Kolaborasi Pentahelix, Langkah Strategis Untuk Atasi Kusta

Tidak ada komentar

 

Kolaborasi pentahelix merupakan langkah strategis untuk mengatasi kusta
Kolaborasi pentahelix, langkah strategis untuk mengatasi kusta. Dok : Canva

Hari kesehatan sedunia yang bertema " Hapuskan Stigma dan Diskriminasi Kusta" diperingati pada tanggal 7 April 2022, mengajak kita untuk kembali menyadari betapa pentingnya kesehatan.

Penyakit kusta memang tidak eksis di media karena gaungnya kurang terdengar. Padahal Indonesia masih menempati peringkat ke 3 di dunia sebagai penyumbang penderita kusta, dengan jumlah 17.000 kasus per tahun. Seringkali kita bahkan lupa kalau ada penyakit tropis yang bernama Kusta di lingkungan sekitar.

Selain itu, penderita kusta masih sering mengalami stigma negatif dan diskriminasi di tengah masyarakat. Oleh karena itu kita perlu melakukan kolaborasi pentahelix lintas sektor, dengan tujuan memberantas penyakit kusta sampai tuntas.

Kusta, Penyakit Menular yang Paling Tidak Menular

Penjelasan tentang penyakit kusta oleh dokter Flora Spkk
dr. Flora menjelaskan tentang penyakit kusta. 


Dikutip dari laman Alodokter Kusta disebabkan oleh bakteri yang bernama Mycrobacterium leprae. Kusta ini dapat menyerang jaringan kulit, syaraf tepi dan bahkan sampai ke jaringan pernapasan. Kusta ditandai dengan mati rasa pada tungkai dan kaki, selanjutnya akan diikuti dengan munculnya lesi pada kulit. 

Menurut Dr. dr. Flora Ramona Sigit Prakoeswa, Sp.KK, M.Kes, Dipl-STD HIV FINSDV - Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), kusta adalah penyakit menular yang paling tidak menular. 

Artinya apa? Penularan kusta terjadi melalui kontak erat dengan penderita kusta yang belum diobati dalam jangka waktu yang lama. 

"kusta bisa menular apabila kontak erat dengan penderita kusta yang belum diobati. Ya kurang lebih kalau kontak eratnya selama 5 tahun. Kalau penderita kusta sudah berobat, tentu tidak menular", papar dr. Flora dalam pebincangannya. 

Penderita kusta pasti sembuh, syaratnya  harus sudah berobat secara tuntas ke dokter. Ketika penderita kusta mempunyai imunyang bisa merespon dengan baik, penyakit tropis ini bisa sembuh dalam waktu 6 sampai 9 bulan. Namun jika imun sudah merespon tidak baik, penderita kusta akan tetap bisa sembuh. Hanya saja waktunya lebih lama yaitu sekitar  2 tahun. Itupun dengan catatan pengobatan yang dilakukan sudah tepat, teratur dan sampai tuntas. 

Penderita kusta jika sudah minum obat, sudah tidak menjadi sumber penularan. apalagi saat ini obat untuk penderita Kusta bisa didapatkan di Puskesmas seluruh Indonesia dengan gratis. 

Selain itu, menurut dokter Flora saat ini belum ditemukan penelitian mengenai penularan penyakit kusta ke janin yang dikandung ibu hamil. 

Seperti yang sudah dituliskan diatas bahwa media kurang menyoroti tentang kusta, menurut R Wisnu Saputra, S.H., S.I.Kom - Jurnalis/Ketua Bidang Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kab. Bandung, media sudah seharusnya menekankan kepada isu-isu kesehatan terutama fokus kepada penyandang disabilitas kusta. 

Selain itu, kita sebagai masyarakat juga harus lebih hati-hati dengan banyaknya informasi yang beredar. Jangan sampai mendapatkan informasi yang salah tentang kusta, yang akhirnya mengakibatkan diskriminasi terhadap penderita kusta. 

"Masyarakat awam biasanya dapat informasi dari mulut ke mulut. Jadi harus cari info yang valid dulu sebelum sharing", ujar R. Wisnu dalam pemaparannya. 


Cara yang Dapat Kita Lakukan Untuk Mengurangi Stigma dan Diskriminasi Penderita Kusta


Diagnosis Dini dan Pengobatan yang Tepat

Setelah mengenal tentang penyakit kusta, diagnosis dini dan pengobatan yang tepat menjadi salah satu cara yang efektif untuk menanggulangi kusta. Lingkungan terdekat harus mendorong penderita kusta untuk berobat agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Dokter Flora juga menambahkan bahwa penyakit kusta bukan hanya ranah dokter spkk, namun kolaborasi antara dokter umum, ahli kesehatan masyarakat dan perawat. 


Kolaborasi Pentahelix Lintas Sektor

Diskusi publik KBR mengenai kolaborasi pentahelix untuk mengatasi kusta
Diperlukan kolaborasi pentahelix untuk memberantas kusta. 

Kesehatan masyarakat adalah tanggung jawab bersama dan sangat menyeluruh. Kesehatan tidak hanya meliputi kesehatan fisik, namun juga mental, sosial dan spiritual. 

Oleh karena itu diperlukan kolaborasi Pentahelix dari berbagai pihak lintas sektor. Seperti yang sudah dilakukan KBR untuk memberikan informasi yang benar tentang kusta kepada masyarakat melalui siarannya, yang menghadirkan dr. Flora dan R. Wisnu sebagai pembicara. 

Kerjasama pentahelix lintas sektor diharapkan mampu mendorong penderita kusta untuk memeriksakan diri ke tenaga medis sekaligus untuk mengurangi stigma dan diskriminasi yang terjadi di masyarakat. Contoh nyata kerjasama lintas sektor itu adalah upaya bupati Pasuruan yang membentuk program Surya Mas Jelita. Program ini dibentuk untuk mengendalikan dan mengeliminasi penyakit kusta. 

Kerjasama yang melibatkan tokoh masyarakat dan agama juga sangat dibutuhkan untuk memberantas stigma negatif bagi penderita kusta, sekaligus mengendalikan penyebaran kusta di masyarakat. 






3 Rekomendasi Restoran Untuk Pesan Online di Cikarang Selatan

Tidak ada komentar
Sekarang kebanyakan restoran bisa dipesan secara online
Dok : canva

Saat ini rata-rata sebuah restoran pasti tergabung dalam aplikasi layanan pesan online karena memiliki banyak manfaat. Selain untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, restoran juga bisa meningkatkan penjualan. 

Sebagai ibu rumah tangga yang kadang-kadang kena sindrom males masak, restoran yang bisa dipesan secara online ini tentu sangat memudahkan. Apalagi kalau aplikasi layanan pesan antarnya sedang memberikan promo ditambah harga bahan pokok pada naik, ya udah auto gercep aja pesen makanan daripada masak sendiri. 

Nah selama tinggal di Cikarang Selatan, aku udah nyobain makanan dari beberapa restoran dibawah ini. 


3 Rekomendasi Restoran Untuk Pesan Online di Cikarang Selatan 


RM Padang Khairurrizqi

Masakan padang dari rumah makan padang yang letaknya nggak jauh-jauh amat dari rumah ini lumayan rekomended. Rasa bumbu padangnya lebih nendang dari yang lain dan harganya murah. 

Pertama kali membeli masakan padang di rumah makan padang Khairurrizqi ini pun karena resto tujuanku saat itu tutup. Awalnya sih nggak ada ekspektasi apa-apa karena rata-rata disini tuh nasi padang rasanya kurang nendang. Nah waktu nasi padangnya diantar gojek sampai rumah, tercium aroma rempah-rempah yang kuat. 

Nasinya juga masih panas, dibungkus dengan daun pisang, baru pakai kertas nasi. Jadi perpaduan nasi hangat, sambal ijo, gulai nangka, ikan kembung bakar dan wangi daun pisang yang kena nasi panas itu menggugah selera. Wis pokoknya tau-tau udah habis aja. 

Sekarang kalau lagi pengen masakan padang, pasti cek dulu ke RM Padang Khairurrizqi lewat aplikasi layanan pesan antar. 


Dapur Ikonyo

Dapur Ikonyo ini modelnya kayak penyetan. Sampai sekarang pun aku tidak tau apakah resto ini menyediakan layanan dine in atau tidak. Lha wong kalau disuruh kesana, aku tidak tau tempatnya. πŸ˜…

Pertama kali menemukan resto ini karena diskon di salah satu aplikasi layanan pesan antar. Sekali lagi aku tidak punya ekspektasi apa-apa waktu makanannya datang. Tapi saat mencoba ayam gorengnya yang empuk, rempah-rempahnya terasa dan sambalnya mantul, ya udah langsung masuk list resto favorit. 

Kelebihan dapur Ikonyo ini tuh makanannya selalu fresh. Jadi waktu sampai rumah, makanannya selalu masih hangat. Selain itu harganya juga terjangkau banget. Yhaaaa kapan lagi sih nasi, ayam, lalapan dan sambal seharga 15ribu kalau di Cikarang? Kalau di Jogja banyakπŸ˜‚


Bumbu Ndeso

Warung Bumbu Ndeso


Resto yang punya beberapa cabang di Cikarang ini bisa jadi pilihan untuk yang doyan masakan pedes. Aku udah pernah nyobain menu nasi ayam bulgus rujak kangkung. Nasi dan ayamnya porsi kecil, tapi bumbunya meresap ke dalam daging ayam. Untuk sambalnya juga pedes nampol, cocok disantap dengan kangkung. 

Sayang sekali harganya nggak semurah dua resto diatas. Selain itu kita harus ngasih catatan kalau menginginkan sambalnya dipisah. Jangan tanya tempatnya di sebelah mana, karena aku biasanya order lewat aplikasi pesan antar makanan saat promo. πŸ˜‚


Nah itu tadi beberapa rekomendasi restoran untuk pesan online di Cikarang Selatan. Soal rasa masakan itu selera masing-masing ya, jadi kalau yang ini murni versiku sendiri. 

Kalau teman-teman punya rekomendasi resto favorit yg melayani delivery, yuk cerita di kolom komentar. 

4 Kegiatan Menyenangkan Puasa di Rumah Aja

2 komentar

 

Puasa di rumah aja nggak bikin bosen karena ada 5 kegiatan menyenangkan berikut ini
Dok : Pixabay

Tidak terasa bulan ramadan sudah bergulir ke minggu kedua. Berbagai kegiatan menyenangkan selama puasa di rumah aja terkadang membuatku lupa bahwa puasa saat ini sudah memasuki minggu kedua. Padahal sebelumnya tidak pernah terbayangkan bahwa aku akan menghabiskan waktu berpuasa di rumah.

 
Pandemi membuat kita berubah, termasuk saat menjalankan ibadah puasa. Meskipun pemerintah sudah memperbolehkan beribadah di masjid, tapi aku masih belum berani beribadah kesana. Soalnya virus covid terus bermutasi dan masih ada di sekitar kita.

4 Kegiatan Menyenangkan Selama Puasa di Rumah Aja


Nah supaya puasanya tetap menyenangkan walaupun di rumah aja, aku melakukan beberapa hal yang dibawah ini.


Cooking and Baking

Mencoba resep roti, bakery dan memasak adalah kegiatan menyenangkan selama puasa di rumah aja
Happy baking. Dok : Pixabay


Sebagai ibu rumah tangga, kegiatan memasak ini tuh udah jadi rutinitas ya. Tapi di bulan puasa kali ini, aku lebih sering untuk nyobain resep masakan terbaru. Selain untuk menghidangkan masakan yang lebih variatif di rumah, memasak juga bisa mengasah skill di dapur lho.


Skill memasak itu tuh kompleks banget ya. Tidak hanya hasil masakannya aja yang enak. tapi kita juga harus pinter-pinter memanajemen waktu selama di dapur. Biar apa sih? Supaya nggak keburu tua di dapur πŸ˜‚ bercanda bercanda. Tujuannya biar kita bisa lebih efisien dalam memasak di dapur. Kalau ada yang lebih efisien, kenapa harus lama. Iya kan?


Belajar Melalui Kelas Online



Selama berpuasa di rumah aja, aku juga ikutan beberapa kelas online yang menarik. Salah satu kelas online yang baru saja aku ikutin adalah kelas bahasa Rusia dasar yang diselenggarakan oleh Beruang ID.

 
Kebetulan kemarin itu kak Liza, founder Beruang ID baru saja berulang tahun. Jadi beliau membagikan ilmu bahasa Rusianya melalui kelas online gratis.
Sebagai orang yang hanya bermodal keinginan untuk mengenal bahasa Rusia, aku memberanikan diri untuk ikut kelas ini. Saking asyiknya mengikuti materi pelajaran, jadi tidak terasa 2 jam itu kelasnya cepat sekali selesai.


Nonton YouTube

Dianxi Xiaoge, salah satu youtuber yang sering ditunggu videonya. Dok : ilona-andrews.com

Siapa sih yang nggak suka nonton? Sejak termotivasi untuk belajar masak, aku jadi suka nonton YouTube. Pokoknya kalau acara TV udah nggak menarik, pasti pindah ke YouTube.

Bahkan biasanya aku nonton kartun Chibi Maruko Chan di YouTube bersama si kecil. Jadwal tayang kartun yang waktu aku kecil cuma ada di hari Minggu, sekarang bisa aku tonton tanpa terikat waktu.

Selain nonton kartun, aku juga sering nonton daily activities di negara lain. Salah satu youtuber yang sering aku tunggu kemunculan video terbaruya adalah Dianxi Xiaoge, seorang wanita dari Yunan yang sering membagikan kesehariannya bersama anjingnya yang bernama Dawang.


Belanja Online

Kayaknya kegiatan belanja online ini tuh banyak orang termasuk aku. Sejak pandemi melanda, belanja online ini jadi andalan. Karena udah terbiasa belanja online, kegiatan ini tuh terasa menyenangkan seperti belanja langsung ke tokonya.

 
Kadang walaupun cuma masukin barang ke keranjang dan check outnya entah kapan, itu sudah cukup menjadi sebuah kegiatan menyenangkan selama puasa di rumah. Apalagi kalau sedang berburu flash sale dan diskon, rasanya kayak terpacu untuk mendapatkannya. 😁



Nah itu tadi beberapa kegiatan menyenangkan yang sudah aku lakukan selama puasa di rumah aja. Semoga bermanfaat ya.
Kalau teman-teman punya kegiatan menyenangkan apa nih selama berpuasa di rumah? Yuk ceritain di kolom komentar.

5 Menu Buka Puasa Praktis, Jadi Andalan di Rumah

Tidak ada komentar
Menu buka puasa praktis biasanya jadi andalan para ibu selama ramadan.
Dok : Pixabay


Menu buka puasa praktis biasanya menjadi pilihan kita di bulan ramadan. Apalagi sebagai ibu yang kadang merasa bingung harus masak apa untuk berbuka puasa, maka menu buka puasa praktis ini bisa jadi andalan.

 
Biasanya kalau aku bingung mau masak apa untuk berbuka puasa, aku tuh langsung aja meluncur ke channel youtube beberapa chef andalan . Setelah itu, aku tinggal praktekin aja di rumah, dengan catatan selama bahan-bahanya masih ada.

5 Menu Buka Puasa Praktis yang Jadi Andalanku di Rumah


Yuk simak 5 menu buka puasa praktis yang jadi andalanku di rumah. 


Nasi Hainan Singapore


Pada awalnya aku sempat merasa rumit dengan menu nasi hainan. Tetapi setelah beberapa kali praktek, ternyata membuat nasi hainan ini terasa mudah dan praktis.

Kok bisa bilang gitu? Soalnya ayamnya nggak perlu direbus lama. Jadi ayamnya cukup dimasak bersama nasi dan saat nasinya matang, ayamnya juga ikut matang dengan sempurna tanpa alot.

 
Bumbu nasi hainan Singapore ini juga mudah ditemukan kok. Bumbu utamanya adalah kecap asin, saus tiram, merica, jahe, bawang putih dan daun bawang. Untuk resep lengkapnya, silahkan cek di channel youtube chef Devina Hermawan ya.

Saus tiram sebagai salah satu bumbu nasi hainan, menu buka puasa praktis selama bulan puasa
Saus tiram cap Panda, selalu jadi andalan saat masak nasi Hainan. Dokumen pribadi


Nasi Telur Kecap Ayong


Sebelum menemukan resep nasi telur kecap ayong, aku tidak terlalu suka dengan telur kecap. Soalnya telur kecap tuh kadang bumbunya tidak meresap ke dalam telur.

Saat pertama kali memasak Nasi telur ayong, menu buka puasa praktis
Telur kecap ayong jadi menu buka puasa praktis yang bisa diandalkan. Dokumen pribadi

Nah kebetulan sekali beberapa hari yang lalu aku menemukan resep nasi telur kecap ayong dari chef Ade Koerniawan yang praktis banget. Bumbu utamanya hanya daun bawang, kecap asin, kecap manis, merica, minyak wijen dan bawang putih.

 
Perpaduan bumbu utama yang memberikan rasa gurih manis dan wangi. Apalagi waktu disantap dengan nasi hangat, dijamin akan nambah lagi.
Resep lengkap dan cara membuat nasi telur kecap ayong ini ada di channel youtubenya chef Ade Koerniawan ya.

 

Sop Ayam


Sop Ayam ini pasti udah sering jadi andalan para ibu yang ingin menyajikan menu buka puasa praktis di bulan ramadan. Selain praktis, kandungan gizi sop ayam ini juga udah lumayan lengkap. Cara masak sop ayam juga tidak terasa rumit. Asalkan ayamnya sudah empuk, sayurannya bisa dimasukkan ke dalam panci kemudian diberi bumbu.

 
Biasanya aku akan merebus ayam dengan metode 5-30-7. Setelah itu masukkan sayuran mulai dari yang paling keras seperti wortel, kentang dan buncis. Selanjutnya tinggal dimasukkan bumbu berupa bawang putih geprek, garam, gula dan merica. Setelah itu tinggal masukkan irisan kubis dan daun bawang.


Capcay Sayuran


Untuk memasak capcay ini tuh praktis banget, tidak jauh beda dengan sop. Namun sayuran yang dipakai untuk masak capcay lebih variatif. Bahkan pada resep aslinya capcay ini bisa memakai 10 jenis sayuran.

 
Kalau aku biasanya pakai sayuran yang ada di rumah, yang penting warna sayurannya bermacam-macam supaya capcay sayur terlihat lebih menarik.
Selain itu dalam capcay sayur juga bisa ditambahkan sosis, bakso, telur dan ayam. 

Oh iya bumbu utamanya mirip sama sop yaitu bawang putih, merica dan garam. Kalau mau lebih terasa Chinese foodnya, aku sering mengganti garam dengan kecap asin cap angsa.

 

Mie/Bihun/Kwetiaw Goreng


Mie/bihun/kwetiaw goreng ini praktis banget buat menu buka puasa. Biasanya kalau udah mepet waktu berbuka, aku akan mengandalkan menu praktis ini karena bahan dan bumbunya selalu tersedia di rumah.

 
Kalau aku sih biasanya bikin mie/bihun/kwetiaw goreng ini pakai yang ala-ala Chinese food ya. Jadi bumbu andalanku adalah bawang bombay, bawang putih, kecap asin, dan merica. Kalau mau lebih enak lagi bisa ditambahkan sedikit minyak wijen sebelum mie goreng diangkat dari wajan. 

Oh iya, pada saat memasak harus menggunakan api besar agar wangi khas mie/bihun/kwetiaw goreng ini lebih keluar.


Nah itu tadi beberapa menu buka puasa praktis yang udah aku cobain selama di rumah. Selain praktis, menu diatas juga gampang banget untuk dicoba dengan catatan semakin sering mencoba, semakin terasa mudah untuk bikin menu buka puasa.  

Kalau teman-teman punya menu praktis apa nih untuk berbuka puasa hari ini? 

3 Tempat Ngabuburit Asik di Cikarang

6 komentar

Berfoto di tempat Ngabuburit asik di Cikarang versiku.
Dokumen pribadi

3 Tempat ngabuburit asik di Cikarang. Ngabuburit sepertinya udah lekat banget sama bulan puasa. Sebelum masa pandemi, banyak tempat Ngabuburit asik yang bisa dikunjungi. Namun sejak pandemi, aku tuh mau keluar rumah aja mikir berkali-kali. Jadi kegiatan ngabuburit di bulan puasa menjadi kegiatan yang terlupakan. 

Apalagi sekarang aku sudah pindah ke Cikarang. Ya wis makin nggak tau lagi dimana tempat Ngabuburit asik. Lha wong mau keluar rumah aja udah mikir jalanan rusak dan pengendara motor ugal-ugalan pada jam-jam ngabuburit

Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yaitu ngalantung ngadagoan burit, artinya santai menunggu sore.

Sebelum memutuskan ngabuburit, biasanya aku mempertimbangkan setidaknya dua hal ini. 

  • Suasana Tempat Ngabuburit. Aku tuh termasuk orang yang paling malas untuk ke tempat ramai. Hasilnya kalau ngabuburit pasti cari tempat yang tidak terlalu ramai supaya kepala tidak pusing melihat kelakuan orang banyak. 
  • Ketersediaan Mushola dan Toilet yang Layak. Nah ini penting banget karena kalau ngabuburit biasanya aku sekalian bukber dan dilanjutkan sholat maghrib.Ya gimana lha wong waktu sholat maghrib itu pendek banget, kalau harus nunggu sholat di rumah keburu abis waktu maghribnya. 


3 Tempat Ngabuburit Asik di Cikarang

Seandainya aku boleh berangan-angan, sepertinya beberapa tempat dibawah ini bisa dijadikan tempat ngabuburit asik di Cikarang. 

Museum Bekasi

Museum Bekasi sepertinya cocok untuk ngabuburit
Museum Bekasi. Dokpri

Museum Bekasi atau yang sering dikenal dengan nama Gedung Juang Tambun letaknya tidak terlalu jauh dari Cikarang. Selama tinggal di Cikarang, aku baru menemukan museum Bekasi sebagai bangunan peninggalan kolonial yang masih kokoh berdiri di tengah modernisasi. 

Museum Bekasi bisa jadi alternatif tempat ngabuburit seandainya dibuka sore hari
Berfoto di bagian samping Museum Bekasi. Dokpri

Terus kalau misalnya beneran ada ngabuburit di museum Bekasi, apa nggak terasa horor? Menurutku sih nggak horor. Justru ngabuburit di museum Bekasi itu akan terasa menyenangkan. Semenyenangkan waktu aku ngabuburit di depan benteng Vredeburg, waktu aku masih tinggal di Jogja. 

Di museum Bekasi aku bisa memandangi kemegahan bangunan peninggalan masa kolonial yang masih kokoh berdiri diantara bangunan modern. Kemudian dilanjutkan melihat relief perjuangan para pahlawan bangsa yang sering membuatku membayangkan betapa berat perjuangan mereka.  

Salah satu kucing penghuni di museum Bekasi
Bayangin aja ngabuburit sambil ngasih makan kucing gendut dan lucu penunggu Museum Bekasi pasti seru. 

Terus kegiatan terakhir adalah ngasih makan para kucing dan ikan di depan museum, wah rasanya sangat menyenangkan. Tapi ini cuma bayangan aku aja, sampai sekarang aku tidak tau boleh atau enggaknya ngabuburit di depan museum Bekasi.

Pertimbangan lainnya seandainya musem Bekasi boleh dipakai buat ngabuburit adalah tersedianya mushola dan kamar mandi yang layak dan bersih. Musholanya tidak terlalu luas, namun bersih dan sangat layak untuk sholat. 

Seandainya halaman depan museum Bekasi dibuka untuk ngabuburit, para pengunjung harus bertanggungjawab dengan sampah masing-masing. Tapi kayaknya ini bakal susah banget deh πŸ˜…


Citywalk Lippo Cikarang

Sudut Citywalk Lippo yang ramah pejalan kaki, cocok untuk ngabuburit
Salah satu sudut Citywalk yang cocok untuk ngabuburit. Dokpri


Citywalk Lippo Cikarang letaknya tidak jauh dari Mall Lippo Cikarang. Namun Citywalk memiliki konsep outdooring mall, yang lebih ramah dengan konsep rekreasi keluarga. Mulai dari tempat makan, supermarket sampai tempat belanja tersedia di Citywalk. 

Selain itu kamar mandi dan mushola yang sesuai standar juga tersedia disini. Jadi kalau ngabuburit di Citywalk, lanjut buka puasa tuh nanti waktu magrib tidak perlu pusing mikirin mau sholat dimana. Tapi persiapkan isi dompet yang agak tebel ya untuk berbuka puasa disini karena harga makanannya standar Mall, bukan standar kaki lima. 😁


Living Plaza Jababeka

Pertama kali ke Living Plaza Jababeka tuh aku udah seneng sama konsep mallnya. Living Plaza yang terletak di jalan niaga raya Cikarang  utara ini menghadirkan konsep one stop shoping for home furnishing and lifestyle yang mengutamakan pelayanan  dan kemudahan bagi pengunjung. 

Living Plaza Jababeka punya public space yang cocok untuk ngabuburit
Living Plaza Jababeka punya public space yang cocok untuk ngabuburit. Dokpri


Living plaza cocok untuk ngabuburit karena menyediakan banyak tempat makan dan public space yang dapat digunakan untuk menonton live music. Jadi misalnya pas ngabuburit tuh isi dompetnya lagi mepet, ya kita masih bisa duduk-duduk disini. Apalagi ada Farmers market yang menyediakan camilan dan minuman dengan harga terjangkau. Tenang aja mode hemat saat ngabuburit pun bisa dilakukan. 

Oh iya untuk mushola dan toilet di Living plaza juga sesuai standar mall. Jadi aman buat yang mau ngabuburit dilanjutkan buka puasa dan sholat maghrib. 

Nah itu tadi beberapa tempat ngabuburit asik di Cikarang versiku yang mungkin bisa dijadikan referensi. Selera tempat ngabuburit setiap orang pasti berbeda-beda, jadi mungkin yang menurutku asik belum tentu menurut orang lain asik juga.

Oh iya aku tidak merekomendasikan Meikarta Central Park sebagai tempat ngabuburit karena sampai sekarang aku masih takut misuh-misuh saat menemukan kelakuan ajaib para pengunjungnya seperti yang sudah pernah aku ceritakan di instagram. πŸ˜…

Semoga ceritaku kali ini bermanfaat ya. Kalau teman-teman punya tempat ngabuburit asik, ditunggu ceritanya di kolom komentar. Salam dari planet Cikarang ☺

3 Tips Menjalankan Puasa Saat Pandemi

Tidak ada komentar
Menjalankan puasa saat pandemi itu banyak tantangannya
Dok : pixabay


Tidak terasa sudah tahun ketiga menjalankan ibadah puasa saat pandemi. Puasa ramadan yang sudah dilaksanakan sejak 3 April 2022  ini terasa berbeda meskipun pandemi belum berakhir. Suasana mencekam karena serangan virus Covid-19 sudah tidak separah di tahun pertama meskipun virus terus bermutasi.

 
Gambaran suasana mencekam saat pandemi di tahun pertama masih teringat dalam benakku. Saat itu aku masih tinggal di Jogja berdua dengan si kecil. Suasana di sekitar rumah sangat sepi setelah seorang warga yang dinyatakan positif COVID-19. Hanya terlihat petugas yang hilir mudik, menyemprotkan cairan desinfektan ke rumah warga tersebut.

Puasa saat pandemi ternyata masih berlanjut di tahun kedua. Serangan virus sangat masif namun suasana sudah tidak lagi mencekam seperti di tahun pertama. Mungkin warga sudah capek dengan keadaan yang tidak menentu.

Nah pada tahun ketiga pandemi, sepertinya kita sudah siap untuk hidup berdampingan dengan virus. Vaksinasi sudah mulai merata, bahkan booster vaksin pun sudah tersedia. Puasa saat pandemi di tahun ketiga ini sama sekali tidak mencekam seperti di tahun pertama pandemi.

3  Tips  Menjalankan Puasa Saat Pandemi


Agar puasa saat pandemi tetap lancar, yuk simak beberapa tips berikut ini.

Menerapkan Pola Makan Gizi Seimbang


Pola makan dengan gizi seimbang bertujuan untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh kita. Menurut Kementrian Kesehatan, ada sepuluh pedoman gizi seimbang yang harus dipahami. Salah satunya adalah perbanyak makan buah dan sayur.

Sejak melaksanakan puasa saat pandemi di tahun pertama, aku sudah mencoba menerapkan pola gizi seimbang di rumah. Waktu itu aku sangat takut jadi tidak bisa berbelanja buah dan sayur ke pasar. Untung saja tukang sayur masih menyediakan layanan antar ke rumah.

Di tahun ketiga, saat aku sudah pindah ke Cikarang, menjalankan puasa saat pandemi terasa lebih mudah. Selain karena suasana sudah tidak mencekam seperti di tahun pertama pandemi, berbelanja sayur dan buah juga terasa lebih mudah di Cikarang. Hal ini karena banyak pilihan aplikasi pertanian yang menjangkau area Cikarang.Sehat


Menerapkan Pola Hidup Sehat

Menurut artikel yang ditulis oleh Kompas ternyata puasa membawa dampak baik untuk tubuh kita. Tapi dengan catatan bahwa selama berpuasa kita sudah menerapkan pola hidup sehat.

Mengatur pola makan gizi seimbang sebenarnya merupakan salah satu bagian dari pola hidup sehat. Selain itu, melakukan aktivitas fisik saat berpuasa juga jadi bagian dari pola hidup sehat.

Namun karena masih masa pandemi, aktifitas fisik selama puasa biasanya aku lakukan di sekitar rumah saja. Soalnya aku adalah penyitas covid yang takut reinfeksi.

Selain itu aku juga mager banget sih untuk keluar rumah kalau nggak ada kepentingan. Jadi aktifitas fisiknya di rumah ajaπŸ˜…


Jangan Lupa Protokol Kesehatan

Nah ini yang penting banget dan tidak boleh diabaikan selama pandemi yaitu protokol kesehatan. Iklan layanan masyarakat tentang protokol kesehatan tuh udah tersebar di mana-mana. Tapi yang ngeyel nggak mau prokes ya banyak.πŸ˜…

Menurutku penting banget untuk prokes selama berpuasa di tengah pandemi. Karena terkena virus covid ini tuh rasanya luar biasa loh. Aku udah pernah cerita rasanya kena si covid tahun lalu. 

Virus pintar yang luar biasa, sampai tidak kaget kalau virus ini terus bermutasi. Mulai dari varian Delta, omicron, deltacron bahkan mungkin besok jadi Unicron atau Megatron juga kita tidak tahu. 🀣 (efek kebanyakan nonton Transformers ini mah).

Belanja keluar rumah tetap harus menerapkan protokol kesehatan
Belanja ke supermarket tetap pakai masker.
Dokpri


Nah supaya ibadah puasanya tetep lancar di tengah pandemi, prokes wajib banget dilaksanakan. Meskipun udah vaksin, ya tetep aja wajib prokes karena prokes tuh buat diri kita sendiri. Sampai sekarang kalau keluar dari pagar rumah tuh aku tetap pakai masker dan saat mau masuk rumah harus cuci tangan dengan sabun. 

Dibilang lebay juga biarin, karena aku nggak mau kena covid lagi.


Puasa saat pandemi itu banyak tantangannya. Dari tahun pertama pandemi sampai tahun ketiga, tantangannya berbeda-beda.Tapi puasa bermanfaat untuk kesehatan asal dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat.

 
Semoga tips yang aku tuliskan diatas bermanfaat dan untuk teman-teman yang menjalankan ibadah puasa semoga puasanya lancar  Terima kasih sudah membaca dan komentarnya aku tunggu dibawah ini ya.

4 Tips Puasa Hari Pertama Tetap Bugar

Tidak ada komentar
Puasa hari pertama tetap bugar, bisa beraktifitas seperti biasanya.
Puasa hari pertama tetap bisa beraktifitas seperti biasanya.
Dok : pixabay


Puasa di bulan suci ramadan merupakan kewajiban bagi setiap umat islam. Biasanya puasa hari pertama ini sangat dinantikan. 

Tetapi jika tidak mempersiapkan diri dengan baik, puasa hari pertama akan terasa berat. Tubuh terasa lemas, lelah dan lesu. Hal ini terjadi dikarenakan tubuh masih melakukan proses adaptasi dengan pola makan yang baru saat berpuasa. 

Nah supaya tubuh tetap bugar saat berpuasa, apalagi di hari pertama, yuk simak beberapa tips dibawah ini. 

4 Tips Agar Puasa Hari Pertama Tetap Bugar

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Sebelum memasuki bulan suci ramadan, biasanya aku akan menghitung berapa hutang puasa dari tahun lalu. Nah kemarin hutang puasa ini segera aku laksanakan. Ya itung-itung pemanasan sebelum melaksanakan puasa wajib di bulan suci ramadan. 

Kebetulan sekali waktu itu aku berpuasa sendirian. Jadi tidak perlu repot untuk menyiapkan makan sahur di hari pertama puasa. 

Terus menu sahurnya apa? Cukup dengan menu simpel dan praktis aja. Contohnya seperti satu butir telur rebus, bayam rebus dan satu buah pisang. 

Buah dan sayuran dikonsumsi saat puasa hari pertama
Groceries. Dok : pixabay


Selain hemat waktu saat sahur, ternyata setelah makan sahur dengan buah dan sayur aku merasa tidak ngantuk sama sekali. Badan juga terasa lebih segar, bugar dan ringan untuk melakukan aktifitas seperti biasanya. 

Nah untuk menu buka puasa, aku tetap mengkonsumsi sayur dan buah agar kebutuhan serat dalam tubuh terpenuhi. 

Karena udah start puasa duluan dan banyak konsumsi sayur- buah, waktu puasa wajib di hari pertama tubuh tetap bugar dan segar. 

Jangan Lupa Olahraga

Menjalankan ibadah puasa bukan jadi alasan untuk melupakan olahraga. Selama berpuasa kita bisa melakukan olahraga ringan seperti yoga. Aku biasanya melakukan yoga stretching 15 menit di pagi hari setelah sahur. 

Yoga sebagai olahraga alternatif saat menjalankan puasa
Yoga. Dok : pixabay


Nah kalau mau olahraga yang agak berat seperti aerobik, aku pilih di sore hari menjelang buka puasa. Jadi habis aerobik tuh aku bisa minum air putih. 

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup ini penting banget di hari pertama puasa. Jika merasa jam tidur malamnya berkurang karena harus bangun sahur, aku selalu menyempatkan diri untuk tidur siang. 

Perhatikan Konsumsi Air Putih

Kekurangan cairan saat berpuasa akan menyebabkan dehidrasi sehingga tubuh terasa lemas atau jadi merasa nggak kuat untuk melanjutkan puasa. Jadi saat berpuasa kebutuhan cairan dalam tubuh kita harus terpenuhi. 

Konsumsi air putih sangat penting saat berpuasa
Konsumsi air putih. Dok : Pixabay


Selama berpuasa, aku tetap konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Hanya pola minum air ini berubah dari biasanya. biasanya aku menggunakan pola 2-4-2 yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas sebelum tidur dan 2 gelas saat sahur. 

Kalau merasa kesulitan, pola 2-4-2 bisa diubah menjadi 3-2-3 seperti yang tertulis dalam artikel Halodoc. Para ahli kesehatan juga sudah banyak yang menuliskan tips mengkonsumsi air putih saat berpuasa. 


Hari pertama puasa dengan tubuh tetap bugar itu pasti bisa kok. Puasa hari pertama tidak akan terasa berat jika tubuh kita sudah siap dengan perubahan. Yuk semangat puasanya untuk teman-teman yang sedang menjalankan ibadah puasa. Semoga ibadah puasanya lancar sampai akhir bulan ramadhan.Kalau punya tips-tips seputar puasa, aku tunggu ceritanya di kolom komentar ya. ❤


4 Tips Belanja Hemat di Cikarang

22 komentar
Tips belanja hemat di Cikarang
Tips belanja hemat salah satunya adalah cek harga sebelum membeli. 


4 Tips Belanja Hemat di Cikarang. Menjelang bulan Ramadhan biasanya harga kebutuhan pokok akan naik. Jadi ibu rumah tangga seperti aku harus bisa belanja hemat supaya pengeluaran rumah tangga tidak berantakan. Apalagi kalau tinggal di kawasan industri seperti Cikarang, harga bahan pokok naik sedikit saja bisa bikin efek domino, pengaruhnya jadi kemana-mana. 

Cikarang sebagai kawasan industri punya banyak keunikan. Selain jalan berlubang yang bisa buat kolam lele dan debu beterbangan seperti di planet Mars, keunikan lain yang bisa ditemukan di Cikarang adalah beberapa barang lebih mudah dan lebih murah didapatkan secara online daripada datang langsung ke tokonya. 

Hah kok bisa sih? Nggak tau, aku juga bingung kok sampai sekarang. 

Jika aku minta saran beli sebuah barang dimana, pasti beberapa teman yang sudah lama tinggal di Cikarang selalu bilang gini, " Coba cek harga dulu di Facebook atau beli online aja daripada ke tokonya. Soalnya disini lebih murah belanja online".  

4 Tips Belanja Hemat di Cikarang

Cek Harga Sebelum Membeli

Dulu waktu awal tinggal di Cikarang, aku sering belanja sayuran di warung langganan Kanjeng Papi. Setelah melihat cash flow keuangan bulanan, ternyata terasa lebih boros karena aku suka belanja tanpa tanya harga. Pokoknya pas udah dihitung secara manual tuh ya langsung bayar. Padahal itulah titik rawannya karena human error tinggi dan bisa salah hitung. 

Jadi sekarang kalau aku belanja sayuran harus tanya dulu harganya supaya nggak kaget waktu bayar.  Oh iya kalau belanja sayuran juga ternyata lebih murah secara kiloan loh. Kalo ecer tuh kerasa banget mahalnya. 

Bandingkan Harga Sebelum Membeli Barang

Sepertinya saran untuk membandingkan harga ini udah ada sejak jaman nenek moyang kita ya. πŸ˜‚ Soalnya dari kecil aku juga udah selalu dengerin saran ini dari ibu. Pokoknya sebelum belanja itu selalu bandingin harga dulu. Kadang selisih 500 rupiah pun bisa jadi sebuah pertimbangan buat beli barang tertentu. 

Membandingkan harga tuh sering banget aku lakukan sebelum belanja bulanan dan mingguan. Tujuannya pasti supaya kita bisa lebih hemat dong. Apalagi kalau ada diskon, wah pasti langsung pada gercep. 

Biasanya aku akan mencatat dulu barang yang akan dibeli, kemudian cek dan bandingkan harganya dulu melalui aplikasi belanja. Waktu Tani Hub masih melayani customer, aku biasanya menjadikan Tani Hub sebagai patokan HET (harga eceran tertinggi) bahan pokok. Jadi nanti tinggal dipilih aja mau belanja dimana yang harganya termurah. 

Tapi sekarang karena Tani Hub sudah tidak melayani pembelian bahan pokok untuk rumah tangga, jadi aku sering cek harga bahan pokok melalui grup jual beli di Facebook. 

Belanja secara DO (Drop Out) 

Nah karena aku tuh orangnya males tanya-tanya harga, jadi mendingan aku cari penjual di forum jual beli Facebook. Mulai dari penjual sayuran, buah, sampai lauk pun ada di grup jual beli. 

Belanja secara drop out terasa lebih hemat
Hasil belanja cabe rawit dari penjual di Forum jual beli. Harganya lebih murah dibandingkan dengan belanja eceran di warung sayuran. 


Hasil dari masuk grup jual beli tuh sekarang aku sering belanja tanpa harus keluar rumah. Jadi di Cikarang tuh modelnya para penjual yang akan mengantar belanjaan kita ke rumah. Istilah ini lebih dikenal dengan DO (Drop Out). Ya mirip-mirip lah sama COD (cash on delivery) . 

Bahkan beberapa penjual ini kebanyakan tidak memungut biaya antar, jadi terasa lebih hemat di sisi pembeli. 

Nah kekurangan belanja secara DO ini tuh metode pembayarannya terbatas. Para penjual kebanyakan hanya menerima pembayaran secara tunai saja. Jadi harus menyiapkan uang tunai saat memutuskan untuk belanja secara DO. 

Belanja Secara Online

Pilihan belanja hemat terakhir di Cikarang adalah belanja secara online. Beberapa barang yang receh-receh, bahan pokok, peralatan rumah tangga, sampai sparepart motor lebih mudah didapatkan secara online. 

Belanja online terasa lebih mudah dan murah
barang-barang receh seperti alat cukur lebih murah dibeli secara online. Dokpri


Pengalaman belanja shock breaker secara online ini tuh aku alami beberapa waktu yang lalu, saat shock breaker motor Kanjeng Papi minta diganti. Karena tidak punya rekomendasi tempat pembelian shock breaker dan tidak ada bengkel langganan, akhirnya beli shock breaker secara online aja di toko Astra  Otoparts. Dua hari kemudian shock breaker yang lumayan berat itu datang dengan selamat tanpa lecet sedikitpun. 

Beli shock breaker motor di marketplace ijo. 


Pengalaman lainnya waktu mau beli blender secara langsung ke gudang sebuah toko elektronik yang sudah jadi langganan kami di marketplace ijo. Waktu sampai disana ternyata gudang tidak melayani pembelian karena waktu itu bukan hari kerja. Tapi waktu dicoba order dari marketplace ijo, tetap dilayani dan blender sampai hari itu juga, plus bonus cashback yang lumayan. πŸ˜‚ Wah ini yang bikin aku nggak bisa move on dari belanja online. 


Belanja sayur dan buah secara online terasa lebih hemat
Belanja sayur dan buah secara online karena banyak promo.


Untuk belanja bahan pokok, sayuran dan buah pun aku pasti akan cek harga dulu secara online. Seperti kemarin, aku tuh dapat promo telur, bawang bombay, lemon dan jeruk di marketplace pertanian. Harga promo yang diberikan ini jauh lebih murah daripada belanja sendiri ke warung sayur. Jadi untuk belanja mingguan kali ini, aku pilih full secara online. 


Sebagai perantau yang belum lama tinggal di Cikarang, beberapa tips diatas sudah aku lakukan dan it work's very well buat keluarga kecilku. Semoga tips diatas memberikan sedikit manfaat untuk yang ingin belanja hemat di Cikarang ya.

Kalau teman-teman punya pengalaman yang sama mengenai tips belanja hemat, boleh banget menuliskannya di kolom komentar ya.Terima kasih sudah menyempatkan diri untuk membaca ceritaku. πŸ₯°