Pengalaman Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Tarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM itu mudah dengan BRImo


Pernah penasaran sama tarik tunai tanpa kartu di ATM? Kalau aku sih pasti jawab pernah, soalnya nggak bikin pusing kalau kita butuh uang cash tapi lupa bawa kartu ATM. Apalagi di masa pandemi kayak gini, sebenarnya agak riskan juga kalau punya uang cash. Tapi ketika butuh uang cash dan kartu ATM tidak ada di tangan, mau tidak mau cari yang praktis daripada harus antri ke bank pake buku tabungan. Nah cara praktisnya gimana? Ya lewat tarik tunai tanpa kartu ATM dong. 

  

Berkenalan sama Bank BRI

bank BRI kanwil Yogyakarta. 
Dok : Kaskus

Kenal bank BRI itu mirip seperti kenal sama temen sekolah dasar. Ya gimana enggak, soalnya sejak aku duduk di bangku sekolah dasar udah sering diajakin nabung di BRI sama ibu. Uang sisa-sisa jajan dikumpulin, terus kalau udah banyak disetorin ke bank BRI terdekat dari tempat tinggal pakai buku tabungan ibu tentunya. 

Baru pada tahun 2010 aku punya rekening BRI. Pembuatan rekening yang setoran pertamanya nggak terlalu banyak dan ATM-nya menyebar kemana-mana jadi pertimbanganku untuk memilih bank BRI. Waktu itu aku dapat kartu ATM yang berwarna hijau. Daaaan itu pertama kalinya aku pakai ATM 😂 

Pada dasarnya aku tuh sering kepo sama hal- hal baru yang memudahkan dalam melakukan transaksi keuangan. Sejak punya ATM, bayar listrik dan tiket kereta tuh lebih sering pakai ATM daripada harus ribet ke loket. 

M-Banking BRI versi Lama 

m-banking BRI versi lawasan. 
Dok : detik finance

Seiring dengan menjamurnya mobile banking, aku juga udah pernah pakai m-banking BRI versi lama yang ngelink ke sms banking. Tapi karena dihitung-hitung biaya transaksinya mahal,lupa pin dan terblokir sampai akhirnya aku uninstall. Sempat terpikir untuk berhenti menjadi nasabah BRI juga karena suami sudah pakai BNI yang sama-sama bank plat merah.

Transaksi keuangan menggunakan smartphone terasa lebih mudah. 
Dok : pixabay


Tapi setelah dipikir-pikir panjang, aku nggak jadi berhenti sebagai nasabah BRI. Justru di tahun berikutnya aku meluangkan waktu untuk mengurus m-banking BRI yang terblokir. Karena pernah di php-in soal aktivasi m-banking sama customer service BRI di kantor cabang pembantu, akhirnya aku pilih ke kantor wilayah BRI di jalan Cik Di Tiro No. 3 Yogyakarta. 

Sejak Kenal sama BRImo, Lupakan yang Lama 


Nah waktu itu customer service memberikan informasi tentang BRImo. Sebelumnya aku udah negative thinking dulu sama BRImo.  
Ah paling cuma versi terbarunya dari aplikasi lama terus ngabisin pulsa karena ngelink ke sms banking. 

Eh waktu aktu udah dijelasin, ternyata BRImo ini bukan perubahan dari aplikasi yang lama alias BRImo ini aplikasi baru dan nggak pakai ngelink ke sms banking. Waaaahhh bahagia dong aku, artinya aku tidak perlu boros pulsa lagi buat transaksi di BRImo.


Penasaran Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM

Cukup dengan smartphone dan aplikasi m-banking, kita bisa tarik tunai tanpa kartu ATM.
Dok : pixabay

Terus karena ATM dibawa sama Kanjeng Papi yang jauh disana, aku pengen banget kapan-kapan nyobain tarik tunai tanpa kartu di ATM BRI. Apalagi Kanjeng Papi pernah dimintain tolong sama saudara untuk tarik tunai BCA tanpa kartu. Ya aku jadi makin penasaran dong. 

Kira-kira BRI bisa tarik tunai apa nggak? Kalau bisa, ribet apa nggak ya? 

Kesempatan tarik tunai BRI akhirnya aku dapetin beberapa hari yang lalu. Sebelum tarik tunai, aku baca-baca dulu tuh caranya di internet sampai berkali-kali biar nggak salah. Tidak lupa di screenshoot juga biar nggak bolak balik buka internet. Nah biar makin nggak lupa cara tarik tunai tanpa kartu, sekalian aja aku tulis di blog. 😁😁 

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM

Beberapa ATM BRI berlogo Link, logo terlihat dari pintu ATM-nya.
Dok : Tempo

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan tarik tunai tanpa kartu ATM melalui BRImo, antara lain seperti dibawah ini.
  • Pastikan sinyal provider bagus. Soalnya transaksi keuangan tuh sering nggak lancar kalau sinyalnya tidak bagus. 
  • Pastikan mesin ATM BRI yang dipilih itu adalah mesin ATM BRI berlogo  Link. Bukan ATM lawasan yang belum ada logo Link-nya.
  • Sebaiknya sudah di depan mesin ATM waktu minta kode ke BRImo, biar nggak keburu expired kodenya. 

Langkah-Langkah Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM


Sedangkan langkah-langkah tarik tunai tanpa kartu ATM via BRImo adalah sebagai berikut. 

1. Log in ke akun BRImo 
2. Pilih menu tarik tunai, terus pilih sumber dana dan jumlah uang tunai yang akan ditarik. 
3. Masukkan password dan pilih lanjut. Habis itu bakalan dapat kode penarikan uang untuk di ATM. Nah kode ini cuma berlaku selama 5 menit. Catet ya cuma 5 menit.
4. Pencet tombol di kiri bawah pada mesin ATM BRI berlogo Link. 
5. Di layar akan muncul pilihan tarik tunai, masukkan kode penarikan dari BRImo tadi. 
7. Masukkan no.handphone
8. Uang akan keluar sesuai dengan yang jumlah yang kita pilih di menu tarik tunai BRImo. 
Selesai deh! 
Uang hasil tarik tunai 😁.
Dokpri

Ternyata gampang kan tarik tunai tanpa kartu melalui BRImo di ATM BRI. Namun di tengah pandemi kayak gini, tetap pakai protokol kesehatan kalau tarik tunai di ATM. 

Oh iya sampai aku nulis ini, aku belum tau kenapa BRImo hanya memberikan waktu 5 menit untuk tarik tunai, sementara BCA ngasih waktunya jauh lebih lama. Kalau temen-temen ada yang tau atau punya pengalaman tarik tunai di ATM lain, boleh banget share di kolom komentar ya 👇. 

Terima kasih 😁🙏

Related Posts

38 komentar

  1. Kalo pakai brimo, buka rekening lagi atau tidak mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu Mbak, kalau sudah punya rekening BRI tinggal ke CS aja bilang mau aktivasi internet banking dan BRImo aja.

      Hapus
  2. Bagus ini, bentar lagi mau buat rekening BRI, soalnya pindah ke desa, kebanyakan disini pake BRI.

    Masalah tarik tunai, kalau BCA ga ada expired-nya. Pernah istri ke mall, beli dompet uangnya kurang, ATM pun ketinggalan di rumah. Kasi kode tarik tunainya, langsung bisa dipakai. BNI juga ada, tapi belum pernah nyoba. BRI bahkan bisa ke orang lain. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh BCA malah ga ada expirednya to Mas? Kalau dulu kata suamiku sih exp 45 menitan gitu. Tapi ga tau deh, aku ga punya BCA.

      Kalau pindah ke desa emang enaknya punya BRI, soalnya ATM-nya dimana-mana. Hehe

      Hapus
  3. sama kayak driver ojol ya hehe. tarik tunai tanpa kartu nih. bahaya jga kalau datanya dicuri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga datanya aman, duh ngeri sih bayanginnya kalau datanya sampai dicuri.

      Hapus
  4. Hwaaa, ini sih asik dan seru bangettt, apalagi buat yg sering lupa bawa kartu ATM atau dompet :D
    BRI keren bin cihuyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak akhirnya BRI juga bisa berevolusi jadi lebih keren wkwk

      Hapus
  5. canggih ya.. sekarang aku gak gitu panik kalo dompet ketinggalan karena bisa tarik tunai tanpa kartu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak BRI sudah mengikuti jaman nih ga kalah canggih sama bank lain. Bener banget jadi ga khawatir kalau bawa dompet ketinggalan soalnya tarik tunai tanpa kartu ATM pun sudah bisa.

      Hapus
  6. Kadang-kadang saya suka lupa bawa dompet. Tetapi, jarang lupa bawa hp hehehe. Canggih ya kalau bisa tarik tunai tanpa kartu

    BalasHapus
  7. Wah mba aku baru tahu lho mba di BRI bisa tarik tunai tanpa kartu. Bisa dicoba juga nih kapan-kapan soalnya suami aku pengguna BRI juga dan ternyata caranya nggak ribet ya. Cuma harus cepet pas ambil ya soalnya cuma 5 menit kodenya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak kapan-kapan dicoba aja, cuma sebaiknya emang udah di deket ATM soalnya limitnya pendek

      Hapus
  8. wah saya baru tahu bisa tarik tunai tanpa kartu gini. Saya nasabah BNI dan kayaknya belum ada fasilitas kayak gini. Kalau suami nasabah BRI, tapi belum tahu juga kalau ada fasilitas ini. Ntar mau saya ajak cobain ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba suaminya dikomporin mbak buat download BRImo biar bisa tarik tunai tanpa kartu. Hehehe

      Hapus
  9. Wah ternyata seperti itu cara tarik tunai tanpa kartu ATM. Aku belum pernah mencoba tarik tunai ini. Jadi kalau tarik tunai tanpa kartu ATM di BRI, harus sudah di depan mesin ATMnya, minta kodenya ya, karena waktunya cuma 5 menit. Nggak keburu kalau masih di rumah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu limitnya 5 menit itu emang ga keburu mbak, apalagi kalau di ATMnya pas antri banyak orang.

      Hapus
  10. Sekarang BRI sudah bisa tarik tunai tanpa menggunakan atm ya? Aku tuh jarang banget bawa uang cash dan biasanya memang lebih memilih pengambilan uang ke atm tanpa menggunakan kartu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak, aku juga jarang bawa uang cash nih. Kayak ngerasa ga aman aja kalo bawa cash tuh. Untung BRI sekarang udah sangat membantu dengan adanya tarik tunai tanpa kartu, jadi kalau kepepet butuh cash dan atm ga kebawa tetep bisa tarik tunai.

      Hapus
  11. Aku pertama kali punya rekening bank itu di BRI. Tapi sayang pas udah habis masa berlaku nggak aku perpanjang sampai sekarang hehe. Keren juga nih inovasi BRImo nya. Haruskah aku buka lagi rekening BRI-nya? ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya inovasi BRI akhir-akhir ini emang keren Mbak. kalau emang merasa diperlukan banget sih buka lagi aja Mbak 😁

      Hapus
  12. Aku juga suka tarik tunai tanpa kartu. Memudahkan banget pas nggak baca kartu ATM. Hihi. Lagian lebih praktis kan tinggal pencet-pencet aja di mesin ATMnya. Nggak bakal ada lagi deh cerita ketinggalan kartu ATM di mesin ATM yaaaa.. Hihi

    BalasHapus
  13. Sekarang semuanya lebih praktis karena mau transaksi apapun hampir semuanya bisa cashless. Tapi tetep ya butuh uang tunai di dompet buat jaga-jaga. Tarik tunai tanpa kartu ATM gini

    BalasHapus
  14. Kalau hp pasti dinawa ya gak keitnggalan, nah dompet kadang aku juga lupa, jadi enak & praktis kalau bisa ambil uang di ATM tanpa kartu

    BalasHapus
  15. Aku nggak punya rekening di BRIMO, tapi kalo tarik tunai tanpa kartu ATM di BCA suamiku yang udah pernah. Tapi aku gak perhatian sih waktu itu butuh berapa lama waktunya

    BalasHapus
  16. Maaf ya saya pengguna BRI. Namun menurut saya dari segi pelayanan BRI ini agak ribet. Coba smart kayak bank sebelah. Pasti banyak yang love2

    BalasHapus
  17. Nah itu dia paling males sih kalau ngelink ke sms banking, kadang syntaxnya error, kudu diulang ngetiknya trus udah kebkeburu pulsa habis... Trus notif juga munculnya br kalau ada pulsa. Tapi Bri Mo ini nggak ya, lebih praktis

    BalasHapus
  18. Many banks are now implementing it because that’s one of the new ways of making transaction. Very handy indeed

    BalasHapus
  19. Hebat yaah...
    Ya cashless, ya cardless, hhehe.. BRImo terbaiikk...
    Kerjasamanya juga sudah ke banyak mechant, kak?

    BalasHapus
  20. Ada ya gini...jadi penasaran pengen nyoba. Maklum aku orangnya pelupa..semakin banyak kemudahan bertransaksi ya sekarang...

    BalasHapus
  21. Terima kasih penjelasannya, aku akhirnya paham tentang tarik tunai tanpa ATM ini, selama ini nggak percaya kalau bisa tarik tunai tanpa kartu.
    Karena 5 menit, berarti kita harus sudah stand by dekat mesin atm ya.

    BalasHapus
  22. Udah lama pengen nyoba tarik tunai nggak pakai kartu atm ini tapi belum berani dan belum sempat juga. memang harus dibaca dulu baik-baik ya biar pas kalau udah di depan ATM nggak mendadak blank.

    BalasHapus
  23. Wah...sekarang di BRI juga bisa tarik tunai tanpa kartu ATM ya? Biasanya saya tarik tanpa ATM di bank sebelah.
    Asyik ya, BRI sekarang lebih memudahkan penggunannya

    BalasHapus
  24. Kok keren bener ya, jadi kalo semisal kartu ATM keselip vak perlu panik ya, gunakan cara kode ini dah beres. Aiih makin maju ya BRI. Makasih infonya Mak.

    BalasHapus
  25. Zaman sekarang memang canggih. Narik uang bisa tanpa kartu. Asal punya hape. Aku pun pernah nyoba. Di ATM BCA tapinya. Saat itu butuh uang, tapi kartu ATM kebawa suami.

    BalasHapus
  26. Inovasi BRI keren ini dan praktis ya, bisa tarik tunai tanpa perlu ATM. JAdi kalau lupa gak bawa ATM, no worry tetap bisa ambil tunai. Yang penting pas rikues tarik tunai harus berada dekat di mesin ATM ya.

    Jadi penasaran serunya tarik tunai tanpa ATM ini

    BalasHapus
  27. Kode 5 menit itu untuk menghindari disalahgunakan ya. Berarti atm yang dipakai yang jenis atm setor tunai ya, Mba?

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter