5 Aktivitas Pengusir Bosan Saat Pandemi Covid-19

Tidak ada komentar

5 Aktivitas pengusir bosan saat pandemi
Edited by me using canva.


Sudah merasa bosan dengan masa pandemi seperti sekarang? Kalo aku sih pasti jawabannya ABSOLUTELY YES! 

Tidak terasa sudah memasuki bulan-bulan terakhir di tahun 2020,  tetapi pandemi covid-19 belum berlalu. Sudah 7 bulan kita terkurung dengan teror covid-19. Rasa bosan menjadi lebih sering menghampiri. Adaptasi kebiasaan baru yang dicanangkan pemerintah, tidak berarti hidup kembali normal seperti sedia kala. Saat beraktifitas di luar rumah, kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan. 

Langsung ku tarik nafas sedalam-dalamnya saat melihat penambahan kasus positif di Indonesia. Penambahan kasus positif covid-19 per hari sudah mencapai 3000-an. Sepertinya pemerintah belum bisa melakukan pengendalian laju virus corona. Atau emang masyarakat yang tidak patuh protokol kesehatan? Entahlah~ 

Justru disini kehidupan sudah berjalan normal, seolah-olah virus corona itu tidak ada. Warga yang patuh protokol kesehatan justru bisa dihitung dengan jari.😱


5 Aktivitas Pengusir Bosan Saat Pandemi

Mengusir rasa bosan itu terkadang tidak semudah mengusir ayam yang masuk rumah. Bahkan bisa lebih rumit kalau sudah ditambah dengan hopeless karena melihat di sekitar banyak yang tidak patuh protokol kesehatan. Aku pernah ada di titik ini, seolah-olah sudah pasrah melawan pandemi dan ingin berteriak WHATEVER!

Nah daripada bosan liat keadaan yang tak kunjung ada titik terangnya, beberapa aktivitas dibawah ini bisa dicoba untuk mengusir rasa bosan.

1. Berkebun

Bunga telang hasil berkebun selama pandemi
Bunga telang di pagar rumah.
Dokpri
Pandemi emang maksa banget untuk melakukan hal-hal yang jarang aku lakukan seperti berkebun. Dalam berkebun, aku tetap menerapkan prinsip hemat. Jadi aku menanam tanaman dari sisa-sisa sayuran, misalnya potongan kangkung yang masih ada akarnya bisa ditanam di wadah berisi air. 

Kalau tanaman lainnya yang ada di rumah tuh pandan, daun suji, sirih gading dan bunga telang.

2. Nonton Live Race MotoGP di TV

Para pemenang motoGP Le Mans
Pemenang MotoGP Le Mans. Dok : MotoGP
Sebenarnya aku sudah lama suka nonton pertandingan motoGP. Pokoknya sejak era legenda Italia, Max Biaggi aku udah nonton.  Tapi beberapa waktu lalu aku absen nonton karena tidak menyimak jadwalnya. Bahkan kedua pembalap favorit menggelar jumpa pers di Jakarta pun aku tidak tahu. 😅 Astaga fans macam apa aku tuh~

Nah tahun ini justru aku tidak pernah melewatkan jadwal pertandingan motoGP karena lebih sering di rumah. Pertandingan motoGP musim ini banyak sekali menghadirkan kejutan. Mulai dari Marc Marquez yang cedera panjang, podium tidak bisa diprediksi sampai battle antar rider yang keren-keren abis. 

Dag dig dug pokoknya kalau udah liat battle, kayak kemarin waktu Alex Marquez bisa sampai podium 2 di Le Mans. Pokoknya udah ribut sendiri kayak orang nonton piala dunia aku tuh. 😂

Tapi mending gini aja daripada ngerumpi sama tetangga. Soalnya nanti corona bisa ikut nimbrung kalau ngerumpi sama tetangga. Sungguh hal yang tak sebanding sama hasil rumpinya. 🤣

3. Mencoba Resep Masakan dari Youtube

Martabak manis hasil mencoba resep dari youtube
martabak manis ketan hitam. Dokpri

Banyaknya waktu luang, keinginan untuk makan makanan enak tapi tetap hemat mendorongku belajar masak dari channel youtube. Dua channel favoritku adalah Devina Hermawan dan Puguh Kristanto Kitchen. 

Momen mengatasi rasa bosan sambil melatih kesabaran dengan cara memasak itu dimulai ketika eksekusi di dapur. 

Kadang pengen nangis juga kalau masakannya gagal 🤣 

4. Baca Buku

Buku Selimut Debu karya Agustinus Wibowo
Buku Selimut Debu. Dokpri

Membaca buku untuk membunuh rasa bosan, ditemani martabak manis dan secangkir teh hangat adalah keadaan yang luar biasa. 

Akhir-akhir ini aku melirik beberapa buku, terutama karya mas Agustinus Wibowo. Tapi melihat isi kantong kadang bikin meringis. Daripada beli bajakan mending nabung dulu untuk beli yang asli.Pucuk dicinta ulam pun tiba. Tuhan memberikan jalan lain. Aku mendapatkan buku Selimut Debu lewat jalur giveaway dari Earbay Channel.

5. Mengikuti Dialog Sejarah Secara Online

Dok : historia

Beberapa waktu yang lalu aku merasa butuh banget siraman sejarah. Untungnya ada channel youtube Historia yang sering melakukan streaming dengan menghadirkan pakar-pakar sejarah yang kompeten. 

Tapi tidak hanya Historia, beberapa pegiat sejarah juga banyak melakukan dialog sejarah secara online melalui zoom atau google meet. Kapan-kapan akan aku tuliskan hasil dari nonton dialog sejarah itu di blog. ✌️

Aktifitas harian kadang terasa monoton dan membosankan. Apalagi terjebak di masa pandemi ya. Tetapi jika ditambah sedikit variasi dengan mencoba aktifitas lain yang sebelumnya jarang kita coba, rasa bosan itu terasa menghilang begitu saja. Pokoknya tiba-tiba sudah waktunya memejamkan mata di atas kasur. 

Kalau teman-teman sudah melakukan apa saja untuk mengusir rasa bosan selama pandemi? Yuk ceritakan di kolom komentar. 💕








Tidak ada komentar