4 Tips Puasa Hari Pertama Tetap Bugar

Tidak ada komentar
Puasa hari pertama tetap bugar, bisa beraktifitas seperti biasanya.
Puasa hari pertama tetap bisa beraktifitas seperti biasanya.
Dok : pixabay


Puasa di bulan suci ramadan merupakan kewajiban bagi setiap umat islam. Biasanya puasa hari pertama ini sangat dinantikan. 

Tetapi jika tidak mempersiapkan diri dengan baik, puasa hari pertama akan terasa berat. Tubuh terasa lemas, lelah dan lesu. Hal ini terjadi dikarenakan tubuh masih melakukan proses adaptasi dengan pola makan yang baru saat berpuasa. 

Nah supaya tubuh tetap bugar saat berpuasa, apalagi di hari pertama, yuk simak beberapa tips dibawah ini. 

4 Tips Agar Puasa Hari Pertama Tetap Bugar

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Sebelum memasuki bulan suci ramadan, biasanya aku akan menghitung berapa hutang puasa dari tahun lalu. Nah kemarin hutang puasa ini segera aku laksanakan. Ya itung-itung pemanasan sebelum melaksanakan puasa wajib di bulan suci ramadan. 

Kebetulan sekali waktu itu aku berpuasa sendirian. Jadi tidak perlu repot untuk menyiapkan makan sahur di hari pertama puasa. 

Terus menu sahurnya apa? Cukup dengan menu simpel dan praktis aja. Contohnya seperti satu butir telur rebus, bayam rebus dan satu buah pisang. 

Buah dan sayuran dikonsumsi saat puasa hari pertama
Groceries. Dok : pixabay


Selain hemat waktu saat sahur, ternyata setelah makan sahur dengan buah dan sayur aku merasa tidak ngantuk sama sekali. Badan juga terasa lebih segar, bugar dan ringan untuk melakukan aktifitas seperti biasanya. 

Nah untuk menu buka puasa, aku tetap mengkonsumsi sayur dan buah agar kebutuhan serat dalam tubuh terpenuhi. 

Karena udah start puasa duluan dan banyak konsumsi sayur- buah, waktu puasa wajib di hari pertama tubuh tetap bugar dan segar. 

Jangan Lupa Olahraga

Menjalankan ibadah puasa bukan jadi alasan untuk melupakan olahraga. Selama berpuasa kita bisa melakukan olahraga ringan seperti yoga. Aku biasanya melakukan yoga stretching 15 menit di pagi hari setelah sahur. 

Yoga sebagai olahraga alternatif saat menjalankan puasa
Yoga. Dok : pixabay


Nah kalau mau olahraga yang agak berat seperti aerobik, aku pilih di sore hari menjelang buka puasa. Jadi habis aerobik tuh aku bisa minum air putih. 

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup ini penting banget di hari pertama puasa. Jika merasa jam tidur malamnya berkurang karena harus bangun sahur, aku selalu menyempatkan diri untuk tidur siang. 

Perhatikan Konsumsi Air Putih

Kekurangan cairan saat berpuasa akan menyebabkan dehidrasi sehingga tubuh terasa lemas atau jadi merasa nggak kuat untuk melanjutkan puasa. Jadi saat berpuasa kebutuhan cairan dalam tubuh kita harus terpenuhi. 

Konsumsi air putih sangat penting saat berpuasa
Konsumsi air putih. Dok : Pixabay


Selama berpuasa, aku tetap konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Hanya pola minum air ini berubah dari biasanya. biasanya aku menggunakan pola 2-4-2 yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas sebelum tidur dan 2 gelas saat sahur. 

Kalau merasa kesulitan, pola 2-4-2 bisa diubah menjadi 3-2-3 seperti yang tertulis dalam artikel Halodoc. Para ahli kesehatan juga sudah banyak yang menuliskan tips mengkonsumsi air putih saat berpuasa. 


Hari pertama puasa dengan tubuh tetap bugar itu pasti bisa kok. Puasa hari pertama tidak akan terasa berat jika tubuh kita sudah siap dengan perubahan. Yuk semangat puasanya untuk teman-teman yang sedang menjalankan ibadah puasa. Semoga ibadah puasanya lancar sampai akhir bulan ramadhan.Kalau punya tips-tips seputar puasa, aku tunggu ceritanya di kolom komentar ya. ❤


Tidak ada komentar