malah sudah pernah mengalami anyang-anyangan? Kalau aku sih dua-duanya, mendengar istilah anyang-anyangan pernah, mengalami anyang-anyangan juga pernah, komplit.

Anyang-anyangan yang sangat menggangu aktifitas. Dok : uricran

Kejadiannya sekitar tahun 2012, saat aku mulai berhenti dari pekerjaan dan akan memulai kuliah.  Awalnya anyang-anyangan ini aku anggap sepele, tidak pernah menyangka bahwa anyang-anyangan ini dua hari kemudian membuatku panik bukan kepalang. Bagaimana tidak panik, dua hari kemudian ada urine yang keluar bercampur dengan sedikit darah. Rasa sakit dan perih saat BAK tidak terlalu aku hiraukan di awal , tapi kalau sudah melihat darah itu tandanya ada yang tidak beres. Tanpa berpikir panjang, aku menuju apotek dan disarankan oleh apoteker untuk membeli antibiotik. Kalau tidak mengalami perubahan, apoteker menyarankanku untuk bertemu dokter spesialis kandungan. Untungnya gejala BAK dengan sedikit darah ini berhenti keesokan harinya setelah aku mengkonsumsi antibiotik sampai habis (ini kadang bikin aku males minum antibiotik, soalnya kalau sudah sembuh pasti aku lupa minum antibiotik).

Aku pikir-pikir yang menyebabkan aku terkena anyang-anyangan itu adalah karena sering menahan BAK (Buang Air Kecil). Pekerjaanku dulu kan mendampingi penumpang yang menggunakan bus, tidak mungkin bisa seenaknya bilang berhenti di pom bensin untuk BAK. Apalagi kalau jalan macet, yang ada sopirnya marah-marah kalau minta berhenti-berhenti terus. Setelah kejadian itu aku lebih aware dengan gejala anyang-anyangan.

Rangkaian Event Uricrevent di kota Solo

Berfoto di booth yang telah disediakan Uricran. Dokpri

Berawal dari keingintahuan yang lebih tentang anyang-anyangan, aku beruntung sekali mengikuti acara #PriveUricran #WomansCommunity #Combiphar #JogjaSolo (rangkaian dari Event Uricrevent) di Harris Hotel Solo pada tanggal 14 Juli 2019. Acara yang bertema "Aktif dan Percaya Diri dengan Memelihara Saluran Kemih" menghadirkan narasumber dokter Erwin Gunawan Sp.OG dari RS Kasih Ibu Solo, Michella Talita dari Combiphar dan Ika Puspita (blogger yang aktif sharing tentang Uricran).

Peserta yang mendapatkan doorprize foto bersama . Dokpri

Dalam acara ini tidak cuma para wanita yang hadir, tapi anak-anak juga mendapatkan tempat spesial untuk menggambar. Jadi anak-anak yang ikut ibunya ke acara ini tidak mudah bosan dengan duduk manis saja. Selain itu, ada kompetisi foto di booth yang sudah disediakan oleh Uricran dan banyak doorprize yang bisa dibawa pulang. Sudah dapat pengetahuan, bisa bawa pulang doorprize, wah rejeki nomplok ya. 😁

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Dokter Erwin Gunawan Sp.OG (memakai baju batik) sedang menjawab pertanyaan dari peserta. Dokpri

Menurut dokter Erwin Gunawan Sp.OG, infeksi saluran kemih awalnya berupa naiknya bakteri E-coli ke uretra, kalau tidak segera diberikan tindakan maka bakteri akan naik ke saluran kemih sampai akhirnya menyebabkan gagal ginjal. Aku sama sekali tidak menyangka bahwa infeksi saluran kemih akan membawa dampak seburuk itu. Selain itu uretra pada wanita lebih pendek daripada pria, jadi wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kemih. Penelitian menunjukkan bahwa 5 dari 10 wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih (ISK) bahkan 2 diantaranya ISK berulang.

Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah infeksi yang sering terjadi pada saluran kemih yang disebabkan oleh mikroba seperti bakteri, jamur atau bahkan virus. Infeksi saluran kemih juga umum terjadi pada manusia.
Infeksi saluran kemih kadang menunjukkan gejala-gejala awal, kadang juga tidak memiliki gejala apapun. Beberapa hal berikut menunjukkan terjadinya ISK :

  • BAK frekuensinya lebih sering
  • Sakit dan perih saat BAK (buang air kecil)
  • Nyeri panggul pada wanita
  • Nyeri anus pada priaU
  • Urine lebih pekat, berbau menyengat dan bahkan kadang mengandung darah
  • Badan terasa lelah dan kurang sehat
  • Demam.

Infeksi saluran kemih dibagi menjadi 2 yaitu infeksi saluran kemih bawah dan infeksi saluran kemih atas. Infeksi saluran kemih bawah terjadi pada uretra dan kandung kemih, nah aku masuk kategori ini waktu mengalami BAK yang terasa sakit plus ada darahnya. Kemudian infeksi saluran kencing atas terjadi pada ureter dan ginjal.

Dok : website Uricran

Terus apa sih yang menyebabkan Infeksi Saluran Kemih?

Bakteri E-coli. Dok : Wikipedia

Infeksi saluran kemih 80% disebabkan oleh adanya bakteri E-coli yang nempel di saluran kemih. Nah gimana bakterinya ini bisa menempel di saluran kemih? Banyak hal yang jadi penyebab si bakteri masuk ke dalam saluran kemih, seperti toilet yang kurang bersih, air yang kotor, sering menahan BAK, cara membasuh yang salah dan hubungan seksual.

Sementara itu, pencegahan ISK bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti
minum air putih yang cukup, melakukan cara membasuh yang benar, tidak menggunakan air kotor saat membasuh, BAK sebelum dan sesudah berhubungan seksual serta mengkonsumsi cranberry. Penjelasan lengkap dari dokter Erwin ini membuatku manggut-manggut mengerti bahwa menjaga kesehatan kandung kemih juga sangat penting untuk menunjang aktifitas sehari-hari.

Yuk Kenalan sama Uricran

Penelitian yang disajikan oleh Uricran pada Desember 2018, sebanyak 52% tidak melakukan apapun ketika mengalami anyang-anyangan. Waduh kok serem ya? Mungkin aku juga akan masuk 52% tersebut kalau tidak ada pengalaman terkena infeksi saluran kemih (ISK).
Terus tadi kan sudah disebutkan salah satu cara mencegah ISK adalah mengkonsumsi Cranberry. Nah Cranberry ini sudah mengandung Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah menempelnya E-coli pada dinding saluran kemih. Penelitian kandungan PAC pada cranberry sudah lama dilakukan.

Buah Cranberry. Dok : healthline

Cranberry sebagai pilihan alternatif nin antibiotik profilaksis, yang dapat mengurangi angka kejadian infeksi E-coli pada saluran kemih sebesar 36% serta menurunkan 58% angka kejadian infeksi saluran kemih berulang.(Cetakan 1-Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran)

Namun, cranberry yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan saluran kemih ini tidak ditemukan di supermarket terdekat. Semisal ada, pasti cranberry impor yang harganya menjulang tinggi. Rasa asam dari cranberry juga membuat kita tidak akan suka mengkonsumsinya secara langsung, paling tidak dibuat jus untuk bisa dikonsumsi. Sama sekali tidak praktis kan?

Privé Uri-cran dari Combiphar. Dok : website uricran

Beruntung sekali Combiphar mempersembahkan Prive Uri-cran yang mengandung ekstrak cranberry untuk mencegah dan mengobati infeksi saluran kemih (ISK). Prive Uri-cran terdiri dari 2 jenis yaitu :

  •  Uricrane Capsule, berbentuk kapsul dengan komposisi 250mg ekstrak cranberry, dosis 1-2 kapsul per hari dan dalam 1 box berisi 30 kapsul. 
  • Uricrane Plus, berbentuk serbuk dengan kandungan 375mg cranberry ekstrak, 60mg vitamin C, 0,1mg Bifidobacterium bifidium dan 0,1mg Lactobacillus acidophillus. Dosis penggunaanya 1-2 sachet aja per hari dan dalam satu box berisi 15 sachet.

Kemudian Prive Uri-cran ini bisa diminum setiap hari dan konsumsinya tidak perlu bersamaan dengan antibiotik. Cara kerja antibiotik kan mematikan seluruh bakteri padahal sebenarnya tubuh kita juga perlu bakteri baik (probiotik) kalau mati semua gimana dong? Nah dalam prive uricran plus terkandung bakteri baik bagi tubuh kita. Terus antibiotik juga harus diminum secara teratur, kalau tidak akan menyebabkan resistensi pada tubuh alias kebal terhadap antibiotik tersebut. Penggunaan antibiotik pada ibu hamil juga tidak dianjurkan dan antibiotik tidak mencegah anyang-anyangan yang berulang.

Sampel uricran plus yang diberikan kepada peserta. Dokpri

Dalam acara ini, semua peserta diberikan sampel uricran plus yang sudah diseduh dan 2 sachet uricran plus. Pertama kali mencicipi minuman berwarna pink ini, ada rasa segar yang melewati tenggorokan. Tidak terbayangkan bahwa minuman ini berasal dari cranberry yang asam.
Ika Puspita, seorang blogger (berjilbab) dan Michella Talita dari Combiphar berbincang-bincang bersama MC. Dokpri

Nah informasi paling penting adalah Prive Uri-cran ini mudah didapatkan kok. Uricran tersedia di Century, Watson, Viva Health, Apotek K-24, apotik-apotik terdekat dan Lazada.

Untuk kenalan lebih dekat sama Uricran, silahkan kunjungi website Uricran dan follow media sosialnya ya soalnya banyak banget informasi yang bisa kamu dapatkan. Salah satunya Weekly Quiz Uricrevent di instagram, yang berhadiah 2 tiket gratis (untuk 5 pemenang terpilih) ke final event ini di Jakarta dan bertemu Susan Bahtiar secara langsung.
Instagram : @uricran.id
Fanspage : Prive Uri-Cran

The last word, bye anyang-anyangan! Sekarang udah ada Uricran yang membuat wanita bebas untuk aktif dan menambah percaya diri tanpa takut keseringan bolak bali kamar mandi. 

Author

Niken Nawang Sari Niken Nawang Sari From history, we learn. Cause writing is healing.

Post a Comment

Keep in touch

Member of

Blogger Perempuan Kumpulan Emak-emak Blogger
Kompasianer Joga
Kompasianer Joga