5 Kegiatan Positif Selama #DiRumahAja

Pic : pinterest, edit : picsart. 


Pandemi covid-19 yang masuk ke Indonesia sejak tanggal 2 Maret 2020  membuat banyak sekali perubahan. Pemerintah membatasi mobilitas warga demi memutus rantai penyebaran virus ini. Pasien yang sudah sembuh semakin banyak, namun kita tidak boleh panik dan tetap harus waspada.

Panik itu Wajar,  Tapi Tidak Perlu Berlebihan



Sebagai seorang ibu yang memiliki balita, aku pernah merasakan panik yang berlebihan dengan penyebaran virus ini. Tetapi ternyata panik berlebihan hanya membuat aktifitas terganggu. Padahal untuk menghadapi pandemi covid-19 diperlukan pikiran yang positif, yang nantinya akan mendorong lahirnya kegiatan-kegiatan positif.

Untuk mengalihkan rasa panik yang berlebihan, aku memilih sounding kepada diri sendiri untuk tetap berpikiran positif.  Supaya aku tetap bisa melakukan kegiatan positif selama berdiam diri di rumah.


5 Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan #Dirumahaja



1. Mencoba Resep Masakan

Mie ayam home made,
 hasil coba-coba resep.
Dokpri

Sebenarnya aku tidak terlalu suka dengan kegiatan memasak. Alasannya karena masak itu bikin gerah, kalau sudah terasa gerah, pasti kulit kepalaku jadi gatal-gatal. Nah gatal-gatal di kulit kepala ini sangat menggangu.

Tetapi di masa pandemi seperti ini harus hemat. Oleh sebab itu aku harus memasak. Supaya tidak bosan dengan masakan yang itu-itu saja, aku juga mencoba resep masakan selama stay di rumah.

Walaupun dalam mencoba resep masakan itu beresiko gagal, tapi setidaknya aku sudah mencoba daripada tidak sama sekali.

Beberapa resep makanan yang berhasil aku coba salah satunya mie ayam. Resep membuat mie ayam ini aku dapatkan dari  salah seorang chef yang kini juga menjadi youtuber.

Tetapi mencoba resep masakan juga belum tentu berhasil semua. Kemarin sore aku gagal mempraktekkan resep kue ganjel rel khas Semarang. Untung saja bahan-bahannya tidak terlalu menguras isi dompet. Jadi masih bisa hemat 😅


2. Berkebun

Tanaman sirih gading di depan rumah.
Dokpri

Setiap kali memasak, aku mengumpulkan sisa sayuran atau bumbu dapur ke tempat yang berbeda dengan sampah plastik. Sisa-sisa sayuran ini biasanya aku pakai untuk pupuk tanaman sirih gading di depan rumah.

Kalau sisa bumbu dapur seperti kunyit dan jahe biasanya aku tanam sekalian di pot. Selain itu aku juga menanam sirih gading, daun suji dan daun pandan yang kaya akan manfaat.


3. Membersihkan Rumah

Dok : pixabay

Menghadapi virus covid-19 sesuai dengan anjuran pemerintah sebenarnya tidak begitu sulit. Garda terdepan penanganan virus ini adalah kita sendiri, sedangkan tenaga medis adalah garda terakhir.

Rutinitas membersihkan rumah selama masa pandemi covid-19 ini lebih tinggi intensitasnya. Kalau dulu aku tuh ngepel lantai seminggu 2x, sekarang ngepel lantai setiap hari. Setelah itu ditambah lagi dengan menyemprotkan disinfektan ke beberapa bagian rumah yang sering disentuh.

Capek? Iya pasti capek tapi semuanya dilakukan demi perlindungan kesehatan keluarga.

4. Olahraga

Yoga exercise.
Dok :pixabay

Walaupun tidak bisa jogging lagi karena pandemi covid-19, tapi masih ada olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah. Walaupun tidak memiliki alat untuk berolahraga di dalam rumah, tapi masih ada pilihan olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah.

Sekarang aku rutin memilih yoga atau senam selama 30 menit di sore hari agar badan tetap sehat. Soalnya kedua olahraga ini bisa dilakukan di dalam rumah dan tidak perlu membeli alat-alat olahraga yang bikin isi dompet semakin menipis.

5. Merawat Diri


Sebagai seorang ibu, merawat diri itu ibarat me time yang bisa dibilang langka. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, merawat diri itu aku ibaratkan sebagai salah satu cara untuk mengelola stress. Ada berbagai macam cara untuk merawat diri, nah salah satunya dengan melakukan perawatan rambut.

Keramas sebagai salah satu cara perawatan rambut.
Dok : suara.com


Tapi kalau udah jadi seorang ibu yang di rumah sama si kecil, melakukan perawatan rambut yang agak lama itu harus cari waktu yang tepat. Soalnya bisa aja waktu keramas tiba-tiba kamar mandi digedor si kecil yang ingin buang air kecil. 😅 Jadi biasanya sebelum aku keramas, aku harus memastikan dulu apakah si kecil mau ke kamar mandi atau tidak.  Atau bisa juga menyiapkan keperluan-keperluan si kecil sebelum ditinggal melakukan perawatan rambut sendiri di rumah.



Jatuh Hati  Emeron Nutritive Shampoo Black Shine

Emeron nutritive shampoo blackshine.
Dokpri

Dulu aku pernah tidak percaya diri dengan rambut hitamku, tetapi mengecat rambut juga bukan hal mudah. Rambut hitamku susah diwarnai dengan cat. Akhirnya aku menerima rambut hitamku yang alami.

Nah masalah lain muncul saat merawat rambut hitam yaitu warna rambut yang kusam karena aktifitas sehari-hari. Walaupun di rumah aja selama pandemi covid-19 tapi rambut juga kena sinar matahari, debu dan keringat saat berkatifitas. Apalagi kalau sedang berkebun di depan rumah atau olahraga, rasa gatal di kulit kepala pasti datang tanpa diundang.

Jatuh hati sama Emeron nutritive shampoo
 black shine.
Dokpri


Untuk merawat rambut hitamku agar tetap sehat selama di rumah aja, aku percayakan kepada Emeron Nutritive Shampoo Black Shine. Sebelumnya aku udah beberapa kali cobain sampo lain, tapi ternyata yang bikin jatuh hati cuma Emeron Black Shine.


Beberapa hal yang bikin aku jatuh cinta sama Emeron Nutritive Shampoo Black Shine, diantaranya :


  1. Emeron Nutritive Shampoo Black Shine mengandung ekstrak urang aring yang sudah teruji untuk menutrisi rambut dari akarnya.
  2. Emeron Nutritive Shampoo Black Shine mengandung active profit amino yang membuat rambut hitam tetap cantik berkilau.
  3. Emeron shampoo harganya terjangkau. Untuk kemasan botol paling kecil (70 ml) bisa didapatkan dengan harga 7ribuan saja. 
  4. Kemasan Emeron Nutritive Shampoo Black Shine ini tidak mudah tumpah, jadi gampang kalau mau dibawa travelling.
  5. Wangi Emeron Nutritive Shampoo Black Shine ini agak manis dan tahan lama. Jadi rambut yang habis dikeramasin tuh tetep wangi sepanjang hari walaupun sudah dipakai beraktifitas.
  6. Emeron shampoo tersedia dimana saja.  Aku kemarin beli Emeron shampoo di toko kelontong dekat rumah. Tapi sayang sekali kondisoner & vitamin rambutnya sedang kosong. Kalau pengen beli Emeron Hair Care komplit bisa secara online di marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan sebagainya. Tetapi dengan konsekuensi paket sampai agak lama karena pembatasan sosial berskala besar (PSBB).
  7. Emeron shampoo diproduksi oleh PT Lion Wings dibawah lisensi dari Lion Corporation Jepang. 

Emeron nutritive shampoo
Black shine.
Dokpri


Jadi tidak usah khawatir berkegiatan selama di rumah aja. Kan ada Emeron Hair Care yang setia menemani. ❤️




Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter